3

tips memilih telur ayamTelur memiliki kandungan gizi yang berlimpah, seperti lemak, kalori, serta sumber protein, dsb. Selain itu, telur juga merupakan salah satu bahan makanan yang biasa di konsumsi oleh banyak orang karena untuk menyajikan telur hingga siap untuk di makan tidak sulit, bahkan bisa dikatakan, kita tidak perlu bersusah payah atau merasa repot untuk dapat menyantap makanan yang kaya gizi ini. Cukup di langsung di goreng, atau bisa juga di rebus.

Ngomongin tentang telur, kali ini karena saya terinspirasi dari kejadian yang pernah terjadi dan sangat menyebalkan beberapa waktu lalu, dimana ketika itu saya mendapatkan telur busuk. So, supaya tidak terulang karena bagi anak kost seperti saya, perlu juga kita ketahui nih ciri-ciri telur yang baik. Berhubung telur merupakan makanan yang cukup sering di konsumsi dengan alasan paling sederhana disajikan serta nikmat dan bergizi untuk di konsumsi, tapi kalau tidak pintar-pintar dalam memilih telur, jangan sampai terjadi hal yang serupa seperti saya, apalagi kalau kamu sampai jackpot alias muntah, karena mendapatkan telur busuk. Maka dari itu, cara memilih telur versi saya di bawah ini bisa membantu kamu dalam memilih telur yang bagus.

- Pilihlah telur ayam yang kulitnya bersih.

- Coba guncangkan/kocok telur, sebelum kamu memutuskan untuk membelinya. Telur yang baik tidak akan berbunyi, begitupun sebaliknya. Jika berbunyi, maka berkemungkinan bahwa telur tersebut sudah kurang bagus.

- Pilihlah telur yang tidak bau. Karena telur yang telah busuk memiliki bau yang tidak sedap, dan ada sebagian orang bilang, bau busuk dari dalam telur biasanya dapat tercium dari luarnya.

- Pilihlah telur yang berbentuk lonjong. Biasanya, telur yang berbentuk lonjong memiliki kuning telur yang lebih banyak jika di bandingkan dengan telur yang berbentuk agak bulat.

- Rendam di dalam air. Telur yang baik akan tenggelam, sedangkan telur yang sudah kurang bagus akan mengapung. Hal ini untuk lebih memastikan dalam memilih telur yang baik ketika kamu hendak mengolah/memasak telur di rumah dalam jumlah yang banyak. Karena sangat disayangkan jika telur-telur yang telah kamu masak ternyata ada salah satu atau beberapa yang tidak baik/busuk diantara telur lainnya.

Sekian dulu. Semoga 5 cara memilih telur ala saya di atas semoga bisa membantu, apalagi buat kamu yang suka dengan makanan yang satu ini.

Tunggu lagi tips lainnya dari saya ya… :-)

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Delicious
  • LinkedIn
  • StumbleUpon
  • Add to favorites
  • Email
  • RSS

3 Comments

  1. Fahmi RuziQ says:

    Tips yg bagus dan sangat membantu. Dsni saya agak bertentangan di poin ke 4. Dmna saya justru lebih mmilih telur yg putih telurnya lebih banyak. Karna stau saya putih telur itu bnyak protein, sdgkan kuning telur banyak kolesterolnya. Brarti milih telurnya yg agak bulat donk ya? Hhe..

  2. sri oetami says:

    sepertinya d poin ke 4 gk kyak gt dech malah kata banyak orang telur yang bentuknya agak bulat besar kuning telurnya.

  3. abinadra says:

    Syukron atas infonya…!
    karena saya jualan di warung sehingga tidak sedikit pembeli komplain karena telornya busuk.nah, sekarang saya jadi lega deh….Tank you…!

Leave a Reply

Current day month ye@r *