6
  • Facebook
  • Twitter
  • Delicious
  • LinkedIn
  • StumbleUpon
  • Add to favorites
  • Email
  • RSS

Uang bukanlah segalanya, tapi kita tidak bisa memungkiri bahwa uang juga termasuk ke dalam salah satu media yang dapat mempertahankan hidup kita. Jika dilihat secara personal, anggapan ini mungkin belum tentu benar. Secara umumnya kita bisa melihat bahwa orang-orang yang mencari uang adalah sebuah usaha untuk mempertahankan kehidupannya, dan orang yang bekerja, belum tentu untuk mencari uang. Tapi bagi anda yang berstatus pelajar/mahasiswa dan ingin mencoba ingin mandiri, dalam hal finansial tentunya. Tentu anda juga akan berusaha mencari uang untuk dapat memenuhi kebutuhan, karena itu adalah salah satu solusi untuk memenuhi kebutuhan anda.

Keputusan untuk kerja sambil kuliah atau sekolah sebenarnya memiliki resiko, tapi tingkat resiko tersebut pasti berbeda-beda berdasarkan pekerjaan yang anda geluti. Setidaknya, anda terkadang merasa kesulitan dalam mengatur waktu antara kuliah dan kerja, apalagi jika pekerjaan tersebut bersifat terikat, anda akan sering dihadapkan oleh kendala-kendala. Salah satunya seperti jadwal kerja bentrok dengan jadwal kuliah. Atau kelelahan, karena stamina anda telah terkuras ketika bekerja. Tapi, jika anda bekerja tanpa keterikatan (freelance) atau dengan sistim shift, setidaknya anda bisa meminimalkan resiko tersebut dengan cara mengatur antara jadwal kerja dengan jadwal kuliah.

Resiko lain yang biasanya terjadi ketika sekolah/kuliah sambil bekerja adalah dapat menyebabkan anda justru menjadi malas sekolah/kuliah. Mungkin ada sebagian orang yang tidak bersikap seperti ini, tapi melihat fenomena-nya, rata-rata memang seperti itu kenyataannya. Ilustrasinya, ketika anda sudah bisa menghasilkan uang, maka anda akan asyik dengan pekerjaan anda tersebut (karena anda sudah memiliki penghasilan), kemudian akan menyebabkan anda menjadi kurang fokus terhadap sekolah/kuliah anda.

Hal-hal tersebut adalah beberapa resiko yang biasanya sering terjadi. Namun keuntungan dari sekolah sambil bekerja adalah, anda akan mendapatkan banyak pengalaman yang bisa dijadikan pedoman atau gambaran untuk kedepannya. Minimal anda dapat mengerti serta memahami bahwa “Cari uang itu susah”. Kalo nggak percaya, coba anda jalan kaki sepanjang 5km, berapa rupiah uang yang bisa anda temukan di sepanjang perjalanan itu?!

“Untuk dapat bertahan hidup, adakalanya kita diharuskan untuk melewati jalan berliku. Dan ilmu bertahan hidup hanya bisa di dapatkan bagi anda yang mandiri dan ingin berusaha berdiri dengan kaki anda sendiri “ :-D

Jika anda memang harus bekerja, cobalah untuk memilih pekerjaan yang tidak terikat. Seperti menjadi freelancer, atau bisa juga dengan sistim shift. Dan jangan pernah lupa! Pendidikan itu tetap no.1. So, tetaplah prioritaskan sekolah/kuliah anda. Keep struggle to get the freedom…, Merdeka!!


Share and Enjoy

6 Comments

  1. innoki says:

    Txs atas infonya, saya mau mencoba kuliah sambil bekerja.txs bgt. klo ada tips terbaru info ya andy..

  2. Indriyani Supardi says:

    I have d0ne and made it :)
    to be independent…

  3. irwan says:

    jadiiiiiii lau mang kte Pngen mandiri Ndak ske berhrap cMane solusinya????

  4. Wiwin says:

    Thanx udh tlis pengetahuan ttg kul smbil krja..
    Tpi ku bin9gun mau krja apa sh..!bla kuliah tiap hri?

  5. setuju ,kerja sambil kuliah bikin kuliah jadi malas..
    bukan malas dalam arti sebenarnya ,tapi karena udah bisa ngasilin duit sendiri jadi meremehin kuliah… kadang bisa muncul pikiran “untuk apa kuliah” ,apa lagi kalo di kampus semakin ketinggalan mata kuliah…

  6. M amin zunaidi says:

    ane skolah sambil krja nie… emang bner gan, sering ane telat brgkat skolah… sampe2 dpet pringatan tegas dri kepala sekolah, malah ada pihak skolah yang sampe datang kerumah….ane gan, uh…cpek2 :(, minta pencerahanya donk…

    @ M Amin : Kalo masih skul sih emang agak susah, karena waktu yg disediakan utk skul emang harus total. Pintar-pintar aja bagi waktu gan, atau mau gak mau ente harus skala prioritas. “Cari duit adalah utama, tapi ente juga harus sadar bahwa skul itu adalah yang paling utama” :-)
    Intinya, keputusannya ada di tangan ente gan. Semoga membantu yah :-)

Leave a Reply

Current ye@r *