3
  • Facebook
  • Twitter
  • Delicious
  • LinkedIn
  • StumbleUpon
  • Add to favorites
  • Email
  • RSS

Sleep ParalysisPernahkah anda merasa tubuh anda tidak bisa digerakkan juga disertai mimpi buruk karena dalam mimpi anda melihat sosok makhluk halus yang mengerikan? Jika pernah, berarti kita sama. Meskipun sekarang frekuensinya sudah agak berkurang, tapi beberapa tahun kebelakang saya seringkali mengalami hal ini. Ketika saya hendak tidur, saya merasa roh saya keluar dan mengalami atau melihat sesuatu yang menakutkan sedang menindih atau ingin menganiaya diri saya. Dan ketika itu, justru seluruh tubuh saya tidak bisa digerakkan sama sekali. Seringkali saya melakukan perlawanan dengan doa-doa sambil berusaha keras untuk menggerakkan anggota tubuh saya, namun hasilnya nihil.

Berdasarkan ilmu medis, ternyata keadaan itu dinamakan dengan sleep paralysis. Atau dalam bahasa sederhananya Sleep Paralysis adalah keadaan dimana ketika seseorang akan tidur dan merasa terbangun namun dada terasa sesak, dicekik, sulit bergerak, bahkan bersuara atau berteriak. Seolah badan mengalami kelumpuhan secara total. Sekali lagi, itu adalah Sleep Paralysis.

Sleep Paralysis ini bisa terjadi pada siapa saja, dan usia rata-rata yang mengalami hal ini adalah dari 12 s/d 17 tahun. Keadaan Sleep Paralysis ini terjadi dalam hitungan detik ataupun menit. Dan uniknya, ketika seseorang mengalami keadaan ini, ia merasa dirinya seolah berada dalam alam halusinasi, seperti melihat bayangan atau sosok yang menakutkan. Hingga tidak heran kita sering menyebutkan dengan ditindih makhluk halus. Apalagi mengingat kebudayaan sebagian masyarakat negeri kita yang percaya terhadap hal mistis, membuat Sleep Paralysis ini disebabkan karena gangguan atau ancaman dari makhluk halus terhadap diri kita. Tapi kesamaan dengan negara-negara lainnya terhadap hal ini menurut saya juga perlu di garis bawahi, karena seperti mitos tentang Sleep Paralysis di berbagai negara seperti yang saya dapatkan dari beberapa sumber :

- Di Cina, budaya ini disebut Gui Ya Shen, alias gangguan yang disebabkan oleh hantu yang menekan atau menindih tubuh seseorang.

- Di Kamboja, Laos dan Vietnam. Budaya ini disebut dengan istila Pee umm, dimana suatu kejadian ketika seseorang hendak tidur dan bermimpi melihat sosok makhluk halus sedang memegangi, menahan, atau menindih tubuh orang agar tetap tinggal di alam mereka.

- Di Islandia, disebut dengan Mara. Mara adalah kata kuno yang berasal dari Islandia, yang memiliki arti makhluk halus sedang duduk di atas dada seseorang pada malam hari dan berusaha membuat orang tersebut sesak nafas hingga mati.

- Di Meksiko, budaya ini disebut dengan Se me subio el muerto. Yang dipercaya sebagai kejadian adanya arwah orang yang telah meninggal menempel atau ikut pada seseorang.

- Di Afro-Amerika, Sleep Paralysis ini disebut dengan istilah The devil riding your back, yang memiliki makna hantu yang sedang menaiki bahu seseorang.

- Di Vietnam di sebut Ma de, atau dikuasai oleh setan. Banyak orang Vietnam yang percaya bahwa Sleep Paralysis ini disebabkan karena makhluk halus yang telah merasuki tubuh seseorang.

- Di negara Malta, gangguan ini disebut karena serangan dari Haddiela (istri Hares), dewa bangsa Malta yang menghantui orang dengan cara merasuki orang tersebut, dan untuk agar terhindar dari serangan Haddiela, seseorang harus meletakkan benda, perak, atau sebuah pisau di bawah bantal saat tidur.

- Di Jepang hal ini disebut dengan Kanashibari. Secara literatur diartikan mengikat, yang secara umumnya seseorang telah di ikat oleh makhluk halus.

- Di negara Turki di sebut dengan Karabasan. Yang dipercaya sebagai sosok makhluk yang menyerang orang di kala tidur, menekan dada, yang kemudian mengambil nafas orang tersebut.

- Di New Guinea, Sleep Paralysis ini diistilahkan dengan Suk Nimyo. Dimana yang artinya adalah pohon keramat yang akan memakan roh manusia pada malam hari agar tidak mengganggu manusia di siang hari.

- Di Kota Padang, Sumatera Barat, istilah ini sering disebut dengan Hantu Lapiak (hantu tikar). Dimana seseorang telah diganggu oleh penunggu ruangan atau tempat tidur yang sedang menghuni tempat yang sedang ditiduri oleh seseorang. Halah, poin terakhir ini sebagai tambahan wawasan dari saya saja :mrgreen:

Yah, itulah. Selain dari Dejavu mungkin ada sebagian yang percaya nggak percaya, selain kita sering merasa terganggu dan kurang nyaman ketika terjadi Sleep Paralysis, namun itulah misteri di balik fenomena tindihan yang disertai mimpi buruk ketika tidur.

Share and Enjoy

3 Comments

  1. Kizzy says:

    Q jg sering ngalamin itu (sleep paralylis).bahkan dalam 1 mlam bs lebih dari 2 kali.

    @Kizzy : Coba deh ganti2 posisi tidurnya. Kalo kamu udah merasa dapat posisi tidur yg enak (hingga sleep paralysis-nya berkurang) untuk sekedar berusaha mengurangi frekuensi sleep paralysis kamu itu. Karena kalau yang saya sering alami terhadap sleep paralysis ini, ternyata posisi tidur itu sangat berpengaruh juga lho.
    Semoga membantu :-)

  2. veranike says:

    Apakah sleep paralysis bisa menyebabkan kematian?

  3. tyno says:

    Saya hampir setiap malam. padahal saya masih dalam keadaan sadar, belum tidur. Dan bisa malihat sekeliling walaupun mata cuman bisa dibuka sedikit dan ngelihat sesosok putih seperti gas setinggi pintu . Ini terjadi sejak saya masih kelas 5 sd. Kalo nganti posisi tidur nggak ngaruh, saya masih gitu lagi.. Tapi sekarang udah hilang kayaknya, soalnya kalo tidur sambil ndengarin lagu pake headset… Hehe..

Leave a Reply

Current day month ye@r *