127
  • Facebook
  • Twitter
  • Delicious
  • LinkedIn
  • StumbleUpon
  • Add to favorites
  • Email
  • RSS

Bagaimana seandainya jika saya ingin mengaktifkan email Yahoo saya yang telah mati/non aktif? Jika anda memiliki pertanyaan seperti itu, atau mungkin kebetulan anda ingin mengaktifkan kembali account email Yahoo anda karena suatu keperluan, caranya cukup sederhana. Postingan cara reaktivasi email Yahoo ini berawal karena saya lupa password untuk log in ke account Blogger saya, agar saya bisa log in ke istri pertama blogspot pertama yang saya buat beberapa tahun lalu. Maka solusinya saya harus mengaktifkan email tersebut agar bisa melakukan reset password. Dengan harap-harap cemas sayapun mencoba mengaktifkan account Yahoo saya sambil memohon melalui halaman bantuan Yahoo agar alamat email saya yang mati tersebut bisa aktif kembali.

Untuk cara mengaktifkan email yang sudah tidak aktif di Yahoo, anda hanya perlu mengisi form pada halaman bantuan yang tersedia di yahoo. Atau untuk mempermudah, anda bisa langsung menuju ke sini. Tapi yang perlu diketahui adalah, halama bantuan tersebut bukan hanya untuk mengaktifkan kembali account anda. Tapi juga bisa untuk lupa password, pertanyaan keamanan, permasalahan log in, account anda di hack/sabotase oleh orang lain, dsb.

Kalau anda memiliki permasalahan pada account Yahoo mail anda dan pada halaman bantuan anda tidak menemukan solusinya, silahkan gunakan form tersebut. Karena pihak Yahoo akan merespon saran/keluhan anda dalam waktu 1×24 jam.

Dan jika memang email Yahoo anda telah aktif kembali, jangan lupa untuk check email atau sekedar log in yah. Karena salah satu penyebab account Yahoo mail anda tidak aktif lagi di Yahoo adalah anda tidak pernah log in ke account Yahoo anda selama empat bulan.

NB : Setelah proses reaktivasi email yahoo anda, semua email masuk, folder, preferensi dan lampiran tidak dapat kembali/dipulihkan (terhapus).

Tambahan : Banyaknya pertanyaan yang berhubungan dengan cara mengaktifkan account Yahoo, berikut saya tambahkan link Layanan bantuan Yahoo. Semoga membantu.

Update [06/01/2014] :

Banyaknya pertanyaan yang berhubungan dengan hal ini membuat saya penasaran untuk mencobanya kembali. Karena kebetulan saat ini saya juga memiliki 1 account Yahoo yang sudah di non aktifkan alias di hapus. Ternyata, sekarang sudah tidak bisa. Adanya perubahan kebijakan yang dilakukan oleh pihak Yahoo mungkin mengharuskan anda merelakan account Yahoo anda hilang dan menggantinya dengan yang baru.

Account Yahoo tidak bisa di pulihkan

Setelah saya terus mencoba dengan cara yang pernah saya lakukan sewaktu mengaktifkan account Yahoo saya, tetap nggak berhasil. So.. Finally.. bikin account baru :(

Account Yahoo tetap tidak bisa di pulihkan

Kesimpulannya, cara yang saya tulis di atas sudah tidak relevan, sudah tidak bisa digunakan lagi sebagai solusi, dan anda harus membuat account Yahoo yang baru.

Share and Enjoy

127 Comments

  1. Enggar says:

    Thanks ya kk..saya mau tanya,klo sudah mengisi formulir tersebut,akan ada tulisan sukses nya gk?

    @ Enggar : Nggak ada tulisan sukses/nggaknya, tapi nanti kamu akan diberikan informasi bahwa permintaan kamu disetujui atau tidak ke email utama / email alternatif yang kamu pakai.
    Semoga membantu ya :-)

  2. Gunawan says:

    terima kasih mas,, moga2 email yahoo saya bisa kembali aktif

  3. elman says:

    Email saya sudah tidak dapat di akses lagi saya mohon petunjuk

  4. Raden says:

    Many thanks to Mr.Andy Febrian to help solving my account problem @Y.Mail

  5. jambe rambe says:

    email nya ga bs buka ,sm d fb nya jg,.minta saran nya mksi.

  6. manase says:

    bos kok gak bisa di aktifkan kembali email saya??
    tolong bantuinlah gan
    email:manase_pasca@yahoo.com

    @ Manase : Coba aja cara saya di atas Mas. Saya udah mati kok emailnya, tapi dengan cara di atas alhamdulillah bisa aktif lagi.
    Semoga membantu

  7. Arman says:

    makasihhh kk udd ngebantu bgetz dwechh:)..
    ntar klo di tanggapi di kriimind e-mail saya hrus gmna kk ???

    @Arman : Biarin aja, itu kan cuma email konfirmasi bahwa mail kamu sudah di aktifkan kembali.

  8. ferdi says:

    thans gan emain gw bisa kebuka lagi

  9. Adi yulianto says:

    Kenapa setiap logn in di hp selalu ada pemberi tahuan “sulit logn in mohon maaf, silahkan logn in dgn desktop kemudian coba dgn mobile”

    @Adi : Yahoo mail menurut saya itu salah satu kelemahannya, untuk YM lewat smartphone-pun juga kaya bgitu. Ntar deh kalo saya udah dapat caranya saya kasih tau. Mohon maaf ya belum bisa kasih solusinya :-)

  10. fredy says:

    lupa kata sandi email saya

  11. anjar febrian says:

    terima kasih atas semua saran nya dan saya berharap agar acc email saya dapat secepatnya aktiv !!!

  12. Violeta says:

    saya tidak bisa mengaktifkan akun yahoo

  13. suyitno says:

    kenapa email saya tidak bisa dibuka

  14. pristdian says:

    ass,kak oya… yang kita masukin alamat alternative akun yang akan kita aktikan kembali atau akun yang lain….

    @Pristdian : Alamat alternative account itu maksudnya alternatif email kamu kalau seandainya ada apa2. Jadi terserah, kamu mau isi atau tidak.
    Semoga membantu :)

  15. ramadan says:

    saya tidak bsa mengaktifkan yahoo saya mas

    @Ramadan : Coba aja cara di atas. Saya bisa aktif lagi kok dengan cara di atas :)

  16. shamania says:

    ass, kk boleh minta tolong aktifkan email saya.
    terimakasih ya kk

    @Shamania : Saya nggak bisa ngaktifin email kamu, coba aja cara di atas.
    Semoga membantu :-)

  17. dhe wawan says:

    maaf bang bsa tolong sya gx?
    sya gx bsa masuk k email yahoo saya : dhe.hamdan@yahoo.com . malah tampil bacaan (gunakan ID atau kata sandi tidak valid.
    Cobalah lagi dengan menggunakan ID Yahoo! Anda yang lengkap.)

    gmn tuh bang?
    mhon saran nya ya bang,,makasih sblm nya :)
    saya tunggu ya bang.. :D

    @Dhe Wawan : Itu artinya mungkin kata sandi / ID kamu nggak cocok. Bisa jadi ada kesalahan alamat email atau password-nya. Coba aja bikin pengajuan ke form yang ada di postingan atas.
    Semoga membantu ya.

  18. vania says:

    gimana bang caranya untuk mengetahui email seseorang sebab aku mau kirim ke emailnya tapi kagak tau emailnya

    @Vania : Gampang itu sih, caranya gini.. Ambil HP kamu, trus kirim sms ke dia dengan format, “Email kamu apa sih..?”. Hehe.., gampang kan?!
    Sorry just kidding, saya belum tahu caranya mengetahui email orang secara tanpa informasi dari orang tersebut.
    Semoga membantu :)

  19. dhe wawan says:

    oooohhh….
    ok bang,,thanks ya..

  20. Agrin says:

    Saya sudah benar benar lupa kk plis bantuuuu

  21. hanifah says:

    CAPTCHA yang anda masukkan tidak cocok, “maksudnya????”

    @Hanifah : CAPTCHA merupakan sebuah verifikasi untuk menandakan bahwa anda adalah manusia. Jadi maksudnya, ketika anda selesai mengisi form, dan kemudian ingin mensubmitnya, maka anda harus mengisi CAPTCHA yang tersedia (biasanya berisi huruf / angka) pada kolom CAPTCHA. jadi, silahkan isi CAPTCHA yang tersedia sesuai dengan gambar yang ada.
    Semoga membantu :)

  22. betty says:

    makasih banget, emailku udah aktif lagi.
    mantap surantap!

    @Betty : Asikk, selamat ya sist,, :)

  23. sucipto says:

    saya mau tanya,setiap kali saya menulis huruf pertama alamat email saya ketika mau sign in(Misalnya email saya kan pejuangsejati,baru saya menulis huruf p…di bawahnya banyak muncul nama2 email yang pernah sing in di komputer saya.
    yang saya mau tanyakan adalah…bagaimana agar ketika sasa menulis huruf pertama itu tidak muncul lagi nama2 email lain yang pernah sign in.terima kasih……….

    @Sucipto : Itu artinya ada yang pernah menggunakan (login) email dari komputer yang anda gunakan. Caranya supaya tidak timbul lagi tinggal ‘clear history’. Untuk mereset history, klik setting pada halaman web browser yang anda gunakan, kemudian klik history, lalu clear all browsing data. Tergantung web browser apa yang anda gunakan, karena setiap web browser tampilannya ada sedikit perbedaan.
    Semoga membantu :)

  24. leo says:

    kalo email saya uda lama gk di buka, pas di buka gk bisa, kenapa ya

    @Leo : Kalo sudah kelamaan nggak login, sudah di non aktifkan account-nya biasanya tuh Mas.

  25. Surtiyo says:

    Terima kasih sebelumnya. Kasus saya sama tidak bisa masuk email padahal sandi sudah merasa betul karena saya catat di HP. Formulir sudah saya isi namun belum dibalas di email alternatif. Kira-kira apa ya jawabannya? Dan setelah itu ngapain lagi?

    @Surtiyo : Kasus yang anda alami pernah juga saya alami, tapi saya tidak seperti itu. Karena ketika saya memasukkan alternate email, notifikasinya masuk kok ke email alternatif saya. Coba di cek lagi, apakah email alternatif yang anda masukkan itu betul, atau mungkin ada kesalahan penulisan (seperti kurang satu huruf, menggunakan huruf capital, dsb).
    Semoga membantu :)

  26. sutikno says:

    bos bantu aku gak bisa buka email ku toloooooong

  27. irvan wahyu says:

    mas,saat mengisi formnya.,saya tidak ingat bagian” pertanyaan,dan informasi tambahannya,trus apa yg harus saya lakukan..soalnya akun twitter meminta mereset password dan mengirimnya kealamat akun yahoo itu.

  28. irvan wahyu says:

    email tidak valid mas

  29. Elisa says:

    Mas saya mau nanya, saya punya tiga twitter tapi pake satu email tapi engga pake cara yang di atas. saya baru tau dari temen saya kalo itu ternyata harusnya gak bisa tapi saya bisa, saya juga bingung kok bisa. 3 akun semua aktif. Akun A saya bikin tahun 2009, B tahun 2011, C tahun 2012.
    akun A,B,C tiga minggu yang lalu oke oke aja semua bisa dibuka langsung (pake via yang berbeda misal, Twitter.com, writelonger.com dan addictweet.com). sekarang tiba-tiba akun B gak bisa dibuka. Pdahal akun yang sebenarnya milik saya yang paling sering saya pake ya akun B bukan A dan C yang cuma saya pake untuk main-main. Saya udah coba “forgot password” tapi waktu buka email saya yang ada malah notifikasi dari akun twitter C saya. Akun twitter C saya sudah saya deactivekan dan saya coba “forgot password” lagi. hasilnya katanya tunggu beberapa hari.
    Mas tau ga cara supaya akun B saya bisa dibuka lagi?:(
    Untungnya saya engga sign out dari twitter B saya di hp (via writelonger.com). Tolong ya mas:) makasih.

  30. agnes says:

    kalo nggak ingat pertanyaan dan jawabannya gimana caranya?

    @Agnes : Walah, saya kurang tahu juga tuh. Soalnya kan itu yang paling syarat utamanya untuk mengaktifkan email-nya kembali. Coba di ingat-ingat lagi mbak, siapa tahu aja ingat :)

  31. ramadhan says:

    Mas Saya mau tanya, saya tidak pernah log in ke yahoo selama 6 tahun tetapi saya sering sekali buka facebook, apakah e-mail yahoo saya akan mati apa tidak.
    Tolong bantuannya Mas untuk masalah ini dan sebelumnya terima kasih banyak.

    @Ramadhan : Setahu saya account FB anda tetap aktif sekalipun email anda sudah tidak aktif lagi. Saran saya, di update aja email anda yang baru di settingan FBnya, siapa tahu besok-besok kalau ada masalah pada FB anda kan nggak repot.
    Semoga membantu :)

  32. Iwan says:

    Emailnya tetap tdk bisa terbuka,krna slalu minta confirmasi data sprti baru pembuatan awal dan itu sdh lama bnget/lupa.
    adakah cara yg Lainnya untuk bisa mengembalikan E-mail saya tanpa harus menebak-nebak lgi pertanyaan yg saya sdh Lupa dgn Jawabannya.
    mksih………

    @Iwan : Setahu saya pertanyaan rahasia itu yang paling penting, kemudian alternate email (email alternatif) yang anda masukkan ketika membuat email Yahoo tersebut.
    Semoga membantu :)

  33. rank says:

    apa bener nih min,,,? saya coba dulu dlm waktu 24 jam ini, kalau berhasil thank to admin :)

  34. reci says:

    bener2 ga bisa inget jawaban pertanyaannya. Solusi yang lain ada ga min??terima kasih.

  35. arif says:

    Gan, mau tanya..saya tidak bisa buka email saya lagi. Tiap login selalu d tanyain pertanyaan.. saya lupa jawabanya yg dl q isi. Padahal paswordq tetap gpernah berubah..cm gara2 gbs jawab
    Pertanyaan itu 1/2 gbisa buka email saya

  36. ernestyn ferrari says:

    benar2 saya tidak bisa mengaktifkan account saya selama ini maka saya minta tolonnnng dong…..bisa kh mengaktifkan account saya yang tidak bisa di buka,,,,,? tolong jawabannya….makasih..

  37. christian says:

    tolong bukain email saya donk…
    lupa password dan pertanyaan keamanan nya
    thanks b4…

  38. inti astuti says:

    untuk crew or staff yahoo,, saya ingin dibukakan email yahoo saya, yg lupa password’a coz semua data penting didalam’a…

  39. Ridho Tawaka says:

    Reaktivitas account saya sukses, semoga 24 jam kedepan udah bisa di aktifkan lagi. Terima Kasih atas informasinya.

  40. intania says:

    kk,saya kan pnya email yahoo lama,namun fb’na sudah d’nonaktifkan ama hacker.
    stlah saya liat email yahoo’na msih bisa trbuka.krn saya ingat 2 pertanyaan’na tu,
    tp stlh mo ganti sandi’na kok lemah trus,n kga bisa d_verivikasi.
    n pertanyaan’na.
    apakah saya msih bisa memiliki akun fb saya,setelah saya tau email yahoo saya. n bgmn cara’na n gmn cara ganti kata sandi’na tsb klo jwbn’na selalu kekuatan sandi lemah
    terima kasih

  41. Richard Tan says:

    mas kalo id pass yg lama sudah ketemu tp message yg lama pada hilank.Gmana buat mulihin itu message na…
    maksud nya biar pada nongol

    @Richard : Setahu saya emang begitu Mas, karena ketika account kita diaktifkan kembali, semua inbox yang lama hilang.
    Semoga membantu

  42. Aira says:

    Langkah2 nya kaya gimana itu?? Kan kolom prtma account yahoo trus kolom kedua kita plih apa? Dan kolom ketiga kita pilih apa? Trma kasih sblum nya :)

  43. haru says:

    klo pada saat konfirmasi.. email ny ga bsa ditemukan.. padahal saat pencarian facebook.. email nya masih digunakan diakun tersebut.. gmn donk??? tlg bantu..

  44. adven says:

    gan,akun ane gax bisa ke buka nii..
    yahoo nya bilang “Akun Yahoo! sudah tidak aktif untuk waktu yang lama dan sedang didaur ulang. Jika Anda perlu akun baru, silakan daftar akun baru.”

    @Adven : Kalo gitu artinya ya account agan udah gak aktif lagi. Coba aja cara ane di atas gan.

  45. adven says:

    kok gax bisa ya gan???

    @Adven : Waduh, kalau nggak juga bisa saya juga nggak tahu nih gan. Tapi waktu ane coba ngaktifin account ane yg udah nggak aktif pake cara-cara di atas. Yang terpenting adalah Security question / pertanyaan rahasia-nya gan. Kita harus ingat, karena bakalan ada 2 pertanyaan rahasia di finishing-nya :)

  46. sartika says:

    email saya udh setaun gk dibuka,pas saya mau buka lagi ternyata udh gak aktif..saya udhcobain cara diatas tapi gk berhasil :(
    trus saya ikutin step by step dat2 yg diminta ama si yahoo,kayak email,password,captcha dll.udah itu malah ada tulisan “Your Yahoo! account has been de-activated”.saya coba cari tombol”aktifkan kembali email saya” tapi kok gak ada ya..pliss bantuin dong kak :(

    @Sartika : Security question / Pertanyaan rahasianya gimana? Ingat kan? Kalau ingat rasanya nggak masalah kok. Soalnya saya ngelakuinnya fine-fine aja & bisa aktif lagi :)

  47. v says:

    kalau sewaktu login ada tulisan Akun Yahoo! sudah tidak aktif untuk waktu yang lama dan sedang didaur ulang. Jika Anda perlu akun baru, silakan daftar akun baru. terus mau pake cara di atas langkah-langkah pengisian kolom memilih produk,versi dll harus diisi yang mana? thanks

  48. lala says:

    mas, saya sudah coba tapi kok ga ada tulisan Aktifkan Kembali di bagian bawah halaman?

    @Lala : Coba Pilih kategori Password dan Sign in Mbak.

  49. nanda says:

    Akun Yahoo! sudah tidak aktif untuk waktu yang lama dan sedang didaur ulang. Jika Anda perlu akun baru, silakan daftar akun baru.pliss mas

  50. mira says:

    gan mau nanya,akun email gue kan mati kan dipilihan nya ada sub-katogori itu milih apa untuk akun email yg mati?

Leave a Reply

Current ye@r *