50

Pasti kamu merasa seneng banget kalau kamu baru menjalin suatu hubungan dengan seseorang. Selain itu juga merupakan suatu kebanggaan jika kamu bisa menaklukkan hatinya hingga mendapatkan pujaan hati kamu, apalagi kalau kamu sudah berjuang mati-matian untuk menaklukkan hatinya. Tapi, satu hal yang perlu kamu ketahui, “Apakah dia benar-benar suka sama kamu?!”, atau “Apakah dia benar-benar mencintai kamu dengan tulus?!”. Semua itu akan lebih baik kalau kamu segera mengetahuinya sebelum kamu memberikan seluruh perasaan kamu sebelum kamu akhirnya mengetahui bahwa ternyata dia tidak mencintai kamu dengan tulus.

Ini kelihatannya memang sepele. Tapi bisa kamu buktikan dengan bertanya pada teman-teman kamu, mungkin ada beberapa (atau bahkan banyak) yang pernah mengalami hal seperti ini. Tapi bagi yang ingin menjalani suatu hubungan yang serius, alangkah baiknya jika kamu melakukan sejumlah test. So, kalau kamu mau nge-test apakah dia benar-benar mencintai kamu atau tidak? silahkan di lanjut.

>> Perhatikan cara dia menatap kamu

Tahukah kamu, bahwa mata bisa menggambarkan keadaan hati seseorang. Selain itu, sebagian orang ada yang bisa mengetahui apakah seseorang itu bohong atau tidak hanya melihat dari gerak mata seseorang. Kalau kamu ingin tahu apakah dia benar-benar suka sama kamu, maka dengan feeling kamu bisa mengerti dan mengetahui jawaban dari pertanyaan kamu itu.

>> Perhatikan tingkah lakunya

Tingkah laku, atau saya menyebutnya dengan gelagat. Maksudnya, kalau si dia benar-benar tulus menyayangi kamu, dengan senang hati si dia akan mendengarkan setiap saran/nasihat dari kamu. Bahkan, apapun mau dilakukannya hanya demi dan untuk kamu meskipun sebenarnya itu adalah hal yang tidak di sukainya. Tapi kalau gelagat-nya terlihat plin plan, suka tidak tepat janji, atau suka menyepelekan hubungan kamu. Sambil menjalani hubungan tersebut, tapi kamu harus hati-hati dan juga memerlukan sedikit waktu untuk menjawab keraguan kamu hingga kamu merasa yakin bahwa dia memang benar-benar mencintai kamu.

>> Perhatikan apakah dia merasa nyaman jika berada di sisi kamu

Siapapun menginginkan rasa nyaman. Baik itu cewek atau cowok, pasti selalu ingin mendapatkan perasaan nyaman. Nah, disini kamu bisa melihat apakah dia merasa nyaman, senang, atau bahagia ketika bersama kamu.

>> Selalu ada ketika kamu lagi susah

Disinilah kamu bisa menilai dan mengetahui tentang pengorbanan. Bukan hanya dengan si dia, bahkan dalam kondisi seperti ini kamu bisa menilai apakah seorang teman kamu layak untuk dikatakan sahabat sejati atau tidak. Jadi disini, kalau dia benar-benar tulus menyayangi dan mencintai kamu, maka dia akan selalu ada ketika kamu sedang senang ataupun susah.

>> Kamu adalah kebanggaannya

Maksud disini, apakah dia merasa bangga memperkenalkan kamu dengan teman-temannya? Memang ini tidak bisa menjadi tolak ukur yang ampuh. Tapi setidaknya, tapi setidaknya disini kamu bisa menilai apakah si dia merasa senang/bangga memperkenalkan kamu dengan teman dekatnya, dengan komunitasnya, atau juga dengan keluarganya. Karena logikanya, jika dia senang dan bangga melakukan itu, sebenarnya dia sedang berusaha untuk memberitahukan pada semua orang bahwa kamu adalah miliknya.

Kaya’nya cuma itu. Semoga kamu bisa menilai dan mengetahui jawaban “Apakah dia benar-benar mencintai kamu dalam hubungan kamu saat ini. By the way, kalau ada yang mau menambahkan, silahkan :-)

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Delicious
  • LinkedIn
  • StumbleUpon
  • Add to favorites
  • Email
  • RSS

50 Comments

  1. Fie says:

    bung andi ,
    ada ym ?
    mau tanya” lebih ni …
    hehehe ..
    add saya ya
    trims

  2. andy says:

    @Fie: Kan id saya ada di page ‘about’ :-)

  3. dhewy says:

    w benci ma co w,dya mau nemuin w klu da perlunya ja dlu dia blang cintalah,syang,ga kan ninggalin w pokoknya gombal nz stlah 1 taon lbh pcran dya mlai brubh ga da prhatinya lgi bhkn dya prnh slh krim sms ma w pdhl qta ga tlpn2n…dya sms ktnya maf yg plsnya abs…
    dya tlpnan ma spa mpe mangil syang2n sgla haaaaaa…..
    w bnci bgt skrng ma dya pdhal w uds syang cinta ma dya pi dya blsnya kya gni
    hancur hti qw,,,
    emng dsar smua co ga pnya prsaansneng nya ja ma kita giliran uds dpt yg bru di lepehih
    anjrit bgt co kya gtu
    pengen w kerjain yar skit hti w ni terblas gmn ya???
    sumpah orang yg w syang2 tryta .. ga nyangka kya gtu
    dasar w sumpain lu ga laku….
    dsar play boyyyy

  4. andy says:

    @Dhewy: Smakin u benci, maka akan semakin susah bwt ngelupainnya. Gimana kata orang2 tua jaman dulu, “Rasa Benci yang berlebihan, bisa menyebabkan cinta. Istilahnya, Benci=Bener2 cinta”.
    Kalau mau curahin perasaan loe, silahkan.. Siapa tau aja sesudah loe curahin disini, beban loe agak berkurang ;-)

  5. sella says:

    gue stuju bgt cm dhewy,
    co 2 mank bulzyitz………
    guue bnci bgt cma mntn gue, mca dy cmzn pke cnta”n n’ cyanx”n d’dpan gue……..
    anjriiiiiiiiiiit_
    gila gag 2 co………
    cuz gue gag than cma dy,
    yc wdh gue ptuzin jha_
    hey ladiez….
    co gag cuma ntu d’dunia nii!
    n’ lbih gilana ge tpat paz gue ptuzin dy,
    dy malh ju”r cma gue, klu cbelum cma gue dy dh da ce.
    WHAT !!!
    jd slam ne gue djadiin yg k2…
    oh god …
    azli gue smpahin 2 co LAKU !

  6. nova lia says:

    hai,,,
    nova br masuk diforum ini,,,

    nova,,
    maw nanya…
    klu dia dah berkorban buat kita…
    tp hubungan km berdua dilarang orang tua,,
    harus gmn???

    hubungan km lanjut ato,,,,

  7. andy says:

    @Nova lia: Backstreet emang bikin bingung. Tapi kalo menurut saya pribadi, dalam menjalani suatu hubungan seharusnya kita sendiri yang harus menentukan siapakah pilihan kita (Apalagi jika suatu hubungan tersebut rencananya akan melangkah ke jenjang selanjutnya..). Karena bagaimanapun itu, yang menjalani hubungan itu kan kita, dan hubungan tersebut juga akan menentukan kehidupan selanjutnya.
    Tapi di lain sisi, orang tua hanya bisa memberikan pengarahan agar kita mendapatkan yang terbaik. Jika seandainya tidak direstui orang tua, kalau kita emang terus berusaha untuk meyakinkan mereka bahwa pilihan kita itu adalah baik, saya yakin maka dengan perlahan orang tua juga akan setuju.
    Semoga membantu :-)

  8. rahmat haryadi says:

    bg aq bngung ne cw aq g mw klo hub aq m dy amp tmnx tw,,alsnx g mw ntr dtnya2 m tmnx,mls ktx,,
    mrn dy tw klo aq ngsh tw tmnx yg nymblngn aq m dy n dy mrh m aq,,mrt bg gmn?? trs ap yg sebaiknx aq lkukn??
    T Q

  9. andy says:

    @Rahmat Haryadi : Menurut aku sih kalo awalnya biasa2 aja, tapi akan lebih baik lagi kalau kamu sendiri yang menanyakan kenapa dia gak mau tmn2 pada tahu? Coba deh cari tahu :-)

  10. amelia says:

    [-X low menurut cowok ntu punya karakternya masing-masing jadi low kita pengen tao cowok ntu bener2 cinta ga ma kita harus kenalidulu karakternya n bis ntu kita coba ngerubah sikap dia yang kurang bagus bagi kita terus low dia mau berubah buat kita baru bisa di bilangdia bener2 tulus ma kita..................

  11. ice'Na says:

    tks dach bagi” ilmu na,(‘_-)

  12. sadli says:

    wah….
    kata” nya pas bnget di saya ni……
    saya ingin coba…..
    sperti apa yg anda bilng di blog ini…..
    coba mas….
    tmbhin yg lebih bnyak saran” nya….
    ok…….

    from : sadli…..
    di denpasar,bali…..

  13. debrian says:

    ya, memang sesuatu harus diuji.. tinggal menyiapkan hati kita untuk sesuatu yang mungkin menyakitkan..

  14. Rrara says:

    mau tanya nih ..

    saya sering sekali berpandangan dengan dia ..
    tetapi dia biasa aja ..
    sayapun juga biasa aja gak pernah melakukan salah tingkah ..
    kalau saya,karena saya tidak ingin teman-teman tau dan dia tahu dengan perasaan saya ..
    lha kalau si dia gimana ?

    @Rrara : Susah juga diprediksinya kalau masih begini sih. Soalnya kalo cow kadang2 ada yang biasa, dan juga ada yg salah tingkah kalo ketemu sama seseorang yang disukainya. Mending kamu tunggu aja beberapa waktu gimana responnya.
    Semoga membantu :-)

  15. dwi says:

    saya mau tanya,

    saya ndak tau kita pacaran udh 1 thn and niat untuk menikah & dia sudah bilang ama ortu saya, tp belakangan ini kalau saya salah dikit dia marah, saya ndak boleh kerja,ndak boleh jalan ama orang lain selain sama dia.saat ini dia lg marah sm saya gara2 saya kerja tlp ndak diangkat2,saya datangin kekostnya ndak dibukain pintu, gmn sich sebenarnya cowo saya itu??
    terima kasih atas bantuannya …

  16. caya waswa says:

    saya mau bertanya ..
    saya punya mantan kekasih …
    dia sms saya “loveyouforever”
    saya tidak tau apa maksutya??
    apa dia benar2 mwncintai saya?
    saya ingin hubungan saya ma dia , tdak spti dulu
    apakah dengan sms itu , dia masih sayang dgn saya ?
    tlong jwb …thanks

    @Caya : Mungkin, bisa jadi aja dia masih sayang sama kamu :-)

  17. niko saputra halim says:

    bung andi bisa minta tolong buat curhat yg lebih tertutup…????

    Silahkan send mail aja via contact :-)

  18. uccy says:

    makasih kk atas tips nya

  19. hana says:

    Ka Andi,, aq mau nanya nih mengenai sikap cowo.
    Aku punya cowo, tapi sikapnya kadang dingin, kadang hangat.
    maksudnya disini kadang perhatian dan pengertian dia ucapkan seperti “hati-hati”, tapi kadang cuek ama keadaan aku.
    Dia memperlihatkan ke aku kalau dia sayang sama aku, tapi katanya bukan dengan kata-kata, katanya cinta bukan hanya diucapkan tp juga dengan sikap.
    Menurut anda bagaimana sih tipe cowo aku?
    Apakah menurut Ka Andi dia bener menyayangi aku atau hanya main-main???

    @ Hana : Kalo menurut saya sih, cuek bk berarti gk sayang. Krn bnyk juga cow/cew yg bersikap kaya’ gitu. Secara langsung sikapnya terkesan cuek, tapi sebenarnya dia selalu memperhatikan, pengertian, bahkan biasanya sih justru extra penyayang. Emang susah rasanya utk menebak pasangan yg punya sikap dingin, tapi yg terpenting adalah, “Kalau kalian sama2 menyayangi, cobalah untuk menerima kekurangan & kelebihan satu sama lain”. So, bener banget tuh, “Meskipun kita butuh kata2 romantis dari pasangan, tapi terkadang cinta memang gak selalu dibuktikan dengan kata2, tapi dengan sikap”.
    Semoga membantu yah hana :-)

  20. evi silvana says:

    bagaimana bila saya hadir pada waktu dia belum bisa melupakan mantan kekasihnya apakah dia bisa mencintai saya seprti dia mencintai manatan kekasihnya? tolong beri saya jawabannya. trimah kasih.

  21. Rahayu Peni says:

    Kak Andy,
    sebenarnya cowok yg aku sukai sekarang namanya kayak kakak… ^^

    Aku belum pernah pacaran sebelumnya, makanya sekarang aku bimbang sama diriku sendiri.
    Aku pingin tahu… dia itu suka apa gak sih sama aku?

    Seperti yg kak Andy bilang, lihat tatapannya… memang tatapannya beda kalo lagi natap aku. Dia pun lebih caper dan selalu ada dimana – mana.
    Kalo aku ke kantin, ketemu.. (3 tahun sekelas pula)

    Kalo tentang sms atau telp. dia pernah bilang gini, “Mau ke TP? (Tunjungan Plaza-Mall)”
    Aku jawab, “ngapain? Aku di Pare sekarang”
    “Ya jalan – jalan, sama keluargaku”

    Nah! Ini dia.. ><
    apa artinya itu? Dia suka atau bagaimana?

    Kenapa cuma ke aku dia kayak gitu? Kebetulan kita udh kelas 3 dan dia mau meneruskan belajar ke luar kota…

    Apa yang harus aku lakukan kak?
    Mohon bantuannya… :)

    @Peni : Kaya’nya menurut aku sih ada sinyal tuh :mrgreen: Soalnya kalo emang benar dia begitu cuma ke kamu aja, sedikit banyaknya dia pengen ortu dia tahu sama kamu. tp, jangan keburu GR / cpt nganggap dia suka sama kamu yah. Coz kalau hasilnya ternyata dia cuma nganggap kmu teman aja, so pasti kamu bakalan kecewa berat & trauma pacaran, apalagi kamu kan katanya belum pernah pacaran.
    Mending sabar aja dan liat perkembangannya.
    Semoga membantu yah :-)

  22. rifki says:

    bung ane mau nanya dan minta saranya?
    ceritanya gini bung andi, langsung saja ya bung, kemarin saya tuh di tembak cewek tapi sampai sekarang gue belum ngasih kejelasan yang pasti,soalnya pas waktu dia nembak gue, banyak temen2 yang ikut terlibat,selain aku orangnya pemalu di tambah kalau gue bicara tentang cinta di depan temen2 gue paling ga bisa, nah pengenya sich gue tuh mau ngasih kejelasan dan yang saya pengen ada waktu berdua aj untuk ngobrol, tapi masalahnya sampai saat ini itu belum bisa tercapai, takutnya di salah persepsi dan gue takut dia keburu nilai aku yang jelek2, terus masalahnya juga dia susah tuk sms atau telepon, nah di sana gue juga bingung apa bener dia tuh suka sama gue? terus apa yang harus gue lakukan sekarang?

  23. Ade ayu says:

    kak, aku pernah pacaran sma tmn dket aku, awalnya aku kira dia serius, soalnya dia perhatian bngt sama aku, klo aku lgi sedih, dia pasti hibur aku,,
    tpi aku kecewa sma dia,,
    adek klas aku ngasi tau kalo dia juga pacaran sma tmen adk klas aku,,
    aku sedih bngt, padahal aku sudah sayang bngt sma dia.. akhirnya kita ptus..
    tapi sampe sekarang rasa syg aku ke dia itu masih ada ,, aku pngen lupain dia.. tpi enggak bisa..
    gimana nih kak, cara supaya aku gk ada rasa lagi sma dia ?

  24. Fiitrye says:

    kak, mau minta saran jga nih..
    aq dah 2th 6 bulan pcaran sma cwo aq,1th awal pacaran sneng bnget kak, setiap mnggu tuh kita jlan trus, tpi 1th blakangan ini smuanya brubah, tpatnya sjak dia masuk kuliah thun kmrin, dia udh brubah, sfatnya udah ngk pdli lgi..
    dlu dia yg buat aturan pcaran yang super ngekang, smpe” aq ngk pnya tmen cwo demi dia, tpi skarang smua brubah, dia ngk pduliin aq lgi, mau tmnan sma siapa jg dia ngk pdli kak :’(
    dia blang dia syang bnget sma aq, tpi smua brbalik dari knyataan..
    kdang dia blg ptus, tpi stlah itu dia ngjak damai, dia blang ngk mau pisah, aq bingung kak

  25. vella amara sani says:

    aku heran deh terkadang sama pacar aku ,
    aku takud kalo dia cuma manfaati aku aja .

  26. Aaron says:

    kk Andi / mungkin orang2 yg masih buka blog ini,
    ada yg mo ku tanyain..

    sampe sekarang aku masih single n selalu berharap bahwa soulmate ku bakal muncul.. bkn dalam artian aku g brusaha nyari tp untuk mencari org tsb bukanlah hal yg mudah karena aku gk ada rencana sama skali buat main2 dr awal pacaran dlm artian 1 relationship till the end.. karena hal tsb, aku selalu menginginkan fisik yg perfect..

    aku sadar klo itu hal yg salah karena mungkin org2 jg bakal melontarkan hal yg sama ke aku ” emg lu sendiri ud ngerasa perfect ? ” dan apabila aku melawan statement ini pasti bakal dianggap aku ini naif.. dan juga karena sikap inilah makany cewe2 yg kurasa mencoba deketin aku ( dalam artian ingin menjalin asmara.. ) pasti bakal aku jauhin / no contact.. cth : pura2 g tau di sms-in, g mo bales bbm, ato ngaku2 bkn no hp sendiri n sebisa mungkin g pernah ketemu face 2 face..

    apa itu semua merupakan sikap yg aneh ? tolong beri solusi ya.. soalny habis dipikir2 klo msalny aku terusin relationship dgn mrk jg bakal dipikir aku mainin mreka krn aku g mo menjalin asmara dan jg klo aku bilang cmn pengen temenan abis ditembak.. ( itu pasti bakal bikin situasi awkward n ga enak antar sesama klo terus temenan )

  27. yuli says:

    Gw nyesel banget dach nylimgkuhin dia,
    . Padahal walaupun gw selingkuh jga,gw sayang nyacuma sma dia…

    Gw pemgen bnget blikan lgi sma dia,tp kyanya itu gx mungkin soal nya dia udah kcewa bnget ma gw….
    . Apkh mungkin dia bisa ma’afin aku?

  28. kiki says:

    bang mu minta saran juga nihh
    Saya bingung nih bang saya udah ckup lama pcran,,dia ngenalin saya ma sluruh keluarganya,,tapi dia sampai detik ini tak pernah memperkenalkan saya langsung pada teman”nya bangg,,
    tapi teman”nya tauu bahwa pcarnya saya cma saya belum pernah di bawa dan di perkenalkan secara langsung..
    kdang saya berpikirr apa dia maluu memperkenalkan saya atau dia tak cinta pada saya??

    @Kiki : Membaca cerita kamu ini, pernah juga dialami oleh beberapa orang teman saya. Emang rasaya nggak nyaman berdiri dalam sebuah hal yang tidak ada kejelasannya. Tapi dari pengalaman saya nih, bisa jadi si doi masih belum bisa mengambil keputusan tentang siapakah posisi kamu dalam hatinya / sudah tepatkah kamu jadi doi-nya.
    Sebenarnya ini serba salah juga kalau berada di posisi kamu, karena bisa saja pemikiran si soi tidak sama seperti pengalaman saya. Untuk lebih baiknya, saya saranin kamu bicarakan masalah kejelasan hubungan kamu sama si dia ya sist.
    Semoga membantu :-)

  29. leeya says:

    aku mau tanya,aku pnya pcar tpi setiap aku mau liat BB’a dia kyk org ketakutan,
    tanpa sepengetahuan dia aku buka bbm’a ternyta ada cewek, dia manggil sayang ke cewek itu,,,,
    aku langsung tanya ke cwo aku,tpi dia blng cummn ade kls dulu.

    dan ke dua kalinya aku liat hp dia lg, kejadian yg sama tpi dgn cewek berbeda,dia ngucapin kta” sayang lg ke cwe lain.
    tapi pas aku tanya dia blg itu adik angkatnya.
    Mungkin gg ucapan dia itu bener?dan aku harus bagaimana…????

    @Ieeya : Bagi setiap orang, hp merupakan hal yang sangat privacy. Sekalipun dia mengizinkan kamu untuk meminjamkan BBnya untuk sekedar lihat2, biasanya banyak orang yang nggak suka dengan sikap tersebut. Tapi setelah saya baca lagi curhatan kamu di atas, kamu memang harus curiga sama doi. Karena ketika doi memperlihatkan gelagat kaya orang ketakutan, itu adalah suatu pertanda bahwa dia sedang menyembunyikan sesuatu.
    Solusinya menurut saya, pertama, kamu harus cari bukti2 lain dulu sebelum kamu men-judge dia seperti yang ada dalam fikiran kamu. Setelah itu, kalau sudah dapat buktinya (benar/tidak), silahkan kamu tentukan sendiri mau dibawa kemana hubungan kamu selanjutnya.
    Semoga membantu ya :-)

  30. MF says:

    mas begini mau tanya,,,
    aku punya cewek…. tapi dia takut banget aku liat HPnya…

    dulu dia bilang udah gak SMSan n Teleponan sama mantannya…
    eh taunya aku diem2 buka cruchnya disitu ada SMS banyak sama mantannya pake yank yank an lagi….
    akhir2 ini dia tertutup banget entah itu HPnya yang gag mau diliat ataupun di pegang…

    jadi aku harus kaya gimana ya mas….
    yaaa walau aku tau mungkin agak lama buat ngelupain mantan…
    tapi kenapa harus bohong gitu…

    beri masukan yah teman-teman…. :(

    @MF : Salut deh sama sikap kamu yang mencoba untuk berfikiran positif. Bener banget, coba aja kasih dia jeda beberapa waktu utk ngelupan mantannya. Tapi kalau sudah dikasih waktu belum ada perubahan, silahkan bicarakan lagi sama dia. Soalnya nggak mungkin donk kan kamu menjalani suatu hubungan sementara di dlam hubungan tersebut ada ‘sesuatu’ pemisah yang menjadi dinding tinggi.

  31. maya says:

    mav kak saya mau nanyak ini

    saya pacaran udah lama udah 7 tahun, aku ngerasa dia gak sayang ama aku, soalnya dari dulu sampek sekarang aku gak pernah di kenalin ama temen2nya apalagi temen2 ceweknya, dan dia juga sering selingkuh, aku beberapa kali di permainkan, di bohongi , padahal aku gak pernah ngelarang2 dia, aku hanya perhatian,contohnya “j angan bubuk malem2 yaa sayang “, kadang dia juga perhatian kadang dia gak respek ama aku :(

    masalahku akhir2 ini, dia kan mahasiwa baru, jadi juga banyak temen, sebelumnya dia nganggur dan memang di sana dia gak punya temen , aku selalu ke malang (kotanya sekarang, merantau) dari surabaya (kotaku sekarang), kuliahqu gak terlalu aku fikirin, setiap sabtu minggu aku ke sana, padahal aku anak kedokteran yang juga butuh belajar extra. tp sekarang setelah dia banyak temen, malah dia ngelupain aku, gak pernah nyuruh qu ke malang lagi, walau sebenarnya aku ada waktu libur untuk beberapa hari :(, dan terbukti aku buka fb dia, terus sengaja aku chat cewek yang aku ngerasa dia selingkuh ama dia, awalnya si cewek semangat banget aku ngomongin cowok ku, setelah itu, setelah dia tau kalo aku pacarannya lama, dia gak semangat trus buat status “aku paling benci di bohongi”

    menurut kakak gimana yaa?

    @Maya : Kalo memang itu status FB si cewek, berarti bisa ngambil kesimpulan bahwa dia emang bener2 pacaran sama cowok kamu.
    Saran aku nih, berhubung kamu bilang sudah berkali-kali di bohongin, dimainin, sampe diselingkuhin lagi, ngomong aja baik2 sama dia. Memang itu cara klasik, tapi dengan bicarakan secara baik2 & tanya komitmennya gimana, kamu bisa kasih dia kesempatan terakhir. Dan kalau itu sudah dilakukan ternyata dia masih belum berubah, mending tinggalin aja deh si doi. Meskipun mungkin rasanya berat bagi kamu, tapi percaya aja deh, suatu saat kamu bakalan dapet yang lebih baik dari doi.
    Semoga membantu ya.

  32. Summer says:

    Mav ka, saya butuh pendapat k’k nih,

    sdh 1 thn’an sya pacaran sm doi, tapi pernah bahkan sering dia minta saya enggk ninggalin dia. Meskipun dia pernah jalan/selingkuh dgn teman saya sndri, pda hari itu jga saya minta putus, dan dia gak mau d putusin,krna dia lbih pilih saya.nd dia janji ga bkal ngulangin prbuatan’y lgi, tpi sya msih bisa memaavkan dia.
    Selang berapa bulan dia mudik,salahnya sya gak selalu ikut dia ke kmpng halaman’y, krna sya jga blum siap utk brtmu ortunya. hubungan sya lwat dunia maya jga msh baik2 adj slama dia dsana. Suatu hari dia ktahuan selingkuh lagi dgn mantan pacarnya. Dan saya kecewa dia sering bohong’n sya.stelah dia kmbli k jkt utk ktmu sya, lalu saya tanya baik2, mau’y apa? .Hnya 1 kalimat aj yg dia ucap “jgn tinggalin aku”..
    ,sbenernya ak sayang sma dia dan ak jga tulus.dan hibah jadinya, Dulu dia prnh curhat dgn sya tentang mantan pcr’y yg buat trauma masa lalunya. Tpi ksimpulan’y dia udah berkali2 buat masalah dluan,sering bohongi sya,dan berulang kali sya dihianati.
    Bahkan berkali2 sya mnta putus, tpi dia sll mengancam pngn bunuh diri sja..
    emg mti smudah itu pah,.
    saya bingung hrus bgimana??..

    Tolong pencerahan’y dari k’k yh. Trims

    @Summer : Berkali-kali dia selingkuh, tapi kamu masih tetap sayang sama dia. Cinta itu terkadang memang buta, tapi jangan sampai logika kamu hilang. Coba kamu bayangin, gimana rasanya kalau kamu berada di posisi dia? Segampang itukah minta maaf? Sementara kamu harus tegas untuk memikirkan perasaan kamu sendiri donk. Sayang atau tidak itu urusan belakangan, tapi intinya dalam menjalani suatu hubungan adalah kepercayaan. Kalau kamu sudah nggak ada rasa percaya lagi sama dia, silahkan kamu ambil keputusan yang terbaik. Intinya, kalau doi benar2 sayang sama kamu, dia pasti menjaga perasaan kamu & gak akan ngeduain kamu. Next, up to you..
    Semoga membantu ya :)

  33. Ajat says:

    4 thn w hbungan ma dy, slama itu blum ad yg bs ganti’n atau mengisi hti w slain dy. Mgkn rsa bosan ad ..! Brusaha mencari yg laen pun jg prnah_tp ttep aj blik lg ke dy. Dri tatapan mta sih_mgkn ad sdikit harapan walau sikap dan cara dy slalu memaksa w buat lupain dy ..

  34. yaia says:

    tiba tiba tu dya ngehindar gtu dah akhir” ini tiap bulan waktu hari jadi kita dah gak pernah ngucapinn.. kesannya low ngucapin mlah kayak kepaksa… gimana tuh ya kak???
    tapi emg orgnya pernah ketahuan TTM.an ma sodaraku (gilaa gak tuh)
    gima ya kak caranya biar da kyak dlu lgee…
    aq nda mau trus”an menggalau kayag ginii..aq takut klo mau nanya langsg ke dya… soalnya tiap ketemu kyak acuh gtu ke aq.. puyengg
    please jawab

    @Yaia : Itu mungkin dia ngerasa illfeel sama kamu, sederhana aja. Coba kamu bilang terus terang, dan minta maaf serta gak akan ngelakuin hal yang sama lagi :)

  35. indah says:

    aq lg bnr2 ragu nih :(
    Cwo aq sering bgt ngmongin cwe lain d dpn aq,entah sengaja ataupun ngga tp knp dy ngga bs jaga prsaan aq.hrs’y dy lbh bs tau aq.contoh kcil dy slalu muji cwe lain,tnpa mksud ingin d puji atau apapunlah tp seengga’y ga ush d omongin d dpn cw’y.aq ga minta apa2,aq cm pgn tolong jaga prsaan aq. Menurut km sbaik’y aq hrs ky gmn ngadepin cwo yg ky gt?uda tau cw’y cemburuan masi aja terlihat d sngajakan..

    @Indah : Coba introspeksi diri dulu, apakah kamu rasanya sering bikin dia illfeel? Kalo iya, mungkin tujuannya dia begitu supaya kamu berubah. Tapi kalo rasanya nggak pernah, bisa jadi dia cuma sekedar ngomong aja. Atau bisa jadi dia ingin kamu seperti cewek yang dia bicarakan. Banyak faktor yang membuat dia begitu, intinya jangan negatif thinking dulu jika kamu merasa nggak ada apa2 dalam hubungan kalian.
    Semoga membantu :)

  36. tika says:

    mau curhaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaat
    bbrpa bulan ini cowo aku kepergok, klo dia punya banyak kenalan cewe,trs aku bilang mau pilih aku apa cewe2 kenalan kamu
    dia bilang pilih aku
    tapi pas aku ngajak dia buat mengangkhiri hubungan.eh dia mau
    malah dia bilang demi allah kita udahan ya,kita resmi bubar
    trs ortunya dia tau klo kita bubaran.dan berharap kita untuk balikan lagi
    eh yang ga abis pikir, pas ortu nya nyuruh buat balikan lagi,baru deh dia ngajak aku buat balikan.bahkan ngajak aku nikah
    nah pertanyaan aku.sebenarnya tipe cowo seperti ini tuh kaya gimana sih?
    dia berani mengakhiri hubungan.tapi ketika orang tuanya nyuruh balikan lagi.dia nurutin dan malahan ngajak nikah sama aku
    aku jadi bingung

  37. sheila says:

    aku mau tanya, aku udah pacaran ma cowok hampir 4th, sebelumnya kita udah sahabatan 3 tahun sebelum akhirnya jadian. sekarang kita uda putus dan susah banget aku buat nglupain dia. pernah suatu saat kita ketemu dan ngobrol lagi dan sikapnya masi sama kayak waktu masih pacaran. tapi setelah aku tau sisi lain dia yang baru yang menurutku negatif, dia berusaha membuat aku ngejauhin dia dengan ngomong yang nyakitin hati misal selama pacaran ma aku nggak ikhlas.dan kesan terakhir dengan dia yang nyakitin itu bikin aku depresi. dan sekarang dia deket ma cewek lewat dunia maya yang dia belum ketemu samasekali. aku harus gimana aku bener” masi pengen care ma dia, seharusnya aku ngomong ke dia soal perasaanku dan apa yang aku alami setelah pertemuan terakhir apa lebih baik aku menjauhi dia dan bikin seakan kita orang yang saling benci? karna jujur sekarang aku ngrasa kayak ketakutan tiap inget dan tau sosoknya dari jauh tapi disisi lain aku pengen dia tau dah bikin aku kayak gini, gimana?mohon solusinya makasi :))

  38. bubun says:

    mksih ya all atas tips nya

  39. anonymous girl says:

    mau tanya nih. ada cowo A yang pengen bukti kalo cewe B itu ga bakal ninggalin dia. nah si cewe B bingung apa yang harus dia lakuin biar si cowo percaya sama dia kalo dia ga bakal ninggalin cowo A? tolong di kasi saran ya? Makasih buat sarannya. :)

  40. Mr J says:

    Hy , salam kenal sebelumnya .
    aku mau cerita sedikit ttng pengalamanku . gni aku kan punya cwe , bru jadian sih 2 bln yg lalu . kalo di bilang cinta n sayang , itu g ush di pertanyakan lagi . tapi masalahnya dia tu cinta g ma aku ?? . soalnya dia masih sms an ma mantannya n kyknya dia masih ngarep ama mantannya tu . . . mnrt kalian solusinya gmn ??
    trims .

  41. tami says:

    wow…. >_<

    semua pas banged….
    semua ada di dy….
    semoga sampai akhir….
    trimz artikelnya…
    jadi nguatin feel aku ^_^

  42. intan says:

    sorry kak ,aku mau nanyak…klo cowok itu suka ama q tpi sehari sesudahnya dya malah suruh q menghindar dari dya ktannya merusak hubungannya sama cewek lain…tapii 1 bulan q gk sms dya lagiee…tiba tiba pas malem2 dya suruh q mengingatnya lagi / menyukainnya lgi ….tpi q gk bisa nerima dya …karna q udah gk sanggup lagi kak ? kasih saran kak

    @Intan : Kaya’nya type plin-plan dia yah, selain itu nggak jelas maksudnya. So, daripada bikin kamu sakit hati di kemudian hari, tinggalin aja.

  43. asima says:

    saya memiliki seorang kekasih, hubungan kami belum lama,, tapi saya merasa nyaman jika dekat padanya, dy sring mengatakan kalau dy sayang banget ma aq,, tapi aq masih ragu,,karena hubungan kami masih baru, dan tak mungkin dgn secepat itu dy sayang banget ma aq,, n jika ia dy sayang ma aq,, knp aq tdk bisa merasa khannya,, sesungguh aq blom sayang banget ma dy,, aq hny msh tertarik dgn wajah ny dan sifat ny yg lucu..
    mka utk mengetahui klo dy syang ato tidak.. aq mencoba dari sini utk memastikannya…

  44. Afid says:

    Kak , aku minta pencerahannya.. Aku udah pacaran sekitar 7bulanlah.. Cwokku bussinesman, so dia sibuk banget.. Meskipun sibuk, tapi tiap pagi,siang,sore,menjelang tidur dia slalu sms n telp aku.. Slalu bilang sayang kamu, cinta kamu, kangen kamu.. Trus seminggu sekali pasti qt jalan. Oiya, btw aku tuh cewek pertamanya dia. Tp kenapa ya tiap qt jalan dia ga bisa lama2.. N slalu cepet2.. Ya memang dia sibuk, tp seingat saya dia hmpir gak pernah anter jemput aku, n jarang nmenin aku beli apa apa.. Eh pas kemaren dia dimintai tolong tmen cweknya buat ambil catering aja deh dia lgsung mau, pakek mobil pula. Ya meskipun cuma kemaren doank tp rasanya kok bete bangettt…Kalo ma aku nih harus ekstra planning, selain nyesuain waktulah, ga enak ma ortulah.. Nah ini td tmen cweknya pamit ke aku, buat nyuruh dia anter kluarganya brgkat pas haji nanti. Ya memang, cwoknya tmen cwek pcarku jg diajak.Setauku sih dia memang sahabat cwokku. Aku gatau ini cuma emosi aku aja atau gimana, yg jelas aku pngen dia juga begitu sama aku.. Tolong ya kaaaakk :(

    @Afid : Coba kamu bicarakan lagi baik2 sama doi donk. Komunikasi secara jujur & terbuka itu cukup penting lho dalam menjalani suatu hubungan. Apalagi kalau itu bersangkutan dengan hal2 yang kita sukai / tidak. Semoga dengan begitu, dia bisa mengerti apa yang sebenarnya kamu inginkan. Toh kalau doi emang sayang sama kamu, dia pasti akan mengusahakannya walaupun terasa sulit.
    Tanam perasaan negatif thinking sama temannya itu. Wajar kalau kamu cemburu, tapi jangan samakan posisi kamu dengan temannya. Mungkin ada faktor lain kenapa doi mau begitu sama temannya.
    Semoga membantu ya :)

  45. nana says:

    Kak mo tny aku pernah jln hmpr 1taun kta ber2 sdh cocok, nyaman bgt kemana2 ber2 tp sblm itu jadian aku pny tunangan tp gak sreg jd wkt knl sicowok baru pas dia blg suka aku mnt waktu untuk beresin hub sm tunangan itu tp slama itu aku dkt bgt sm dia isa diblg jadian,gak lama stlah itu aku putus sm tunangan jadian sm new,tapi dia Des mnt pts ter nyata dia slh phm dipkr aku blm pts sm tunangan Jan dia balik sm Xnya trus msh dkt sm aku s/d Mei tiba2 blg mo nkh wkt aku bcr ber2 sm dia knp dia blg terpks nkh sm X krn dia hamil,pdhl kalo diitung wkt hamil tdk pas tp knp dia ngotot itu hsl dia,dia blg msh cinta sm aku tp knp nikah sm X? Apa itu bnran krn hamil/alasan dia aja? Bnre dia cinta/gak sm aku? Knp wkt me tny pilih me/X dia pilih X alasan tanggung jwb Me msh syg sm dia tp knp dia gitu?Please help aku hrs gmn??

  46. Ulwan says:

    Gimanah Kalo Cewe Yg Kita sayangi Malah Gak sayang ke kita..,” tapi dia malah sayang ke orang lain..,” udh gua putusin tapi dia mohon2 gak ingin di putusin ma gua.,” malah dia bilang pengen nikah ama gua..,” tapi hati dia bukan wat gua..,” manah mungkin gua nikahin dia..,”??!! Bulsit banget tuh cewe..,,,

    @Ulwan : Kalo gitu ceritanya mah ya emang mending gak usah dinikahin. Bisa aja itu cuma trik dia biar nggak ditinggalin.

  47. aya says:

    Ka q pny cwo yg umurnya di bawah q..dan kita pacaran udah hmpir 3 thun.cuma masalhnya hmpir tiap hri kita ribut dengn masalh yg gak jelas. Curiga ga percaya itu trus da dlm fikiran kita berdua.. Intinya blm saling percya dan saling takut kehilangn sebenrnya…
    Harusnya gmna ya ka. Biar ga trus2an ribut sm dy… Help me pliease….

    @Aya : Terlalu posesif berarti dia ya. Coba selesaikan masalah tersebut dengan kasih input tentang hal itu, berikan penjelasan sekaligus kepercayaan agar doi bisa lebih pengertian dan yakin bahwa kamu pun sebenarnya takut kehilangan dia.

  48. ria says:

    Gue suka sama cowok dia ga peka bgt min, udah mau di comblangin malah blng klo dia itu(aku) temen, sebel bgt yak
    Solusi dong:’(
    Padahal gue sama doi suka tatap mesra gitu gatau apa gue yg berlebihan :|

    @Ria : Pastikan dulu kalo lu nggak bertepuk sebelah tangan. Karena biasanya kalo udah di comblangin bakalan nggak susah kok jadiannya. #PengalamanPribadi

  49. Bella Zuhri says:

    Aku suka sama cowo. Dia juga suka sama aku, n aku udah yakin banget kalo emang dia bener suka sama aku karna temen les (sekelas) udah tau, bahkan temen2 dia di sekolah udah pada tau juga. Tapi herannya dia ngga nembak2 aku, padahal aku berharap banget bisa jadian. Aku musti gimana ya?

    @Bella : Kamu yakin nggak kalo si doi tau kamu suka sama dia? Atau bisa jadi doi masih takut buat ngungkapinnya, atau jangan2 cuma PHP. So, coba sedikit bersabar sambil melihat perkembangannya.
    Semoga membantu :)

  50. Vina says:

    aku lagi deket lagi sama cowok yang sudah lama aku kenal. kita udah pacaran skrg, tp posisinya dia tuh abis putus dari mantan pacarnya.
    aku tuh cm pelarian aja ato gmn ya? klo mw tau dia beneran suka sama aku gmn?

    @Vina : Susah kalau saya jawabnya sist. Saran saya, coba aja melakukan penyelidikan (kaya’ agen rahasia aja). Hehe..
    Dengan begitu sista bisa tau secara pasti tentang tanda tanya besar yang ada sekarang ini hingga selanjutnya mengambil keputusan yes or not :)

Leave a Reply

Current day month ye@r *