25

Kalau bicara masalah pacar, memang nggak ada habis-habisnya. Apalagi kalau kamu baru dapet pacar, wuih.. dunia serasa milik berdua, selain itu juga pengennya pasti berdua melulu. Tapi, satu hal yang mungkin bagi kamu merupakan sebuah masalah, yaitu merasa bingung ketika orang tua kamu mulai bertanya, “By the way, pacar kamu siapa sekarang?!”, atau “Kamu tuh kerjaannya nelfon mulu, emang kamu nelfon siapa sih?!?”. Kalau udah begitu ceritanya, menurut penerawangan saya itu adalah sebuah pertanda bahwa orang tua kamu ingin mengetahui siapakah teman dekat (pacar) kamu saat itu.

Kalau kamu pernah, atau memang sedang mengalami hal seperti ini, solusinya ya membiarkan orang tua kamu tahu dengan memperkenalkan siapakah pacar kamu sekarang ini. Tapi.., kita tahu bukan segampang itu kamu harus memberikan jawaban yang menjadi pertanyaan orang tua kamu itu, karena pasti sedikit banyaknya kamu akan memikirkan beberapa pertimbangan, terutama bagaimana caranya agar orang tua kamu memiliki image positif dengan pacar kamu itu. Apalagi, kalau orang tua kamu type-nya pemarah, atau over protective. So tanpa basa basi, saya akan coba berikan tips ngenalin pacar ke orang tua kamu.

> Berikan informasi yang bisa membantu pacar kamu

Sebelum kamu memperkenalkan pacar kamu dengan orang tua kamu, coba berikan beberapa informasi yang bisa menggambarkan bagaimanakah orang tua kamu. Misalnya bagaimana karakternya, apa hobinya, atau bisa juga memberikan gambaran mengenai hal-hal yang tidak disukai oleh orang tua kamu. Dengan memberikan sedikit gambaran tentang orang tua kamu, si dia akan bisa menyesuaikan atau beradaptasi dengan lebih mudah, karena informasi yang kamu sampaikan bisa di jadikan pedoman oleh si dia.

> Tunggu saat yang tepat

‘Ketika mood seseorang sedang bagus, maka kamu bisa mendapatkan apa saja darinya’. Naah.., alangkah lebih baik jika kamu mengetahui dahulu bagaimana kondisi orang tua kamu saat itu. Untuk mengetahuinya ya cuma kamu yang tahu, karena setidaknya kamu bisa melihat kondisi orang tua kamu bagaimana. Kalau kamu merasa kesulitan untuk mengetahuinya, kamu mungkin bisa coba menerapkan kebalikan dari cara ini. Yaitu dengan mengajak pacar kamu main ke rumah kamu ketika orang tua kamu sedang memerlukan bantuan. Karena dengan kondisi seperti itu, pacar kamu bisa membantu pekerjaan yang sedang dilakukan orang tua kamu, selain itu secara tidak langsung cara ini akan membuka jalan dan kesempatan agar pacar kamu dan orang tua kamu bisa berinteraksi.

> Jangan lupa untuk bersalaman

Bersalaman, kesannya memang mudah. Tapi jangan salah, terkadang ini menjadi satu hal yang terlupakan oleh kita. Dengan bersalaman, kamu telah menempatkan si dia di hati orang tua kamu. Dan juga, dengan bersalaman kamu akan menjadikan kondisi kamu dan dia lebih baik dari sebelumnya. Jangan lupa sedikit menerapkan teori memperkenalkan, yaitu dari kecil ke yang besar. Comtohnya, (Misalnya nama pacar kamu Rafki) “Rafki, kenalin, ini mama aku..”. Atau akan lebih baik berikan sanjungan pada orang tua kamu, “Rafki, kenalin, yang ganteng ini papa aku lho..”. Yah.., namanya juga lagi ngambil hati, wajar kalau sedikit memberikan sanjungan. Tapi ingat, jangan terlalu berlebihan.

Nggak sadar ternyata panjang juga nih. Berhubung mata udah nggak bisa di ajak kompromi, saya usahakan di sambung lagi besok, karena masih ada beberapa poin lagi yang (mungkin) bisa membantu kamu bagi yang merasa kebingungan untuk mengenalkan pacar kamu sama orang tua kamu.

Apologize friends.. So, besok kita sambung lagi ya ;-)

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Delicious
  • LinkedIn
  • StumbleUpon
  • Add to favorites
  • Email
  • RSS

25 Comments

  1. andini says:

    kalau seandainya kita belum boleh pacaran sama kedua orang tua?

  2. andini says:

    gimana cara perkenalkan nya?

  3. andini says:

    tapipacar kita selalu meminta untuk dikenalkan?
    sementara kita belum bisa memperkenalkan nya karena kita belum boleh pacaran sama kedua orang tua kita?
    jadi kira-kira kapan dunkz kita harus memperkenalkan nya?

  4. andy says:

    @andini:
    1.Coba deh introspeksi umur kamu, apakah sudah pantas untuk pacaran? Kalo rasanya sudah, mungkin kamu sudah saatnya memberikan pengertian ke ortu bahwa kamu sudah saatnya.. Spt kata Gita Gutawa itu lho.. (kembang perawan)
    2.Cara memperkenalkannya kan ada diatas. Kalo cara diatas belum bisa kamu terapkan, silahkan kamu coba dengan cara kamu sendiri dunk.. Selagi kamu merasa si doi adalah orang yang baik/tepat, jangan takut..
    3.Kalo pacar kamu minta dikenalin, menurut saya itu adalah pertanda bahwa dia serius sama kamu, atau setidaknya ia ingin membuktikan bahwa dia ingin mendapatkan kepercayaan dan membuktikan bahwa dia sayang serta ingin menjaga kamu. Tapi kalo rasanya waktunya belum pas, kamu harus bisa memberikan pengertian dengan alasan yang menurut kamu bisa membuat doi mengerti.
    Semoga membantu ;-)

  5. friska says:

    mudah juga teorinya
    tapi sekarang prakteknya bung
    susah banget
    emang kl kita diperkenalkan ke keluarganya itu adalah cerminan kalau dia tu emang serius sama kita

    tapi tambahin lagi donz tipsnya
    :!: :!:

  6. andy says:

    @ Friska : Teori emang gampang ;)) Tapi apalagi yang mau saya tambahin ya.., coz cuma itu yang saya praktekkin.
    Ntar deh kalo ada tambahannya saya bikin lagi, tapi mungkin ada temen2 yang mau nambahin juga x :idea:

  7. angel says:

    gini….bloh kan aq curhat tentang masalahq ama pacarq,gini q ama pacarq udah ptz kar’na ada masalah mantanx sms sy kar’na mantanx it masih sayang ama pacarq. dan pas di situ saya marah ama dia,n minta ptz,,dan dia blg sama saya kw ini pencemburu skali… dia sering bilang sayang ama saya,n mau hidup sama saya…tapi bagi saya itu semua konga bagiq…dan ortuq dan juga ortux sudah tau hubunganq dengan dia,dan ortux sayang skali ama saya dan sering za akrab dengan keluargax…. bagaiman saya tidak cemburu kar’na dia masih kasih beri harapan dengan mantanx. dan saya ama mantan tidak pernah akur,pasti saya dengan mantanx itu berkali terus………..

  8. angel says:

    yang penting sopan….!!!!!! dan bertanggung jawab,,,,,

  9. angel says:

    klau menurut saya nanti waktu yang tepat untuk bisa kamu perkenalkan pacarmu ama ortumu,kar’na ortu masih melihat kamu masih dibawah umur…jadi yang pastix bersabar ajha ya plend,in solusi bT Andini….

  10. andy says:

    @ Angel : Terima kasih sudah mampir dan juga saling berbagi disini. Jawaban kamu sangat membantu, moga2 gak bosen mampir kesini. Once again, tengkyu ;-)

  11. nien says:

    :dontsee: ~x( waaaaah susah bange…..t abis ortu ku dagh ga ska duluan klo misalnya ku pnya pacar……………..

  12. pod says:

    thx’s bgt bung, gw emg lagi bingung ma sikap yg mesti dilakuin dihadapan ortu ,,..momen yg tepat sma suasana hati ortu,oughh,…pening dibuatnya pdahal dah serius ma tuh cewek,hiks,..tmbahin lg tips nya

  13. laila says:

    saya wanita umur 20 th.
    saya memiliki pacar umur 24 th, dia ingin sekali knlan dengan keluarga saya. memang c kita baru sebulan pacaran. di saat saya membicarakan dy ke ibu saya, ibu saya tetap melarang saya pacaran, yang alesan ibu saya sy harus belajar dan belajar. dan rencananya dalam waktu dekat ini sy yang akan mau di perkanlkan dengan kleluarga pacar saya.
    yang sy mau tanyakan bagaimana caranya saya untuk memperkenalkan pacar sy ke ortu sy terutama ibu sy.
    kami sudh terbuka, setiap jalan pacar sy selalu mengantar hingga depan rumah, tapi setiap dy mau knln dg kel sy, selalu sy tolak krn sy takut sekali dg ibu sy, krna ibu sy blm mau untuk sy pacrn…
    mohon bantuannya y thx.

    @Laila : Coba aja kamu bicarakan lagi terus terang sama pacar kamu itu bahwa kamu sebenarnya belum siap memperkenalkan pacar kamu itu sama ortu kamu, dengan alasan masih harus fokus untuk sekolah/belajar. Tapi, ketika kamu menyampaikan tentang hal tersebut, setidaknya kamu juga harus bisa membuktikan juga bahwa kamu memang benar2 saya / hubungan yang sedang kamu jalani itu adalah serius. Dengan berbicara kaya’ gitu, siapa tau aja si doi bisa lebih mengerti kondisi tersebut, dan juga memahami bahwa kamu serius dengan dia.
    Semoga membantu :-)

  14. intan says:

    aku susah buat beradaptasi dengan ortu pacar ??
    aku dibilang cuek seperti engga peduli sama keluarganya ataupun sama pacar sendiri,,,
    dan aku merasa canggung untuk memulai pembicaraan dengan orang tua pacar aku . kalau tidak diajak ngobrol duluan aku cuma diam,
    kasih solusinya dong ….

    @Intan : Itu biasa, namanya juga baru2.., wajar kalo kebanyakan diam. Mungkin u grogi, takut salah ngomong, canggung, dsb. Ntar lama2 juga ilang kok :-)

  15. Yuli says:

    Hai aku pnya problem aku pnya pacar kita udah pacrn slma 1thn dan dia juga sudah berkenalan dengan klwrga ku .dan d terima dengan baik.masalah sampai detik ini dia ga mau mengenalkan aku k klwrganya.aneh banget….da pa yah???

    @Yuli : Coba positif thinking aja, mungkin si doi belum menemukan waktu yang tepat kali.. :-)

  16. aditya pratama says:

    saya sudah 3 tahun pacaran dengan pacar saya,,tapi masalahnya ibu saya belum mau bertemu dengan pacar saya,,dengan alasan ibu saya trauma menikah di usia muda,,beliau tidak mau hal tersebut terjadi pada saya,,padahal saya sudah memberitahu,bahwa saya juga tidak ingin menikah di usia muda,saya dan pacar saya berkomitmen tidak menikah di usia muda dan masih banyak hal yg belum saya raih,dan juga saya masih ingin membahagiakan orang tua saya,sedangkan saya merasa tidak enak kepada keluarga dan pacar saya, karena saya belum bisa mengenalkan pacar saya,,tolong solusinya

    @Aditya : Coba pelan2 kamu kasih tau ke Ibu kamu itu bahwa kamu memang benar2 tidak berniat nikah muda. Pastikan bahwa keinginan kamu untuk mempertemukan pacar kamu dengan ibu kamu cuma untuk silaturahmi aja. Sabar aja jika kamu belum juga bisa mendapatkan hati ibu kamu biar bisa memenuhi keinginan kamu ya, yang terpenting adalah, tetap positif thinking dan terus berusaha.
    Semoga membantu ‘n Gud luk ya :-)

  17. nur hikmah says:

    low misalnya ibu undah kasi izin untuk pacaran, tapi ayah blom ngasi isin bagai mana ??

    aku sering cerita tentang orang tua’ku keh pacar’ku tapi pcrq gak mau tawtentang itu, pcrq jugah gak brani kenalan mah orang tuaq !!

    GIH MANA DONG ??

  18. sisca says:

    saya sudah 1 tahun lebih pacaran dengan pacar saya . tpi sampai detik ini orang tua saya belum menberi kan izin dan belum pernah bertemu dengan pacar saya, sedangkan saya sudah mengenal semua kluarga pacar saya , malah saya sering main ke rumah nya. orang tua saya berpendapat pacar saya belum termasuk lelaki yang mapan . sedangkan saya tetap pada pendirian saya kemapanan itu di lihat nanti ketika saya memutuskan inngin melanjutkan ke pernikahan . tetapi untuk sekarang saya belum ada pemikiran ke arah sana . sekarang pacar saaya mulai mempertanyakan , kapan dia bisa di kenalkan dengan orang tua saya . ada hal yang saya takutkan bila saya tetap mengenalkan pacar saya ke orang tua saya , saya mempunyai ayah yang sangat keras, saya takut penerimaan org tua saya ke pacar saya tidak baik . saya takut ada kata kata kasar yang keluar dari ayah saya .
    saya bingung , apa yang harus saya lakukan sekarang .
    bisa tolong kasih solusi ?

    @Sisca : cerita kamu mirip sama kisah saya dulu, wajar kalau seorang laki-laki mempertanyakan hal tersebut apalagi dia sudah memperkenalkan ke keluarganya. Tapi jangan diambil pusing. Intinya disini adalah waktu. Yup, kalau kamu memang merasa cocok dan ingin serius sama si doi, kamu harus sabar dan nunggu timing yang tepat. sekalipun ayah kamu keras, itu nggak akan memundurkan niat dia untuk mundur. So, sabar aja dan kasih doi pengertian.
    Semoga membantu ya :)

  19. Daniel says:

    Gan ,, masalahx gnie.. gw tiap bicara masalah pacar ma ortu slalu d brcanda.in ,, nah thu yg bkin gw down.. dah ,, batal deh mw ngnalinx…
    saranx gmna ??

    @Daniel : Kalo di becandain sih gak apa2 atuh gan. Mungkin kaya’ gitu cara didik ortu agan dalam menghadapi situasi tersebut. Yang penting, untuk tahap pertama, pembicaraan jangan terlalu jauh & kaku. Enjoy aja gan,,, ;)
    Gut luk agan..

  20. wida says:

    bgini sya sdh pacrn hmpir 2 tahun. tp sya blum bisa memperkenalkn sma ortu saya. soalnya ortu pengen sma orang yg satu daerah sma sya. sdngkan pacar saya orang jawa dan sya org sunda. emang bgaimana klo org jawa menikah dgn org sunda . tlong ksh jwbn yg memuaskan.

    @Wida : Untuk melangkah ke jenjang yang lebih serius, intinya untuk membangun kepercayaan / menepis hal-hal buruk yang difikirkan oleh orang tua adalah ‘Komunikasi’. Coba deh pelan2 kasih penjelasan, pengertian, dan di tutup dengan sisi positif si doi (yang kaya’nya ortu sukai). Hal seperti ini saya yakin bukan kamu aja yang mengalami, banyak kok. Tapi dengan sabar dan perlahan, kalau memang niatnya baik, Insya Allah pintu hati ortu bakalan kebuka kok.
    Semoga membantu :)

  21. Daniel says:

    thnx bwt ownerx ,, dah brhasil gan ,, mkasi saran”x… :D

  22. indy says:

    Bagaimana jika pacar kita seseorang yang belum pernah kita jumpai.. kita saling mengenal hanya lewat telepon doang, tapi kita tau siapa dia, hnya wktu aja yg blm tepat buat kita ketemu. nah pada saat ntr ketemu, dia langsung mau ketemu sama org tua kita.. lngsung mau ngomongin ttg keseriusannya..
    so, the problem is, bgmn caranya kita memperkenalkan dia dg org tua kita??takut ortu jantungan gw.. hihihiihi…

    @Indy : fallin’ in love by voice donk kalo gitu yah. Saran saya jangan dulu sist, sabar aja. Coba aja dia ketemuan dulu, kemudian selanjutnya baru deh terserah sistah.
    Semoga membantu ya

  23. Aris says:

    Thanks..
    Moga* aja berhasiL !

  24. brian says:

    gan saya punya masalah, saya sudah pacaran selama 3 tahun, saya sudah cukup dekat dengam orang tua pasangan saya, tapi sebaliknya orang tua saya todak ,merestui hubungan saya dengan diya, walaupun begitu saya tetap berhunhan dengan diya dengan cara diam diam, pasangan saya selalu menanyakan orang tua saya, alasan orang tua saya tidak mengizinkan berhubungan dengan diya 1. saya cowo yang yang lebih muda dari pasangan saya (saya 19 th & pacar saya 20th)
    2. orang tua saya mendapat kabar dari tetangga kalau pasangan saya bukanlah orang yang baik, tapi saya yakind dia prang yang baik
    3. orang tua saya menganggap pasangan saya itu hanya mengambil uang saya saja(morotin/matre) , padahal dia tidak begitu, saya rasa dia tidak matre.
    lha yang ingin saya tanyakan bagaimana saya bisa mengambil hati orang tua saya agar mereka mau merima pasangan saya? atai kasih tips atau triknyankarena saya sudah serius dengan dia.

    @Brian : Thanks sebelumnya nih udah mau curcol disini. Menurut saya, karena faktor umur yang relatif masih harus melihat jauh ke depan, jalanin aja dulu. Biarin aja dulu kaya air yang mengalir, secara perlahan kamu bakalan rasain sendiri apakah hubungan tersebut harus dipertahankan hingga ke jenjang selanjutnya. Direstui atau tidak itu adalah hal biasa, soalnya yang namanya ortu pasti menginginkan hal yang terbaik buat anaknya.
    So, jangan keburu-buru berfikir jauh ke depan. Meskipun harus backstreet (hubungan diam-diam), tapi kalau tiba waktunya dan kamu merasa yakin bahwa doi adalah yang terbaik, silahkan cari waktu yang tepat untuk membicarakannya sama ortu kamu.
    Semoga membantu ya :)

  25. haruka says:

    gan aku cew 22 thun, aku mash kuliah. aku udah pacaran 4 tahun. aku dan pcar ku berencana untuk lanjut ke pernikahan. kami ga mau ribet untk nikah dgn acara yg mewah2. ckup simple,tp berkesan dan sah. aku sudah kenal dekat dgn keluarganya,& mreka stuju. pcarku kenal dgn keluarga ku, & aku jg bawa kerumah.
    tp,sampai saat ini aku blum bisa ngomong k org tua kalw kami pcaran n pgen srius. krna dr kcil aq intovert,smpai skrg. aq org minang n pcarku jogja.
    pcar q brtnya bgaima?
    gmn caranya aku terbuka dgn ortu?

    @Haruka : Menikah itu niat yang mulia. Kalau budget nggak sanggup ya yang penting menikah secara agama saja menurut ane sudah cukup. Tapi bagaimana dengan option dari orang tua ente? Pastinya mereka punya beberapa option mengenai pernikahan kalian. Misalnya pengen pesta, atau acara gono gini.
    So, sebaiknya kalau ada masalah mengenai hal tersebut bicarakan berdua dulu sama pasangan. Setelah itu baru tanya pendapat orang tua & musyawarahkan hal tersebut. Ente jangan main ambil alih mengenai prosedur pernikahan, karena berdasarkan pengalaman ane bahwa untuk memulai sebuah rencana pernikahan adalah yang lebih afdol peran orang tua.
    Masalah introvert, baik atau buruknya coba deh agan pelajari apa yang menjadi kekurangan. Nggak usah minder, pelan-pelan aja di rubah dengan cara mencari teman-teman baru, atau berkumpul bersama teman-teman yang kira2 menurut agan sesuai / cocok.
    Semoga membantu :)

Leave a Reply

Current day month ye@r *