0

Email merupakan salah satu media untuk menerima ataupun mengirim pesan, dokumen ataupun data-data yang mungkin bagi kamu adalah penting. Karena hal tersebut, sebaiknya kamu memberikan proteksi yang ekstra pada email kamu agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Misalnya, kamu nggak mau kan foto-foto mesra sama selingkuhan kamu berhasil diketahui dan disebarluaskan oleh pencuri :mrgreen:  Hehe, nggak lah yaa. Tapi pastinya jika kamu merasa memiliki data yang sangat penting, kamu pasti akan berusaha untuk menjaga data-data atau file tersebut.

Kalau beberapa waktu lalu saya post tentang cara memulihkan email Yahoo, sedangkan postingan kali ini terinspirasi karena salah satu account Gmail saya yang beberapa hari lalu ada pencuri yang ingin mengambil alih account Gmail saya. Saya pun ingin sedikit berbagi buat kamu yang ingin memberikan pengamanan ekstra terhadap account Gmail kamu dengan cara menghidupkan sms verifikasi melalui sms/pesan suara melalui hp kamu. Dengan mengaktifkan 2-Step Password Verification pada account Gmail, setidaknya kamu telah meminimalisir account Gmail kamu agar tidak dimasuki oleh pencuri.

So, berikut langkah-langkah untuk menghidupkan 2-Step Verification account Gmail :

1. Pertama-tama, pastinya silahkan login dulu ke Gmail kamu. Setelah itu, cari dan klik menu ‘account’ lalu kamu akan menuju ke halaman 2-Steps verification. Silahkan klik ‘Start setup’. Silahkan masukkan no hp kamu. Pilih ‘Get a code in a text message’ kalau kamu menginginkan verfikasi dari sms, atau pilih ‘Get a code with a voice call’ jika menginginkan verifikasinya menggunakan pesan suara. Setelah kamu pilih, lalu klik ‘Send phone code’.

2. Tunggu beberapa saat hingga menerima sms dari Google, dan masukkan kode verifikasi yang tertera pada sms. Silahkan ‘Next’.

3. Pada langkah ke tiga, anda akan menuju ke halaman ‘Make this a trusted computer?’. Ini bermaksud untuk memastikan apakah computer yang kamu gunakan (ketika login keg mail) benar-benar dapat dipercaya. Jika kamu menggunakan komputer umum, jangan di centang option ‘trust this computer’. Tapi jika kamu menggunakan computer pribadi, silahkan di centang untuk memverifikasi komputer kamu selama tenggat waktu 30 hari ke depan. Setelah kamu tentukan, silahkan klik ‘Next’

4. Kemudian langkah terakhir, silahkan klik ‘TURN ON 2-STEP VERIFICATION’. Taa daa.., finish dehh!

Untuk memastikan apakah 2-Step Verification Gmail kamu sudah aktif, silahkan kamu coba login lagi, dan perhatikan apakah terdapat ‘Setup complete. 2-Step verification has been turned on turned on for this account’? Kalau ada, itu tandanya kamu berhasil mengaktifkan security sms untuk account Gmail kamu.

Okay, mungkin ini bisa menjadi satu tips atau cara memberikan pengamanan ekstra pada account Gmail. Kalau Google sendiri merekomendasikan untuk menggunakan feature ini, kenapa enggak digunakan?

NB : Sedangkan cara mematikan 2-Step verification account Gmail kamu, silahkan menuju ke Account >> Edit 2-Step verification >> klik Turn off 2-step verification.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Delicious
  • LinkedIn
  • StumbleUpon
  • Add to favorites
  • Email
  • RSS

Leave a Reply

Current day month ye@r *