3
  • Facebook
  • Twitter
  • Delicious
  • LinkedIn
  • StumbleUpon
  • Add to favorites
  • Email
  • RSS

duluan mana, ayam atau telur

Duluan mana, Ayam atau Telur?!?”. Tebak-tebakan klasik yang mungkin sering banget kita dengar ini, berdasarkan penelitian para ilmuwan dari tim Universitas Sheffield & Warwick – Inggris, ternyata sudah ada jawabannya. Jawabannya yaitu AYAM. Penjelasan mereka tentang penelitian serta teka teki duluan ayam atau telur ini karena anggapan masyarakan yang telah menganganggap remeh ayam. Sadarkah anda, ketika anda sedang memecahkan cangkang telur untuk anda konsumsi, sebenarnya anda sedang melihat salah satu material yang termasuk ke dalam golongan luar biasa di dunia.

Para peneliti tersebut menelusuri bagaimana telur terbentuk dengan melihat prosesnya secara mikroskopis. Dan untuk mengetahuinya, yang dicari adalah tentang resep yang digunakan ayam untuk membuat cangkang telur. Dengan bantuan komputer canggih, para ilmuwan tersebut mengamatinya selama berminggu-minggu, namun ayam dapat menyusun cangkang telur itu hanya dalam waktu semalam.

Meskipun bobot telur sangat ringan, tetapi cangkang telur memiliki kekuatan yang sangat luar biasa. Manusia tidak mampu untuk membuat material seperti itu, bahkan yang mendekatinya.

Back to topic! Hasilnya adalah, para peneliti menemukan protein khusus pada ayam, dan protein tersebut yang menyusun dan membuat bagian cangkang mikroskopis hingga membentuk cangkang telur. Tanpa adanya protein tersebut, telur tidak mungkin terbentuk. Dan uniknya, protein tersebut ditemukan hanya di rahim ayam. Maka dari itu peneliti menyimpulkan, bahwa ayam duluan baru telur.

Kemudian pertanyaan lain yang timbul adalah, dari mana asal telur?!?

Beberapa teori mengatakan, nenek moyang ayam menciptakan telur pada zaman dinosaurus.

Believe or not, yang jelas penemuan teka teki klasik ini melalui vivanews adalah berdasarkan proses penelitian lho. So, kalau ada yang bertanya, “Duluan mana Ayam atau telur?!”, jawabannya adalah “Duluan ayam!!”.

Tapi, kalau pertanyaannya “Duluan mana telur atau ayam?!?”, jawabannya tidak akan pernah berubah sepanjang masa. Yaitu, “Duluan TELUR”. Kenapa hayoo..?? Nggak perlu dijelasin deh ya.. :-)

Share and Enjoy

3 Comments

  1. Logan says:

    Boleh jawab ya… Sebenarnya jawaban tergantung 3 kondisi…
    1. Secara Ilmiah
    = Ayam : udah dijelasin diatas…

    2. Secara reproduksi (mirip ilmiah tp sdikit beda alasan)
    = Ayam : kalo dijawab telur belum tentu menetas ayam, bisa jadi itu telur buaya ataw kura2 karena yang bisa bertelur ga cuma ayam…

    3. Secara Penyebut (pertanyaan “telur ataw ayam” / “ayam ataw telur”)
    = Bisa telur bisa ayam, tergantung mana yang disebut duluan…

  2. irawan says:

    ya telor duluan lah…tanya kenapa?kalo mau lebih jelas info saya ya

Leave a Reply

Current ye@r *