0
  • Facebook
  • Twitter
  • Delicious
  • LinkedIn
  • StumbleUpon
  • Add to favorites
  • Email
  • RSS

Tertawalah, maka anda akan merasakan sebuah kenyamanan dan keadaan yang lebih baik dari sebelumnya. Atau, tertawalah sebelum tertawa itu dilarang. Masih banyak ungkapan yang sudah sering kita dengar untuk mempersepsikan bahwa ‘tertawa’ itu sebenarnya memiliki sejumlah manfaat serta kelebihan yang dapat membantu kita untuk merubah keadaan (mood) menjadi lebih baik.

Berikut adalah beberapa manfaat tertawa dari bagi kesehatan :

- Tertawa yang sehat adalah tertawa yang diiringi dengan perasaan gembira dan sepenuh hati. Namun tahukah anda, bahwa ketika sedang tertawa, otot-otot yang berada di sekitar wajah menjadi terstimulasi sehingga secara tidak langsung anda telah melakukan senam muka/wajah, yang bermanfaat untuk mengendurkan otot-otot yang tegang di wajah.

Manfaat tertawa bagi kesehatan- Ketika anda tertawa, sebenarnya anda telah melepaskan energi positif yang menstimulasi otak untuk melepaskan pemikiran-prmikiran negatif ataupun depresi yang dialami oleh tubuh. Karena dengan menurunnya tingkat depresi dalam tubuh, maka sistim kekebalan tubuh otomatis akan meningkat yang bermanfaat untuk membuat tubuh terasa lebih segar dan sehat.

- Tertawa dipercaya untuk membantu proses penyembuhan terhadap suatu penyakit yang diderita. Karena dengan tertawa yang normal, maka peredaran darah dalam tubuh akan menjadi lebih lancar, kadar oksiden dalam tubuh meningkat, serta menormalkan tekanan darah dalam tubuh.

- Saat tertawa, tubuh akan menghasilkan hormon endorphine yang memberikan rasa nyaman bagi tubuh, atau sebagai penenang alami. Kemudian, tertawa juga dapat meredakan stres dan awet muda.

Nah, gimana? Meskipun kesannya tertawa itu adalah hal yang sepele, namun manfaatnya sangat berkontribusi juga bagi kesehatan. Bahkan sebagai tambahan, dalam kondisi tertentu, selain tertawa dapat membuat anda lebih segar dan nyaman, tertawa juga bisa membuat orang lain menjadi bahagia, ya minimal ibadah lah.. ;-) Tapi perlu di ingat, jangan sering-sering ketawa sendiri ya :mrgreen:

Sudahkah anda tertawa hari ini?!?

Share and Enjoy

Leave a Reply

Current ye@r *