0
  • Facebook
  • Twitter
  • Delicious
  • LinkedIn
  • StumbleUpon
  • Add to favorites
  • Email
  • RSS

Nggak cukup budget untuk beli motor baru, atau nggak mau pusing mikirin kredit untuk beli motor baru, beli motor bekas bisa menjadi solusi untuk kamu yang kepengen punya motor sendiri. Mokas alias motor bekas bisa menjadi alternatif untuk kamu yang tersangkut karena masalah-masalah di atas.

Banyak hal-hal yang harus dipertimbangkan sebelum membeli motor bekas, karena sebelum kamu mengeluarkan budget demi mempunyai sebuah motor, pastinya ketepatan dalam mengambil keputusan dalam membeli motor bekas menjadi dilema. Untuk mengantisipasi hal yang tidak diinginkan setelah membeli mokas, berikut tips membeli motor bekas versi saya :

– Ketahui harga pasaran.

Ini adalah hal utama sebelum kamu membeli motor bekas. Alangkah lebih baik jika kamu mencoba mencari informasi tentang harga pasaran motor bekas sesuai dengan merk / type motor yang ingin kamu beli.

– Jangan pergi sendirian.

Yup, kalau mau beli motor, menurut saya akan lebih baik jika kamu tidak sendirian. Karena ini untuk mengantisipasi emosional kamu dalam membeli motor bekas. Ya setidaknya kamu bisa menghadapi orang-orang yang berada di tempat tersebut ketika mereka berusaha menjadi pemberi pengaruh (influencer) agar kamu segera membelinya.

– Membeli di tempat terpercaya.

Hhhmm.., sebenarnya ini sudah menjadi rahasia umum. Banyak sekali yang bilang, “Beli motor di dealer motor bekas selain harganya mahal, mesinnya rata-rata sudah di oplos”. Benar atau tidak, menurut saya pribadi tidak semua dealer motor bekas seperti itu. Tapi sepertinya, mitos tersebut sudah menjadi sebuah acuan bagi calon pembeli motor bekas. Percaya atau tidak, up to u. Dan alternatif lainnya, belilah motor yang penjualnya adalah pemakai motor tersebut. Atau kalau bisa, kamu kenal dengan si penjualnya. Jadi seandainya ada apa-apa setelah kamu beli motor dalam waktu dekat, itu akan mempermudah kamu dalam melakukan komplain. Pilih mana? Sekali lagi up 2 u..

– Jangan mudah percaya dengan kondisi fisik.

Lihat motor masih bersih, langsung jreeeng dan pengen beli. Tapi ntar dulu, jangan langsung terlena dengan kondisi fisiknya. Meskipun keadaan fisinya juga penting, tapi kondisi mesin adalah yang utama. Fisik dan mesin saling berkaitan untuk mendapatkan keputusan membeli motor bekas, tapi jangan lupa untuk berhati-hati dan cek secara detail mesinnya.

– Jangan mudah percaya terhadap kilometer-nya.

Rata-rata para penjual akan menjadikan ini sebagai poin-poin dalam menjual motornya. Jadi, jangan mudah percaya dengan kilometer-nya rendah, apalagi kalau motornya sudah termasuk motor rakitan beberapa tahun lalu. Kilometer tidak bisa dijadikan acuan masih bagus atau tidak motor tersebut.

– Teliti kembali keadaan mesinnya.

Ini adalah lanjutan poin di atas. Kalau kamu ingin melihat kondisi mesinnya fit atau tidak, rasakan dan dengar baik-baik bunyinya. Meskipun kamu rasanya masih awan dalam hal mesin motor, tapi saya yakin kamu bisa tahu apakah mesin motor yang kamu lihat fit atau tidak. Kalau perlu, test drive di jalanan yang mulus dan juga jelek/berbatu-batu, bawa penumpang (bonceng) agar tahu masih bagus atau tidak shock-nya, cek semua panel lampunya berfungsi atau tidak, speedometernya, kecepatannya, remnya, dsb.

– Cek kelengkapan surat-surat.

Untuk mengetahui informasi dalam pengambilan keputusan membeli motor bekas yang kamu inginkan, periksa kembali surat-suratnya. Kalau lengkap, jangan lupa untuk mencocokkan nomor rangka dan mesin dengan STNKnya. Dan ketahui sudah tangan ke berapa motor tersebut.

– Negosiasi harga.

Seorang pembeli berhak mendapatkan harga yang sesuai dengan kondisi barang. So, kalau rasanya sudah cocok, tinggal tentukan apakah harganya sudah cocok juga bagi kamu. Lakukan negosiasi atau tawar menawar harga. Tips saya sih menawar harga dalam membeli mokas, turunkan harga sekitar 10 s/d 20 persen dari harga. Misalnya, kalau si penjual memberikan harga 5jt, tawar menjadi 4jt. Karena setelah itu kamu biasanya penjual akan memberikan harga fix sama kamu.

Cukup sekian tips beli motor bekas dari saya. Semoga ini bisa membantu kamu yang ingin mendapatkan motor bekas berkualitas sesuai dengan harapan kamu.

Share and Enjoy

Leave a Reply