0

Judul di atas sengaja saya buat sedikit ekstrim. Karena dengan judul begitu mungkin secara tidak langsung dapat membuka fikiran anda secara otomatis untuk terus bersemangat dan optimis dalam mencari rejeki. Takkan lari gunung di kejar. Itulah ibaratkan sebuah rezeki. Seperti apapun, dimana pun, dan sebesar apapun, jika itu sudah menjadi rejeki anda, tidak akan kemana-mana.

Setiap orang pastinya ingin memiliki keluasan rezeki, baik itu dalam segi finansial atau materi. Begini, mungkin pernah terlintas sebuah pertanyaan kecil dalam hati kecil anda, sudah bekerja dari pagi sampai malam, kenapa saya cuma dapet segini? Memang wajar rasanya jika tidak mendapatkan sesuatu dengan seimbang. Tapi yang terpenting adalah jangan mengeluh, apalagi hal tersebut dibiarkan mengikis semangat hidup anda. Itulah rejeki anda, terima dengan penuh rasa bersyukur, karena itu adalah awal dari sebuah rejeki yang akan anda terima nantinya. Tanpa panjang lebar, untuk mengetahui cara cepat mendapatkan rejeki, silahkan ketahui dan pahami dulu tingkatan rejeki menurut Islam di bawah ini :

1. Rezeki Tingkat Pertama (yang di jamin oleh Allah)

“Tidak suatu binatangpun (termasuk manusia) yang bergerak di atas bumi ini yang tidak di jamin oleh Allah rezekinya”. (QS.11:6)

Artinya, Allah pasti akan memberikan makan, minum, kesehatan untuk seluruh makhluk di dunia ini tanpa terkecuali.

2. Rezeki tingkat kedua

“Tidaklah manusia mendapatkan apa-apa kecuali apa yang telah dikerjakannya”. (QS.53:39)

Artinya, Allah akan memberikan rezeki sesuai dengan apa yang telah dikerjakan hambaNya. Jikaseseorang bekerja dua jam, maka dapatlah hasil yang dua jam. Jika seseorang bekerja lebih lama, lebih rajin, lebih berilmu, serta sungguh-sungguh, seseorang tersebut akan mendapatkannya lebih banyak.

3. Rezeki Tingkat Ketiga

“Sesungguhnya jika kamu bersyukur, pasti Kami akan menambah (nikmat) kepadamu, jika kamu mengingkari (nikmatKu), maka sesungguhnya azabKu sangat pedih”. (QS.14:7)

Inilah rezeki untuk orang-orang yang disayang Allah. Orang-orang yang pandai bersyukur akan mendapatkan kasih sayang Allah dan mendapatkan rezeki yang lebih banyak. Itulah janji Allah. Orang yang pandai bersyukurlah yang dapat hidup bahagia, sejahtera & tentram. Usahanya akan sangat sukses, karena Allah akan menambahkannya selalu.

4. Rezeki Tingkatan Ke empat (untuk orang-orang beriman dan bertakwa)

“Barangsiapa yang bertakwa kepada Allahniscaya Dia akan mengadakan baginya jalan keluar (masalahnya). Dan memberinya rezeki dari arah yang tiada di sangka-sangkanya. Dan barang siapa yang bertawakal kepada Allah niscaya Allah akan mencukupkan (keperluan) nya. Sesungguhnya Allah melaksanakan urusan (yang dikehendaki) Nya. Sesungguhnya Allah telah mengadakan ketentuan bagi tiap-tiap sesuatu”. (QS.65:2-3)

Peringkat rezeki yang ke empat ini adalah yang istimewa, tidak semua orang bisa meraihnya. Orang istimewa ini adalah orang yang benar-benar dicintai & dipercaya Allah untuk memakmurkan atau mengatur kekayaan di bumi ini.

Nah, dari 4 tingkatan rejeki di atas semoga anda bisa memahami bahwa rejeki itu bisa di dapatkan dengan pemahaman yang sederhana. Sesuai tingkatannya masing-masing, semoga anda bisa mengerti bahwa selain doa yang berkesinambungan, rasa syukur, berilmu, kerajinan dan sungguh-sungguh adalah modal utama yang harus ditanamkan untuk mendapatkan rejeki lainnya yang tersebar di segala penjuru.

Seperti kutipan dari kata bijak Mario Teguh :

Tuhan telah menetapkan rejeki kita masing-masing.
Bukan pada jumlahnya, tetapi pada syaratnya.

itulah dia, kemudahan ataupun keluasan dari rejeki yang telah didapatkan merupakan cermin dari apa yang telah dilakukan. Kalaupun rasanya tidak seimbang, baik itu kurang atau merasakan lebih, tetaplah bersyukur. Karena itulah rezekimu, yang didalamnya juga tersimpan rezeki orang lain untuk disisihkan.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Delicious
  • LinkedIn
  • StumbleUpon
  • Add to favorites
  • Email
  • RSS

Leave a Reply

Current day month ye@r *