3

Membuat postingan otomatis pada blog bagi saya dapat menjadi salah satu alternatif atau solusi dalam manajemen waktu untuk dapat selalu update blog di saat kondisi lagi tidak memungkinkan. Ya, mungkin saja lagi ada kegiatan offline atau pekerjaan yang tiba-tiba membuat anda tidak memiliki waktu untuk update blog. Dan ketika rasanya anda memiliki beberapa bahan postingan blog, jangan buang waktu, segeralah untuk membuatnya. Karena bisa saja inspirasi/ide tersebut hilang tak berbekas dalam otak anda hingga akhirnya anda melewatkan waktu untuk membuat sebuah postingan yang (siapa tahu) akan memberikan kontribusi besar terhadap traffic blog anda.

Atau selain hal di atas, mungkin anda memiliki blog yang menuntut anda untuk selalu update tiap hari agar tetap di lirik oleh Google, atau mungkin anda memiliki target untuk dapat update blog setiap harinya. So, daripada pusing-pusing, kenapa tidak menggunakan strategi posting otomatis saja?

Untuk anda yang memiliki blog menggunakan Blogger, berikut cara membuat postingan otomatis pada blogspot :

1. Silahkan login ke account blogger anda, lalu ‘create new post’

2. Isi halaman judul & postingan sesuai dengan yang anda inginkan, setelah itu pada bagian kanan klik ‘schedule’.

Cara seting postingan otomatis pada Blogger

3. Kemudian pilih ‘set date and time’. Silahkan tentukan tanggal dan waktunya kapan postingan tersebut ingin anda publish, lalu jangan lupa klik Done*

4. Kalau rasanya semua sudah ok, tinggal klik ‘Publish’.

5. Selesai.

*Pastikan anda sudah melakukan setting jam sesuai dengan waktu Indonesia. Kalau belum, silahkan anda rubah dulu setingan jam yang anda gunakan pada account blogspot anda pada halaman Setting > Language and formatting > lalu ubah Time zone nya menjadi (GMT +07:00) Jakarta.

Sedangkan pada WordPress, berikut cara membuat postingan otomatis pada blog WordPress :

1. Silahkan login ke dashboard WordPress anda, lalu ‘Add New post’

2. Isi halaman judul & postingan sesuai dengan yang anda inginkan, setelah itu pada bagian kanan edit ‘publish immediately’

Cara setting postingan otomatis pada WordPress

3. Lalu tentukan tanggal dan waktunya kapan postingan tersebut ingin anda publish, lalu OK*

4. Kalau rasanya semua sudah ok, tinggal klik ‘Schedule’

5. Selesai. Sekarang biarkan update blog anda terpublish secara otomatis :)

*Untuk merubah jam pada blog WordPress, anda tinggal melakukan sedikit perubahan melalui Setting > General > Silahkan ubah Timezone nya menjadi Jakarta.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Delicious
  • LinkedIn
  • StumbleUpon
  • Add to favorites
  • Email
  • RSS

3 Comments

  1. makasih mas tipsnya, sangat bermanfat sekali

  2. tanaman obat says:

    yang sulit dalam update artikel blog memang ide tulisan yang terkadang sulit untuk didapat

  3. kalau menurut saya ini tips adalah untuk menjadwal terbitnya postingan ya kakak,, kalau yang otomatis kan artikelnya langsung ada tanpa perlu membuatnya lagi.. makasih kakak atas artikelnya..

Leave a Reply

Current day month ye@r *