177

Siapapun pasti ingin memiliki hubungan yang awet. Tapi kadang-kadang hal tersebut sering terlupakan, terutama ketika sedang mendapatkan masalah. Apalagi kalau emosi sudah menyelusup, dan ditambah lagi tidak bisa mengendalikan diri, bisa-bisa jadi perang dunia ke-3 yang ujung-ujungnya putus. Tapi lain hal kalau suatu hubungan nggak pernah ada masalah, itu justru kurang asyik (bukannya harus cari-cari masalah nih). Karena, ketika kamu berhasil menyelesaikan permasalahan tersebut, itu bisa mempererat hubungan kamu dengan si dia.

Sekedar untuk berbagi bagaimana caranya untuk meminimalkan pertengkaran dengan pacar agar hubungan kamu bisa awet alias langgeng, akan lebih baik jika kamu menghindari sifat atau hal-hal yang bisa menyebabkan antara kamu dengan si dia bertengkar. Karena (menurut saya) salah satu penyebab putus hubungan biasanya disebabkan oleh pertengkaran. Karena itu, dibawah ini ada beberapa sifat yang harus dihindari agar tidak sering bertengkar dengan dengan si dia :

Egois

Siapapun mempunyai sifat egois. Tapi, kadar/levelnya berbeda-beda. Kalau sifat egois ini keterlaluan, maka ini bisa menjadi suatu penyebab antara kamu dan dia jadi ribut. Ingat bahwa hubungan yang sedang kamu jalin bukan untuk diri kamu sendiri, tetapi untuk kamu dan dia. Dalam kondisi tertentu, ‘mengalah’ adalah hal yang terbaik.

Cemburu

Ketika kamu sedang melihat si dia dengan cewek/cowok lain, jangan langsung naik pitam! Kalaupun kamu cemburu, tanyakan secara baik-baik siapa orang tersebut. Setelah kamu menanyakan mengenai hal tersebut, nggak ada salahnya berterus terang, “Say.., aku tadi jealous banget ngeliat kamu jalan sama cowok/cewek tadi. Tadi itu siapa ya..?”. Sekedar untuk memperlihatkan rasa sayang kamu, wajar kan kalau kamu bilang bahwa kamu merasa cemburu ketika melihat si dia jalan sama orang tersebut.

Tertutup

Kalau kamu suka memendam suatu perasaan yang sebenarnya harus kamu katakan, ya katakan saja. Cobalah untuk terbuka. Ceritakan hal-hal yang kamu rasakan. Mungkin kamu ada suatu pertanyaan, rasa curiga, atau mungkin ada sesuatu hal dimana kamu ingin melibatkan si dia. Dengan selalu berbicara terbuka bisa menciptakan perasaan saling pengertian. Dan juga dengan keterbukaan si dia bisa mengerti keadaan kamu yang sebenarnya.

Kurang perhatian

Kurang perhatian karena sibuk harus menyelesaikan tugas, atau sibuk dengan pekerjaan yang harus segera diselesaikan, itu adalah sebuah keharusan!. Tapi jangan mentang-mentang sibuk, kamu melupakan dia. Sekarang kan jaman sudah canggih, jadi sms kek, atau telfon dia. Dengan itu kamu dapat menghilangkan rasa curiga, perasaan negatif thinking, dan juga sekaligus mengurangi rasa kangen. Buktikan bahwa kamu masih care sama dia.

Suka main Api

Kalau kamu ingin hubungan kamu dan dia baik-baik saja, jangan suka main api! Main api bisa menyebabkan kamu main hati sama cewek/cowok lain, yang akhirnya menyebabkan hal-hal yang tidak pernah kamu duga sebelumnya. Selain itu, ini juga dapat melindungi kamu agar terhindar dari image ‘mata keranjang’, dan juga agar si dia tidak beranggapan bahwa ternyata hubungan kamu dan dia ‘tidak serius’. Ingat, Api kecil menjadi kawan, tapi kalau sudah besar jadi lawan lho!

Pembosan

Setiap hubungan pasti akan terfikirkan mengenai masalah yang satu ini. Selain itu rasa bosan kadang-kadang menjadi sebuah ketakutan diantara kamu dan dia, apalagi kalau kamu sedang berada dalam sebuah hubungan yang serius. Maka dari itu, sedikit banyaknya kamu punya cara tersendiri bagaimana caranya agar tidak bosan. Misalnya, sesekali coba jalan-jalan sama pacar kamu ke tempat yang belum pernah kamu kunjungi, mengajaknya untuk melakukan kegiatan yang menjadi hobi kamu berdua, pergi ke tempat favorit kamu, atau bisa juga memberikan jarak waktu (kesempatan) untuk sendiri dulu atau tidak bertemu dengannya, de el el.

Okay.., 6 poin diatas adalah hal-hal yang biasanya menyebabkan terjadinya pertengkaran. So.., kalau kamu mau awet pacaran, nggak ada salahnya kamu mengetahui dan menghindari hal-hal tersebut.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Delicious
  • LinkedIn
  • StumbleUpon
  • Add to favorites
  • Email
  • RSS

177 Comments

  1. tria says:

    aq punya cwo,hubungan aq ma dya baru berjalan dua bulan ce,kalau aq lht tipe cwoq nie dya tu g suka rmantis,jangankan untuk bilang kata” sayang,untuk bermesraan aj jarang,sempat kepikiran kalau dya tu g bener” syang ma aq,tapilama kelamaan dya yakinin aq lok dya mau berubah buat aq……….tapi knyataan itu berbanding terbalik,
    apalagi kebiasaan dya yg sering sms sama mantannya itu yg membuat aq semakin ragu sama dya…………….aq coba bersabar,tapilama kelamaan tambah gak ada perubahan sama sekali
    lelah sebenarnya bertengkar terus.
    Tp saya tdk punya keberanian untuk menyudahi hubungan ini.sebenere aku sayang banget ma dya……..q berharap dya jd yg terakhir buat aku

    buat temen” semua minta pendapatnya ya

    thaks all

  2. icha mued says:

    aqu pnya cwo..jujur qu syang sma dia sma kluarganya jga qu udah syang …tpii kira” 2 bulan berjlan dia jrang sms,jrang tlpon yng parah nya dia gak prna main kerumah qu..so qu cwekan btuh jga tmand yang bsa mperhatiin qu,yng bsa syang sma qu,tryta ada tmana dia suka sma que ya qu smpat jlan sma kwanya tpi kmi cma bertaman bsa di bilng teman tapi mesra gtu dech…trus bnyak jga cwo lain yng suka sma qu,tpi qu cma anggap tman saj..ahirnya dia tau klaw qu selungkuhh..dia gak mau maavi aku,smua itu tergntung sma laki”nya yng bsa mnghrgai cwe nya.
    que tu gak mau pisah dari dia.qu pngend yng terahir buad dia.jujur aku sdah terlanjur syang…dia blang smuanya sdah tertup buat akuy…gimna ya sup[aya mendpatkand dia kembali?

    thanxz all

  3. dhevi says:

    kak aku pny mslah nih ama pcar,,
    pcr q itu ga prnh prhtian ama aku, tapi klo d.blkng q dia prhtian bgt,,
    q bngung kak :)

  4. tiya says:

    hai tria.. trus2 kelanjutan hubungan kalian gimana?

  5. poe3 says:

    .to all
    .smw org dlm mnjlani hub psti bilng syg
    .tp qt loem tao dy jdoh qt apha bukn
    .jd klo msih pcran lbih baek sygx jgn trlalu ntar klo ditinggal ckid luch
    .bru klo udh adha komitmen buad kejenjang yg lbih serius gpp
    .tp qt perlu ingat jgn pnh brbuad yg mrugikn dri qt sndri
    .klo udh komit jgn pnh ngrsa kurng klo pun adha kkurngn lbih baek dibicrain drpd selingkuh ato dll…..
    .dan untk pra cwek lbih baik dicintai drpd mncintai…….

  6. desvie says:

    beraarti dy gk mw nunjukin perhatian yg lbih nya dpan kamu,karna sbgian org berpendapat,lw pcr prhtian thu….. sok perhatian

  7. trav says:

    q seorang mhasiswa,q udah pacaran 4 tahun ma pcarq,
    hampir setiap hari brantem yg ga jls sbabx,
    knp yah akhir2 ne q sring brpikiran dy tuh ada yang lain, q udh brp kali ngejebak dia, q sruh tmnq ngerjain smsin si dia lw mw knalan, tp ga pernah si dia balas, trus q ga pernah bilang kalau mw k rumah dia, berharap supaya dia ketangkap bsah, berkali-kali aq gtu,hasilx jg nihil…….
    jd q harus gmn yah? apa hanya perasaan, atau si dia emank ada yang lain??
    mohon pendapatnya….

    @ TraV : Cuma perasaan lo aja itu x, jgn suka negatif thinking donk bro..

  8. Ariyant says:

    Saling cinta, tp knp saling menyakiti..
    Saling sayang, tp knp tdk prnh mau sejalan..
    Hub dr thn 2010 s/d 2012 skrg, 80% brantem..
    Sungguh sgt menyedihkan… T_T

  9. nduetz says:

    @all
    ak seorang cewek yang boleh dibilang cukup cuek terhadap pacarku sendiri, tpi semenjak ak jalan sama cowokku yang sekarang ini, ak mulai bisa berubah sedikit-sedikit.asal tau saja, sebelumnya dia termasuk orang yang posesif sama ak. sehingga ak mulai perhatian sama dia, g pernah cuekin lagi. tapi setelah ak perhatian sama dia, atau bahkan scenderung sedikit posesif, ganti dia yang agak cuek sama ak. tentunya ak merasa tersinggug. jadi kami sering bertengkar tanpa sebab hampir tiap hari. ak merasa g dhargai, sedang dia juga merasa begitu. mungkin ak juga yang salah karena terlalu posesif sama dia.
    kemaren ak bertengkar hebat dengannya, hingga akhirnya dia mutusin untuk pulang kekotanya sendiri tanpa bilang apa-apa ke aku sebelumnya.
    ak bingung sekali, belum pernah dia kayakgini sebelumnya. ak mz, g dibales, ak telpon ditolak. ak takut kalo sampai dia muusin ak, jujur ak g siap, ak udah sangat sayank sama dia, ak takut kehilangan dia. nurut kalian apa yang harus ak lakuin sekarang???

  10. Kristiani says:

    Gw mau crhat nhe,,aq mutusin pcar aq ttpi kenapa aku merasa menyesal banget yach n parahnx lgi aq pengen balikin ama dy!!
    But,,dy pernah memaki-maki aq d facebook ttpi pke facebook nametnx,,,
    ttpi aq masih pengen balikan ama dy,,,
    gmna dunk???

  11. komarudin says:

    mba Q sedang PUnya MAsaLAh Nih Ma cwe Q,, eMm Dia TUh TErtUtup bgt, lo ada masalah cuma ngambek dan ngambek, ga pernah ngasih tau salahku gmn… terkadang dia menjadi baik kembali, dan terkadang pula hatinya seketika berubah 180 derajat, alias berputar balik,, bahkan tanpa sebab yg pasti dia nyuruh aku supaya nglupain aku… tolong kasih solusi ya,, mksiih bgt

  12. wiwie says:

    .kak aku sedang bingung ngan hbungan ku yang sudah jalan hampir 1 tahun…
    ya kita emang CLBK,,awal Kita CLBK semua terasa kayak awal ketemu..
    .namun akhir” ini kita sering bertengkar…
    .dan dia jua aneh..
    .CmC lz.na lama..
    .Jarang Perhatian..
    .dan Peri laku dia pun mulai aneh..
    .namun Dia beri keyakinan pada saya lo dia itu ga sLINGKUH..
    .sEtiap aku tanya Di jawab …
    (Aku ga BErubah Sama kamu)
    ,nah Terus aku Harus gimanah mba..
    .sebenar.na capek tiap hari berantem tyuzzz
    .mohon SOLUSINYA….

    @ Wiwiwe : Kalo aku jadi kamu, solusinya gampang banget. Ajak dia ketemuan, bicarakan hal2 yg kamu gak suka itu ke dia, trus tanya sama dia bisa nggak dia merubah hal2 tsb. Krn dalam suatu hubungan, selain saling menyayangi, pastinya juga butuh PERHATIAN.
    Semoga membantu.

  13. mee says:

    aq, punya mslh nie
    cwok q egois+kras kpla stiap mrah slalu ngmong a mnta ptus trz bonyok q jga g stju ma dy
    #ap yg hrus q lkuin??

  14. ayu says:

    dear mbak,,

    aku punya pacar dan hub. kami toh dah mau setahun,

    pie seharusnya dengan hub, yang sudah lama,,hub, harus semakin membaik,,tapi tidak denmgan hub, kami mbak,,, malah semakin memburuk,,
    masalah kecil pun ujung” nya besar,,

    berawal dari sebuah pertanyaan mbak,,
    aq tau,, aq terlalu banyak tanya,,
    tapi itu aku lakuin karena memank akhir” ne aku merasa dia sering boonk ke aq mbak,,

    aq butuh kejujuran dya,,
    tapi ini aku tanya dia malah marah” ga jelas ma aku mba,,

    salah ga mbak law aq minta putus,,
    walaupun aku tahu aku ga bisa hidup tanpa dia mbak,,

    bantu aku cari solusi buat buat hub, ku ya mbak,,

    thanks

  15. charbone says:

    all@tlng‘n masalah gw dong.!
    ”cwe gw keras kpala bngt pengen menang sendiri.!!!!”

  16. tya says:

    akk punya cowo tapi cwo itu egois banget , dy marah kalau aku berhubungan dengan mantan aku , dan dia juga marah kalau aku punya nomor cowo di hp aku,,,

    tapi setiap aku jelasin semua nya dya gx percaya gitu,,,

    gimana cara ngatasin nya kak ?

  17. ni says:

    hallo mbak…
    aku pingin pendapat dari mbak..
    aku punya pacar,,kita dah jalan 4 tahun..awal pacaran dia beda bgt,,dari situ aku mulai percaya dia benar – benar serius sama aku..sampai dia minta aku kul jangan jauh – jauh dari dia,,tapi setelah aku pindah dan kuliah bareng satu kampus ma dia.awalnya masih baik2 aza..dan dia masih terbuka ma aku..tapi karena suatu ketika aku menceritakan masa laluku..dia mulai berubah..kurang perhatian kayak dulu..jarang sms aku deluan..,g semangat diajak jalan..sampai akhirnya dia selingkuh..selingkuh yang pertma aku maafin..karena hubungan kami juga udh punya komitmen,,tapi g taunya selang satu bulan dia kembali berpacaran dengan mantannya dulu..setelah ku dapat,,ku maafin lagi..tapi ternyata dia masih jadian ma mantannya,,dan itu berjalan sampai sekarang..yang bikin aku sakit hati,,dia selalu janji bahkan sumpah sekali pun setiap kali aku tanya..tapi selalu saja aku yang dapat sendiri dia masih jadian ma mantannya,,setiap kali aku dapat tangkap smsnya ataupun fbnya,,dia selalu beralasan itu untuk aku,,tapi terakhir kemarin aku dapat kembali dia selingkuh,,alsannya karena pingin balas dendam ma mantannya..aku berusaha percya,,tapi rasanya masih dibohongin,,aku bilang g usah sms lagi cwek tu..g usah balas dendam..dan dia sumpah g sms mantannya lagi..atau berhubungan dengan mantannya..tapi tadi aku dapat lagi dia dia punya nomor hp lain yang aku g tau..,,tapi dia berusha menyangkal…jadi aku bingung kenapa selama ne dia selingkuh tapi berusaha agar aku g tau,berusaha ngejaga hati aku..,dan dia tetap memberikan rasa sayang dan pedulinya ma aku..dan juga selalu meyakinkan aku hatinya sampai kapanpun hanya utk aku..dan berjanji akan jadiin aku istrinya..,tapi kenapa dia masih selingkuh dan itu pung dgn org yang sama.,dari tahun 2010 ampe sekarang..,dan aku curiga dia ma mantannya kerja sama..karena mantannya juga pernah bohongin aku,,waktu aku tanya..jadi aku selalu berpikir..apakah omonganya cuma janji belaka..dan apakah aku cuma dimanfaatkan.,,aku benar – benar bingung..karena pernah aku minta putus tapi dia tetap mempertahankan hubungan ini,..dan walaupun dia masih bohongin aku dia tetap mempertahankan hubungan ini dan tetap mengikuti pa mau aku kcuali yang satu itu..,n walaupun dia sampai stres dan benci ma aku karena sifatku yang posesif dia tetap menjga hubungan ini..,tapi aku posesif juga karena dia selalu bohongin aku tentang mantanya..,mohon pendapatnya.,,aku harus bagaimana,,dan bagaimana caranya supaya bisa tau sebenarnya apa tujuannya..karena dia sekarang tertutup g seperti dulu..

    @ Ni : Pertama-tama, saya bukan Mbak, tapi Mas :mrgreen:
    Menurut saya nihh, yang harus kamu lakuin pertama-tama adalah, apakah mantannya itu benar-benar ingin berniat jahat sama kamu, atau memang tulus menyayangi cowok kamu. setelah kamu tahu jawabannya, tinggal kamu bicarakan deh sama cowok kamu dengan serius dan baik-baik bagaimana kelanjutan hub kamu dan dia. Jangan negatif thinking dulu sama keduanya, tapi cari faktanya dulu.
    Ibu saya pernah bilang, “Terkadang mencintai itu tidak harus memiliki, mencintai juga harus bisa menerima orang yang kita cintai bahagia bersama yang lain..”. Terkesan posesif sih, tapi akhirnya saya mengetahui bahwa itu adalah BENAR. Karena apa sih yang kita cari di dunia ini? Toh segala yang kita lalui hanya sementara. So, “find the true answer from your doubt sist..”
    Semoga membantu ya.. :-)

  18. bebi nyhu says:

    aku punya pcr tapi dia itu kayak gak srius gitu
    katanya sayang tapi kok dia gak perhatian
    stiap ketemu dia slalu diam kayak gak punya pacar gitu
    trus kata teman”nya dia blum putus ma pacarnya yang dulu
    tapi stiap aku tanya dia jawabnya gak trus
    aku jadi bingung
    dia itu jarang smz
    sebenernya aku sayang banget ma dia tapi dia gitu
    slalu menjauh
    cari in solusi dong gmn

  19. tia nanda says:

    .halloooooo………
    .cma mau brbagi crita,mau d koment,syukur ,lok nggak, y gpp….

    .aq dh pcrn hmpir 2 taun,aq dh knl ortux n dy pun dh knl ortu q,tp ortu kmi blm prnh brtmu . . .
    .pcr aq ngjak nikah,dy dh krja sich,tp pndptan prblnx dh utk nyicil mtor n mbyr klyh adekx . . .
    .sdgkn ortu q maux dy hruz dh pux tbungan utk prsiapan nikah (nikah kn g murah) . . .
    .nah gmn pcr q mau nbung lok gjix slalu abiz utk mbyr ini dn itu . . .
    .alasan dy ngajak nikah,ktax supaya g bkin dosa,alias maksiat . . .
    .qta sring tengkar,tp slalu da yg mngalah taw mnghindar. . .
    .dy prokok dn aq sdkit klbihan brt bdn (tg.160,bb.68),aq minta dy kurangi mrokok dn dy minta aq kurangi brt bdn,tp krn dy gag juga ngurangin rkokx,jd y aq gag ngurang2in brt q . . .
    .dy pux bnyak tmen cew,aq pncmburu,dy slalu blg ‘smakin kmu cmburu,smakin aq pnas2in’ . . .
    .y mudahan bza jd bca.an mnarik dech . . .
    .sekian dr saya,trimz . . . :-)

  20. fatma says:

    mas ku punya cow yg egoisny mnta ampun,pengekang,ddk d dpn rumah pun d blang mo lirik2 cow,kmn2 harus lapor,cemburuan ny b’lebhn,sdkit z yg g dy sukai lngsung marh2, tiada hr tnpa perselsihn,dy ingin qu speerti dy,sdngkan stiap org tu b’beda.kadang q sering nangis d buat ny krn q sayaaang tp ku g tahan,…..gmn cara hadpiny n bisa buat dy prcaya n g ska kesal ma qu,,
    makasih y mas

  21. caca says:

    hayy mas..
    aku mau mas membantu ku memberi jalan keluar dari permasalahan hubungan aku dengan pacar aku.
    aku udah pacaran sama cowo aku 2 tahun lebih,, tapi akhir-akhir ini cowo ku sering sekali marah2 sama aku,, dan kami sering sekali berantem baik itu hal sepele maupun hal besar.. pokoknya kami selalu beradu mulut mas… gak seperti dulu,, dy slalu ngertiin,, memang sih dy orang nya penyabar bangett ngadepin aku mas… tapi apa sekarng2 ini dy berbuat sperti ini sm aku,, karna kesabarannya sudah habis selama ini,, apa aku yang terlalu egoiss jadi wanita??? aku bingung mas,, tiap kali aku ajak bicara dy sllu tidak menghiraukan.. cuekk, gda omongnya,, gak kaya dulu selalu humoris dn bicara apa aja gitu.. tapi giliran aku yang diemin dia dan tdk menanggapi omongannya malah marahan dy mas,, aku bingung sikap nya yang seperti ini,,
    dan dy pernah bilang ktnya “ternyata gini ya.. sifat kamu, baru keliatan kerasnya” gitu mas.. tapi aku sudah berusaha untuk meredam amarah setiap kali kami bertengkar tapi gak ada perubahannya, dan yang akku gak suka klo aku mengungkapkan perasaan ku tentang keegoisanku pada dy, malah dy bilang” jangan terbawa suasana” dan menganggap biasa aja… hmm.. gimana gak jadi kesel coba mas,, aku bingung apa sih yang di mau i nya,,, dan sempet dy bilang ktnya dy serius dengan aku dan ingin aku jd istrinya.. tapi kenapa sekarang2 ini sikapnya kasar,,, suka membentakk., tidak lembbut memperlakukan aku sperti dulu, dan empatinya pun kurang, aku harus gimana mas,, apa aku harus diam saja.. aku sudah bilang “akhiri saja hubungan ini klo dy tertekan sm sifat aku” tapi dy bilang qlo masih bisa dipertahankan knp gak dipertahankan,,..
    tolong aku ya mas.. akku lagi bingung mencari jalan keluar dari setiap perdebatan ku sama dy… aku bingung harus bertindak apa.. karna aku udah sayang bangett sama dy.. dn kami udah sering bahkan setiap hari ketemu..
    maav yaa. mas klo kebanyakan.. habis aku belum lega klo blm tuntas permasalahanku ini,,
    sudi kiranya mas mau bantu aku.. :)

    @Caca : Secara nggak langsung sebenarnya kamu sudah menyadari kekurangan dan kesalahan kamu, kalau rasanya itu yang menjadi permasalahan antara kamu dan dia akhir2 ini, coba deh berusahan untuk sedikit merubah sikap kamu yang dia gak suka. Karena kalau menurut aku sebagai cowok, bisa jadi dia mulai illfeel dengan sikap2 kamu selama ini, apalagi kamu bilang kan dia sudah cukup sabar.
    Satu hal yang perlu kamu ketahui/sadari, “perasaan bisa berubah dalam sedetik jika melihat hal-hal yang selalu ingin melukai perasaan itu sendiri..”. Semoga kamu bisa mengerti dengan statement saya tersebut. Karena menurut saya itu berlaku bukan cuma buat cowok, tapi semua orang termasuk cewek.
    Atau untuk lebih sederhana, coba deh tanya lagi sama hati kamu, “Pernahkah saya berempati seperti pada posisi dia?”.
    Kalau kamu memang benar2 sayang & ingin menjalin hubungan yang lebih dalam lagi, pertengkaran itu biasa, tapi jadikanlah setiap pertengkaran sebagai sebuah pembelajaran.
    Semoga bisa mengerti masukan dari saya di atas ya Mbak.. :-)

  22. lydia dks. says:

    Hey,Andy I’am Lydia dks.
    Can u pls help me…I have Bf ready 5 years’ready 4 month every sut and sun we always quarre…
    cinta itu indah bahkan bisa membuat kita lupa segalanya! Gimana ya cara menahan rasa curiga,emosi dan jg pemarah padahal sebenarnya semua mslh hanyanyalah sepele’aq selalu bertengkar dg dia setiap aq dn dia brtngkar kita berdua udh bt kptsan putus hbngn’tetapi rasanya sangat susah krna kita msh slng mencintai…tlng dong minta saranya bgmna cara menahan sifat:Curiga,cemburu dn jg pemarah…Thank’s.

    @Lydia : Kalau gw pribadi, sebenarnya hanya cukup untuk saling terbuka. Emang simple sih kaya’nya, tp untuk bisa SALING TERBUKA itu terkadang susah di situasi tertentu. So, coba kamu bicarakan baik2 sama dia tentang hal2 yang nggak kalian suka. Trus langsung di cari solusi untuk mengantisipasinya. Kalau rasanya sudah dapat solusinya, tinggal kalian jalanin aja dengan komitment yang kalian buat. Itu aja saran dari gw.
    Moga membantu ya Sist :-)

  23. RF says:

    aq pnya pcr hmpir setahun pcaran.. Ma2 aq slalu nanya2 tntg hbungan qmi, jujur aj ma2 q ga setuju aq brhbngan dngan dy, tp ujung2ny aq te2p dbiarin lanjut ama dy, dngan catatan, pda ahrnya tetp hruz ptus. . Karena ma2 ga mau aq brhubungan serius dngan cwo qu, karna dy lbh muda 1 thun.. . Aq sih mau nya nurut ama ma2.. Truz smpet jga mw mutusin cwo q itu, sblm trlalu jauh n trlalu cinta, tp aq sayang ama dy n ga tega tgalin dy gt aja. . Ksh solusi nya d0ng. . Karena aq bingung, mau mutsin, aq ny jd trlalu egois. Mau crtain tntg ma2 ama dy, kyany ga pntg bngt gt. Mau lanjt, toh pd ahrny mau ga mau tetp hrus ptus. . Kalo ga, ya jd ank durhaka. T.T

    @RF : Sebelum saya kasih sarannya, silahkan kamu tanya ke diri kamu sendiri. “Apakah doi memang pengen kamu jadiin yang terakhir, atau sekedar have fun aja??”. Kalau emang pengen buat have fun, mending segera kamu putusin dia/jalanin aja apa adanya. Tapi kalo buat serius, jadiin aja itu sebagai tantangan atau ujian buat hubungan kamu. Coz yang menjalani kehidupan sebenarnya kan kamu, bukan mama kamu. Bukannya saya ngajarin durhaka nih ya, tapi itulah pilihan hidup. Ketika kita berada di posisi yang sulit, kita harus tetap bisa mengambil keputusan meskipun dalam kondisi yang sulit sekalipun. Yang penting yakin bahwa kelak kamu bakalan nemuin solusi yang sebenarnya sampai mama kamu nerima si doi.
    Semoga membantu ya :-)

  24. Thaa Siithaa Rosiithaa says:

    Huhuhuhu sedih gue mh..
    cwo yg gue cinta trnyata slingkuh ..
    w pcaran ma dy tgl 3 juni 2012 ..
    mpe skrg masih siih ..
    gue tau dy slingkuh kemarin ..
    jahat bgd a sih ,, disaat jdian 1 bln dy mlah selingkuh ..
    trnyta dy slingkuh tgl 18 juni 2012 ..
    ya allah nyesek bgd hati gue ..
    gue mau putusin dia tapi ga bisa karna gue terlalu sayang sama dia ..
    gue sadar sih sebenernya gue cuma dimanfaatin sama dia ..
    tapi kalo udah punya rasa sayang yan mendalam mah ,, biar kata dimanfaatin juga gapapa ..
    tapi yang bikin gue kesel tuh ,, dia ga pernah sms atau nelpon gue dulu ..
    kalo gue dulu yang sms baru dibales tapi cuek ..
    gue ga tahan sama sikap dia yang gitu..
    gue mau ngerubahnya supaya dia kembali sayang sama ue lai ..
    tapi gimana caranya ya?
    tolooong doong

  25. Nanhy says:

    Aku pux pacr.. Hbis setiap hari bertengkar..
    Cuma masalah sepeleh dy ksh tambah panjang..
    Apakah dy udh bosan dngnQ atw ada cwe yg lain..cz sudh brpa kali sa dpt dy sms dngn cwe.. Ketemuan dngn cwe.. Sy Bingung dngn dy i2..
    Klw ada masalah pasti sa d salahkan.. Bantu donk :-(

  26. savira febryanti says:

    aq pnya cwo.. orang ya bertanggung jawab cii, tpi ga bsa klo da cwe yg deketin dia, dia tu merasa bangga , merasa dirinya paling di cari ama cwe, tp perhatian nya cma aq ga kurang,cuma perhatian nya beda ga setulus speri biasa , dan hanya sekedar memberi perhatian agar aq ga curiga aja, tpi giliran cwe itu cuma manfaatin doang eh dia kembali lgi baik cma aq.. tpi hal itu sering sekali terjadi hampir 2 bulan sekali…

  27. Putri says:

    Gini mas..aku punya masalah ma pacar saya,dia itu kyak.e bosen sama aku,dia itu g pernah bls n peduli aku lagi,dia sms g pernah padahal dia juga pegang hape,namun 1sms pun g dibls,kalau aku g crewet minta dibls g dibls,dibalesnya itu juga bentak” dan kasar,sering aku sakit hati :( aku harus gmn biar dia berubah dan hub qt langgeng :(?jawab ya ku mohon..

    @Putri : Kira2 kamu tahu nggak apa yang menyebabkan dia berubah kaya’ gitu? Soalnya dengan mengetahui dasar/alasan kenapa hal itu terjadi, kamu bisa mengambil sebuah penilaian terhadap si doi, dan juga sebagai bahan untuk introspeksi diri. Karena tidak akan ada perubahan terhadap diri seseorang tanpa adanya sebab.
    Kalau kamu nggak tahu alasannya kenapa dia berubah, kembali ke plan A, coba bicarakan hal ini dari hati ke hati sama si doi. Ungkapkan aja unek2 kamu sama dia dengan cara yang halus. Dengan begitu kamu bisa melihat bagaimana arah selanjutnya dari hubungan kamu itu.
    Semoga membantu ya Sist :-)

  28. farah says:

    kak,,,
    aq mw curhat. td mlem q tengkar hebat ma pcarQ. MAlah smpe ptus. q sbel gr2 dy sharian gk sms aq. dy si emg sbuk. tp kok smpet FBan ya?????
    q dbilang kya anak kcil.
    dy jg uda jrang bget ksi perhatian sma aq. q hrus gmn k’?????

  29. fevi says:

    kak, aku punya cwo, tp dlu dia sring bget sms / nlpn tp skg udh jrang.. stiap aku ngmgin mslh ini dia sllu jwab lg sibuk, trs tlpnan skg sring larut mlm, qu tnyain kmna dia ktanya pulang dari trweh lgsg tdrusan… y emang sih dia it gk bhong tp aku bngung kak hrus bgaimna mna sms udh jrang; tapi aku tt gak mau putus atau apalah sama dia. aku udah terlanjur sayang sama dia mana keluarga kami sama sama udah kenal. jadi aku harus bagaimana kak ? pleasee jwabannya :(

    @Fevi : Selagi itu arahnya membuat dia lebih postif, kamu nggak perlu khawatir. Mungkin dia lagi pengen cooling down dulu sama hubungan kamu dan dia, coba berikan dia waktu sebentar untuk memaknai apa yang sedang dia lakukan. Kalau ke depannya belum juga berubah, baru silahkan kamu bicara dan tanyakan baik2 sama dia tentang hubungan kalian sebenarnya.
    Semoga membantu ya :-)

  30. Hanafi says:

    mas,saya masih anak SMA cuma saya mau curhat nie sedikit aja
    saya punya cewek,cewek saya tuh engga pernah mengungkapkan isi hatinya
    saya tuhhh cinta mati ama dia cuma saya nya engga tahu dia cinta engga dengan saya.
    habis tuhhh mas,gua nie anak rumahan jadi agak jarang kluar,jadi gua takut banget kalau dia tuh selingkuh nanti kalau saya ad uang saya mau beli SPY-GOLd software mata2…
    jadi pendapat mas kayag mana gue tuh cinta mati ama dia dan gua tdk ingin berpisah dgnnya mas tolongin donk pleaseeee……

    @Hanafi : Jangan segitunya atuh Mas, masa pakai SPY segala. Setiap orang kan punya privasi, dan pastinya dia bakal ngerasa risih dengan cara begitu. Intinya saling percaya aja, trus sesekali ajak dia jalan ke tempat yang menurut kamu dia sukai untuk sekedar bikin dia senang & sekalian ngebuktiin kalo kamu beneran sayang sama dia.
    Semoga membantu yah :-)

  31. lan says:

    iya sih bos ad benrnya kata” yg d ats qu selalu anggurin pcr qu sendiri,

  32. @satrio says:

    hai kenalin nama gua isfan..
    Gua udah pacaran sama pacar gua udah setahun. just informasi: dia tuh dulu care, sayang banget samaa gua, bahkan waktu gua minta putus dia rela ampe nyilet tangannya! Tapi? Itu semua cuman masa lalu! Diaa yang sekarang gua ga nyangka kalo dia baakalaan kaya gini. Sekarang tiap dia pergi kemall ga pernah inget gua. Dan sekarang care aja mesti disuruh. Gua curiga kalo dia punyaa SELINGKUHAN, tiap hari gua cuman ngehela napas ngeliaat perilaku dia yang semakin berubah. Dan ngebuat gua jadi over protective.. Bahkan waktu gua ngeliat dia senyum sama cowo yang pernah dia suka gua ampe nusuk tangan gua make pisau! Tapi apa tanggapan dia? Dia malah bilang ”apaansih?! Aneh banget”
    Solusinya ya mas, saya butuh banget..
    Makasih,

    @Satrio : Rumit memang, tapi itulah yang namanya perasaan. Kadang2 bisa berubah dengan sendirinya, dan yg penting nggak perlu lu sesali atas perubahan sikap dia yang makin gak jelas. Karena siapa tahu aja itu semua memang maunya dia begitu. Cerita lu mirip2 sama gw sih, tapi that’s gone. Forget it if you feel can’t touch her. Percaya sob, Tuhan gak bakalan sia-sia.
    Semoga membantu :-)

  33. pangestu says:

    Kenalin nama gue estu..
    Cerita gue sama si isafan hampir sama..
    Tapi beda diakhir..
    Sekarang gue ga tau apaa yang mesti gue lakuin. Gue udah terlanjur sayang banget sama DIA tapi? Semua yang gue lakuin ga berguna, mulai dari nyiksa diri didepan dia udah! Tanggapan dia? Dia nangis sih..
    Awalnya gue berfikir kalo dia bakal berubah.. Tapi sejenak gue dijatuhin sama dia.. Karena gua ngeliat dia bercanda sama orang yang pernah dia suka ga pernah dia ngasih senyum semanis itu kegue! Cuman bisa bersabar ngeliat dia.. Dan sekarang sifat dia cuek ke gue! Bahkan gue mergokin dia jalaan sama cowo lain! Emang sih gua pernah ngeduain dia! Tapi kan ga usah nyakitin gue secara perlahan gini rasanya lebih sakit!
    Sarannya ya bro.. Kata lu gua mending putus apa engga?
    Just informasi: gue masih SMP nama smp gua SMP 80 JAKARTA jl. Kayatun komplek squadron. Gua udah pacaran sama dia 1tahun.

    @Pangestu : Putusin apa nggak tergantung lu. Perasaan lu gimana ke dia? Lu ngerasa ada tekanan batin sama pacaran sama dia nggak? Kalo rasanya udah gak nyaman/tahan lagi, buat apa dipertahanin. Intinya ada sama lu sendiri. Saran gw, meskipun lu sayang banget sama dia tapi dia sering bikin lu ngerasa tersiksa/tekanan batin liat sikapnya, bicarakan baik2 dulu. Bilang lu gak suka sama sikap dia yg kaya gitu. tapi kalo udah di bicarakan baik2 doi masih tetep aja begitu, whatever lah.. Putusin aja..
    Semoga membantu ya

  34. pangestu says:

    makasih ya bang sarannya.. Sekarang gua break bang 4 bulan sama dia buat ngeintropeksi sama diri masing masing..
    Kalo dia belom berubah juga..
    Fine gua putusin bang..
    Ntar kalo saya curhat dengerin ya bang..
    Oh iya bang temen gua ada yang suka sama pacar gua bang.. Tapi bukannya pacar gua menghindar malah bercanda bareng bang.. Aduhhh nyesek bang gua ngeliatnya.. Menurut abang gimana gua bales apa engga bang? Sumpah bang gua labil banget

    @Pangestu : Kalau becandanya masih batas wajar, it’s ok aja. Itu namanya cemburu, wajar kalo kita sayang sama seseorang ada rasa cemburu. Tapi ingat, jangan over cemburu, karena itu dampaknya bahaya. Dan kalau menurut lu si doi becandanya udah keterlaluan, first, kasih tau dulu baik2. Selanjutnya, terserah lu.
    Semoga membantu :-)

  35. lauris says:

    Hmmm.. Qu lauris nii
    ris puny cwo yg aneh mnurut ris..
    Dy dr awal pcran uda niat seriuz n mw nikah sm ris tp dy blg kta’a sft ris mci blm bs dewasa..
    Dr stu ris mncuba untuk dewasa tp tetep ajah slah. Sbnre ris tipe cwe yg rgois’a gde bgd tp krna ris syg sm dy ris mw brubah gni.
    Akhir’a ris pindah rumah k jateng ni nha alzan dy hbungan t gag bs lanjut krn jarak trllu jauh sedangkan kerjaan nuntut dy hrz stndby dkota’a..
    Gmn ni ris hrz nyikapi dy.. Mpe saad ni w mci pcran wlo dy suka ngeluh..
    Help…

    @Lauris : Coba aja lakuin permintaan doi, kalau menurut doi kamu belum dewasa, berusaha sebaik mungkin agar kamu tidak terlihat seperti penilaian si doi.

  36. mr.r says:

    hai, gua anak kelas 2 smk, gua pnya cewek, kelas 2 jg, 1 skolh,tp ga skelas,dia itu kalo menurut gua perfect bnget, tp dia itu msh kyak kekanak-kanaka gtu, blakngan ini gua bngung, gua mau anter/jemput dia pasti bnyak alsan,tp sms,tlpn,tweet,ketemu gua dia mau ,cma di antr atau djmpt doang gamau, kmren gua mw ngjak dia blik brg ,eh pasti dia nlak, masa dia milh naik ojek dripada brg gua :@ , gua ksel akhrnya, dia sms , udah smpe rumh blm? , gua jwb sngkat, trus dia sms gua jwb sngkt trus, dan akhrnya di g bles lg, pas jam 9.30 mlm , gua sms, aga lm dia blsnya, trus ms dia bls, kamu ga suka aku jadi pcr kamu? yaudah cr yg lain, udah 2 kali dia ngmg gtu, yg prtma pas lg brantm jg, smpe skrg sms gua d bls sngkat mlu, gua d twit jg ngluarn kata2 yg nyindir dia, eh dia bc kyknya, trus td sore gua tgl plg dluan, smpe skrg sms gua dri pg g d bls2, menurut kalian, dia itu slngkh ga?,gua plg anti , kalo ktauan lgsng gua break, gua bngng hrus gmana lg, dr pg gua sms , bru mlem dbls, itpn cm 5x dbls, padahal gua ryu dia dngn sms brkali2, mhn bntuanny apa dia bnr2 syg ama gua apa ngga :’(

  37. lauris says:

    hadeeh….
    nii ris uda brusaha bgd.
    bahkan ortu ajah mpe smpet bilang gni
    “duchhh snenge anak wedok sak iki ketok dewasa» translate: duch snang’a anak prempuan qu skrg trlihat dewasa”
    thu ortu ajah bs nilai msa dy engga c..
    tp aneh’a tiap ris ajak ptuz dy gag mw.
    trz ris hrz brusaha gmn lg…
    sbnre yg mzti ris lakuin apah ni, ambil sikap ato hrz gni” trz yg uda brusaha tp tetep ajah nol dmata dy…

  38. ghina says:

    sblumnya thank’s atas tipsnya ,.

    akhu punya cwog,hbungan qu msih brjalan 1 blan ma dy ..
    tpy dy tuh krg mlae brubah ma qu ..
    message aku gk prnah dblez ..
    smenjak dy ngliad aku bicara ma boyfriend d school ..
    gmna yaa agar dy meu maapind qu ??
    and gk cueg gy >>.<<

  39. Mannu says:

    Help me. Cowo gw pemarah bgt. Dia Sll ingin dimengerti tp dia sndiri ga mw ngerti aq.
    Sering aq minta putus tp dia ga mw. Dia bilang YOU ARE MY STRENGH. Dia butuh aq tp kaya yg ga butuh.
    Aq sll mengalah utk dia. Tp dia tdk pernah tahu pengorbananku.
    Harga dirinya trll tinggi. Sedikit sj dia merasa diabaikan dia akan marah besar dan akan sll memojokkan aq.
    Please help. I love him. What I have to do?

    @Mannu : Coba deh untuk bersikap lebih tegas, sekaligus untuk melihat/tes seberapa besar sih pentingnya kamu bagi si doi. Dengan begitu kamu bisa mengambil langkah selanjutnya.
    Semoga membantu ya :)

  40. Andre says:

    Hy,,q pnya cwe tpi q bngung hrus gmna ?dkit” mrahan,,dan kmren tu smpat q sms gx dblas”nya ,kta nya sich dya lgi sibuk and gx mw di nggangu apa lgi di sms,,udh 2 hri lah gx ada kbar.ny,,jdy hrus gmna nih

  41. rhisvayanti says:

    Aq pu.x pcar yang jauh…
    qta dpisahkan oleh jarak krna dya hrus krja… n tugas d sana..
    tpi, lntaran dya sbuk.. dya jraaang bngeeet ngasiih kbaaar,,,
    qta,x sibuk lach, ap lah,,,,
    jdi za hrus gmna mngahdpi.x,,
    krna smnjak dya jauh, dya jrang ngasih kbr..?????/

  42. ufah says:

    Minta saran dong.. Please help me..

    Aku kan punya pacar yg lebih muda dari aku satu tahun. Kami sering berantem gara gara masalah sepele. Tiap Å?? masalah, dia ?à? mau minta maaf duluan, pasti harus aku yg minta penegasan dari dia. Cowok ku itu sering bikin aku kesel, bercanda yg keterlaluan ?i dpn byk orang lah, yg bikin aku malu, tp dia anggap itu hal biasa, sampai kami berantem. Sering ?an?eT kami berantem.saya capeeeeeeeeek ?an?eT mas, gimana ya caranya agar dia mau mendengarkan saya dan ?à? egois lagi. Padahal, hubungan kami sudah serius. Sudah jalan 3tahun pacaran. Orang tua kami pun sudah saling menyukai kami. Tolong sarannya ya mas, terimakasih.

    @Ufah : Dalam mendapatkan proses kedewasaan memang bukan waktu yang sebentar. Sekalipun hubungan kalian sudah bisa dikatakan dewasa (karena sudah 3 th), tapi sifat & karakter kamu dan dia belum tentu kan. So, menurut saya, solusinya hanyalah saling mengisi, mengingatkan, dan melengkapi. Intinya sama2 saling mengingatkan kalau ada yang kurang berkenan atau tidak di sukai.
    Kalau kamu dan doi emang benar2 serius dan komitmen terhadap hubungan saat ini, menurut saya nggak terlalu sulit untuk bisa merubah kebiasaan2 buruk dan menjalani hari2 dengan hal-hal yang pada akhirnya hanya bisa diucapkan dengan 1 kata “Happiness..”. Jangan bosan untuk mengingatkan, tapi pakai strategi lho ya, saya percaya kamu bisa kok.
    Semoga membantu yah :)

  43. carla says:

    Aq punya pacar kita pacaran udh 21 bulan hampir 2 thunan. Nah pertanyaan Aku dulu dia sering telpon atau sms aq. Tapi semnjak kita pacaran 1 thunan sms aq udh g pernah telpon pun jarang terus smS aku pun jarang banget d blas. Alasannya yg bkin aku jengkel kata dy males blaesnya sms qm mah suka aneh2. Pdahal cuma sms kangen tanya udh makann blm,???a?????? ngapain aand ???a?????? dmn. Tapi sesekali aku suka sms puitis gto. Sebenrnya ?????????K???På se dy udh bosen atau gmn ama aku kadang aku suka bertanya2 sendiri ?????????K???På si dia. Mohon d bantu y

  44. Yeli arifin says:

    Gimana caranya pasangan yg selalu membuat sakt ht agr mau bcr,sementr no tlfnya aq g tau. Sedangkan dia tau dimn keberadaanku. Dia terlalu egois aq benci x sm dia. Aq mau tanya apa mau dia sbnrnya. Apa ngk mau selesaikan masalah kita,jgnlh bertingkah kayak kecil.

  45. Mr.M says:

    masalah gua sama kayak Mr.R ,bingung gimna ngubah dia tapi gw udah serius bnget sama dia..

  46. MFS_BSP says:

    aku punya pacar mas, awalnya seh aku percaya sama dia waktu kami masih pacaran jarak jauh aku di surabaya dia di malang, tapi lama2 aku bosan sama sikapnya yang gak pernah terbuka, tetapi akirnya dia terbuka juga. awal pertama pertengkaran kami pada saat aku bukak twitt nya. aku liat dia ngetwett mantannya dengan kata MAS BEB. aku sangat marah ngeliat itu padahal aku sayyyyaannggg banggettt.. aku marah sama dia eehh ternyata dia malah ngecuekin aku. aku bingung sama dia.. dia gapernah ngerti perasaan ku. dia gapernah bisa nrima kekuranganku.. sampai sekarang pun dia masih sering ngebohongin aku. sampek sampek dia gue tonjokk. yaaahh… biarlah semoga dia cepet sadar ama kelakuannya, KARMA BERLAKU KOK,,, bantuin ku gmna caranya ngadepin cewek seperti ini. thanks broo …. bales yaa….

    ryanz….

    @MFS_BSP : Jangan sampe kaya’ gitu juga donk bro, masa iya sampe main jotos-jotosan. Apalagi sama cewek, menurut saya nggak fair aja kaya’ gitu. Kalau dia memang begitu, tinggalin aja. Sesulit apapun rasanya meninggalkan seseorang yang masih kita sayangi, akan lebih baik daripada nantinya juga akan berujung pada kekecewaan. Apalagi lu tau dia masih ada hubungan sama mantannya, semoga dapat yang lebih baik ke depannya.
    Semoga membantu

  47. lionk says:

    apaan ne , semua’a hanya bisa mengeluh aja ..!
    kalau emg sudah merasa tdk cocok , yea tinggalin ajj..!
    ngapaen ribet minta sulusi yg blm tentu manjur ,…!
    kayak aku dunk , jalani hidup dgn senyuman ..!
    klo psangan kita gag bsa bkin kita tersenyum, ea satu kata yg bisa di ucap’kan (PUTUS) ..
    hahahahahaha…..

  48. rina says:

    Hy
    Gw sering ngalamin pertngkaran ama pcar gw tgl 14 februari ini aq dan dy gnap 1 thun
    Tpi aq sllu mrsa aneh tiap kli hbngn kmi ribut
    Aw yg sllu mnglah utkx,,tpi ada sja dy yg nggk mau jjr sma aq
    Kmi rbut hny gra” cwe yg dlux bkas tmanx dy dan smpe skrg tmanx dy tuch sllu ngangguin kmi
    Aq tkut dy slingkuh d.blkanhx aq krna slma ini aq sdah setia bnget sma dy tpi aq nggk tw dy nya kyak hmn diblakang aq

    Gmna donk nie cra atasinya

  49. ardy says:

    Om, saya mau konsul nih om, hehehe
    Pacar saya ini egois besar om dan dia gampang banget buat marah om, saya pengen banget dia tau kalo hubungan biar lancar itu harus bisa jaga diri, kontrol diri, jaga emosi, dan jangan terlalu egois om
    Saya juga pengen di bikin seneng sama dia om, di ajal jalan jalan atau apalah, tapi ini saya terus om yang ngajak dia om, gimana uaah om ???
    Tolooong di bantu yah oomm :)

    @Ardy : Hubungan kamu sama si doi udah berapa lama? Kalo boleh saya jawab, pasti baru ya?! Sok tau saya nih.
    Yang terpenting dalam menjalin sebuah hubungan adalah prosesnya. Bagaimana cara kamu mengenalnya, juga sebaliknya. Dan pertama-tama biarkan saja seperti air yang mengalir. Nah, ketika pada masa proses tersebut, sedikit banyaknya kamu juga harus memberikan hal2 / masukan / saran yang menurut kamu itu benar dan dapat menjaga bagaimana hubungan kalian bisa awet. Jadi, langkah awalnya, coba itu dulu deh. Kalo sudah berhasil, saya yakin bukan kamu melulu yang ngajak dia jalan, tapi dia bakalan kamu ngajak jalan.
    Semoga membantu yah Ardy :)

  50. ifa says:

    qu punya pcr dh hmpir 2thn kmi pcrn,dya 2 pemarah gc liat situasi dmnapun dya emsi psti lngsung di luapin kdang” cieh mlu uga di dpan umum dya mrah” qu cieh dah pernah ngmng ma dya qu gc ska dya kyak g2 dya cieh dh mau ngerty tp ttap ja di ulngi lgie sbel dech jd ea wlpun sbel tp qu msh ttap cyank ma dya ….

    trus bgmna cranya agar dya gc ulngi lgie perbuatanya 2 mrah” d dpan umumm…

    tlong ksh tau sran nya ea…

    thank

Leave a Reply

Current day month ye@r *