496

Untuk bisa melupakan mantan pacar memang bukan hal mudah, karena saya yakin masalah yang satu ini kadang-kadang memang gampang gampang susah. Selain itu untuk bisa melupakan mantan pacar, karakteristik serta perasaan masing-masing individu akan berbeda-beda sehingga keputusan serta komitmen kita akan sangat memberikan kontribusi untuk benar-benar bisa untuk melupakan si dia. Cara apapun yang kamu lakukan kalau kamu tidak berkomitmen untuk melupakan dia, itu tidak akan berhasil. So, jika kamu emang pengen ngelupain dia, tips melupakan mantan pacar versi saya yang pertama adalah komitmen. Komitmen untuk membuktikan diri bahwa kamu bisa hidup dengan menjalani tanpa dia. Tetaplah jalani hari-hari kamu apa adanya, jangan bersikap seolah kehidupan sudah berhenti dalam diri kamu. Tetep tegar dan tetap untuk menjadi diri kamu apa adanya.

Jika itu sudah kamu lakukan, kemudian simpanlah atau buang saja semua barang-barang dari si dia. Bukannya kita tidak menghargai pemberian dari si dia, kalo kamu sayang untuk ngebuangnya ya di simpan aja. Ini setidaknya untuk menghindari agar kamu tidak teringat lagi sama dia ketika kamu melihat barang tersebut. Apalagi jika ada sebuah barang yang menurut kamu bener-bener memiliki makna banget, mungkin hadiah ulang tahun, boneka, kalung/cincing, foto, dsb.

Jangan keseringan bengong, cobalah untuk menyibukkan diri. Kerjain tugas kek, bersihin rumah/kamar kek, main ke rumah teman, atau merencanakan sebuah aktivitas yang menurut kamu positif. Dengan bersikap lebih aktif, itu akan mencegah kamu untuk mengingat dia kembali. Selain itu, malam harinya pun kamu bisa lebih mudah untuk tertidur karena kondisi tubuh kamu yang sudah lelah beraktivitas seharian.

Next, mencoba untuk membuka hati kembali. Naahh…, daripada cakep kamu hilang gara-gara bengong mulu kaya’ ayam sakit [SMILE!], mendingan coba untuk membuka hati kembali untuk orang lain. Meskipun poin ini tidak gampang, tapi dengan membuka hati dan belajar untuk menerima orang lain mencuri hati kamu, kamu bisa sadar bahwa ada orang lain yang sayang, mau memperhatikan kamu, dan yang pasti kamu akan mendapatkan keyakinan bahwa kamu bisa mendapatkan seseorang yang lebih baik dari diaasuki u. Siapa tahu aja orang yang kamu kenal itu lebih baik dari mantan kamu. Kalo belum dapet juga, cari donk. Atau kalau mau nge-jomblo dulu itu juga pilihan bagus bagi kamu untuk sekedar menenangkan diri, jomblo juga asyik kok :)

Yang kelima, nggak ada lagi. Maksud nggak ada lagi disini adalah, nggak ada lagi (mencoba menghapus) dalam fikiran kamu untuk mengingat tentang dia. Ini bukannya memutuskan silaturahmi lho… ini sekedar untuk mengantisipasi suatu keadaan. Misalnya seperti ketika kamu lagi sendiri, atau mungkin ketika kamu jalan ke suatu tempat dimana tempat itu mungkin dulunya sering kamu kunjungi sama dia. Jangan diingat-ingat lagi, itu masa lalu teman! Sekedar mengingat boleh, tapi jangan sampai terlarut sama keadaan ;-)

Share and Enjoy

Tags: ,

496 Comments

  1. echa sadega says:

    kesell bgd terasa hatii nc di injik2 manttan sendiiri …..
    dy bolleh jadiian sama ciiwe llain tapii pliis jangan sama mnttan gue ,,,,
    apah emg udah gg laku appha…
    udah puas bellum alo belum pacariin ajjha noh se kaliian ema gue ……..

  2. putri nayanda says:

    PACAR selingkuh, ,skiet hti nie, ,mngkin q terlalu brharga untuk slamanya dgn na mka dri tu q dpsahkan ma dy.kArena tUhan tau dy tidak pantaz bersanding dgn q, ,karena dia tidak bisa menjaga ku.terima ksih tuhan kau telah menjaga q slama nie, ,ssungguhnya kau lah kekasih q.I LOVE YOU TUHAN:-).n mkcieh ya ataz srannya bguz bngetz q jdi termotivasa n dkit” bza nglupain dy.:-).

  3. ami says:

    tp aku masih sja ingat dngn dia
    begitu banyak kenangan dan dalm satu malam semua hilang dan hancur
    tp aku harus mulai melihat msa depan tak boleh msa lalu
    ini hanya sebuah proses pendewasaan diri.

  4. ety says:

    yufz bnr bnget thhu ,, thanks ea tips nya .
    :)

  5. dedy mahardika says:

    c’q emng udah punya co…tpi napa y,,q terpikir m dy???
    hari demi hari khun q coba u/lupain dy!!!
    semangtdedy mahardika

  6. alim pratama says:

    tpi klo misalnya tiba” d suatu t4 sa ketemu sama dia lgi gimna tuh??

    @Alim : Bersikap biasa aja. Ikuti kata hati, kalau rasanya mau menyapa, ya sapa. Tapi kalau rasanya malas untuk menyapa, pura-pura nggak lihat aja. Tapi bersikap biasa dengan berjiwa besar akan terasa lebih baik.

  7. rifaldi says:

    pas baca pikiran jadi tenang… :)

  8. zeny zhee says:

    artikelnya bagus…aku juga sekarang lagi merasakan hal yang sama..ingin melupakan mantan tapi masih terlalu berat..secara..semuanya terjadi tiba”dia kenalan dengan perempuan laen dan hanya dalam waktu seminggu mereka jadian di depan aku melalui chat karena kebetulan perempuan itu di luar negeri..sangat menyakitkan.tapi melalui artikel ini aku sedikit termotivasi untuk melupakan dia…thx

  9. sekar arum says:

    aku sih pengen banget nglupain dya , tapi bayangan dya sllu ada , kenapa ya ? apalagi abs putus mha aku, dya pacaran mha temen aku sendiri.. nyesekk banget di dada .. mgkin bnyak yang pengen gantiin dya dihati aku , tapi stiap aku mencoba buat membuka hati aku buat yang lain , pasti aja masih ada bayangan dya ,, dan bahkan hampir semua yang ada dirumahku bisa ngingetin aku kedya .. susahh bgttt buat nglupain

  10. icha meytha says:

    Bgaimana cara yg Ampuh Agar dia hilang dari ingatn q…..
    Ksel dech Bgini Trus….tiap hri Ingt trus ma dia
    ampe g bisa konsentrasi kerja…..

  11. seno egi says:

    aq mrasakan skit yg trmat dlm, pcar q dijdohkn dgn cwo lain oleh ortunya, pcar q dpaksa nurut…
    pdahal kmi msh sling mnyayangi, aq pngen lupakan dia, tp gak bisa, krna kmi satu kelas d’kampus,….
    sesak bgt dada ni… blm lg dngar perkataan orng, psti mcam2… tmbah skit…

  12. andi says:

    kenapa ketika ingin membuang pemberian dari mantan slalu merasa gk tega. ingin melupakan tp rasa sayang ttp msh ada… padahal dia bnr2 udh berpaling…

    @Andi : Menurut saya, itu namanya kamu belum konsisten untuk ngelupain si dia. Sekalipun terasa sangat-sangat susah, tapi coba deh untuk belajar ikhlas. Karena saya yakin ada yang terbaik di balik ini semua.
    Semoga membantu

  13. dian lestari says:

    kita sesyank saynk nya sama orang pasti kta akan bisa nglupoim dy,makasih ya atas tips nya, saya akan belajar ngluoain dia, walaupun udah lama ngejalani hub ne,

  14. endra says:

    saya pengn bgt lupaen mntan pacar…. yang tak jlas tu…………..

    q terpuruk dalm cinta yg tak jelas..

  15. surya says:

    .. saya masih bimbang dngan dia pdahal saya uda ptusin dia tpy dia ttp mz aqw….. ap dia msii cinta ma aqw….???
    tpyy aqw g triima sma tmen ku yg mz kmu dngan pnggilan ” SAY ” knapa kmu g blang ke aqw…..???

  16. No Name says:

    MUNGKIN CRITA SAYA MEWAKILI SDKIT KOMENTAR TMN2 YG BERBAGI D SNI .SAYA SUDAH MELAKUKAN HUB JAUH SEKALI.. SAMPE UANG SAYA PUN HABIS.. APAPUN YG DY INGINKAN SAYA BELIKAN.. SAMPE KELUARGA NY PUN SAYA BELIKAN SMUA YG D INGINKAN. TP TTP SAJA DY BERPALING KE ORG LAIN. SAYA SADAR PERBUATAN DY SANGAT JELEK.. TP ENTAH KNP SAYA TTP CINTA SAMA DY.. APA MUNGKIN INI NAMANYA CINTA SEJATI ? SAYA BNR2 BODOH KALO KT ORG2 BAHKAN TMN2 SAYA PUN KASIAN MELIHAT SAYA.,TP SAYA JUJUR TTP CINTA SAMA DY. SAYA BINGUNG MAU MINTA TOLONG SAMA SIAPA LG BUAT LUPAIN DY,… MENGAPA TAKDIR SAYA SEPERTI INI.. TRIMA KASIH BNYK YG MEMBUAT WEBSITE INI.. JUJUR SAYA MERASA DKIT LEGA MEMBACANYA.. WALAU SAYA GA TEGA UNTUK MEMBUANG BRG DY.. TP SAYA COBA UNTUK MEMOTIVASI DIRI SAYA SENDIRI UNTUK BISA MELIHAT DY BAHAGIA BERSAMA ORG LAIN.. WALAU DY UDH MANFAATIN DAN BOHONG PADA SAYA.. TP DENGAN IKLAS SAYA UDH MAAVIN DY :)

    _SAD

  17. zaldy says:

    cara apa aja udah aku lakukan , semua barang udah aku buang ,kesibukan udah banyak , bahkan pacar udah aku cari , hapus ingatan tentang dia itu seperti hal yng musthil semakin melupakan malah semakin mangingat , sudah 5 tahun yang lalu aku putus tapi, tetap aku selalu ingat

  18. archer says:

    hemmmmb
    semoga berhasil.

  19. alieta says:

    adduh…gwe bngung dngan hdup gwe skrang gwe dah pnya cwok tapi byng byng x masihh aja terus ada dlm benak gwe…tapi mksih bgt wat webside x….hufhh pkok x q rus bissa

  20. anis says:

    aq baru ajh putus sama mantan aq,, aq sayang bgt sama dia..
    susah bgt buat lupa sama dia.. hari” qu jadi ga enak,makan,kerja,kuliah serba ga enak..

  21. ushy says:

    gimana cara gue buat lupain dia ?? jujur hati gue sakit bgt,, dia selalu aja nyakitin gue,,prasaan gue uda kayak boneka aja di mainin seenaknya,,gue coba putusin n ngulepain dia,,,tapi itu susah banget secara semua yang ada di kamar gue itu pemberian dia, kipas, hp, camera, tv, lapto, motor, uang belanja gue tiap bulan itu semuanya dari dia,,(apa itu semua harus gue buang juga ??)kadang gue suka berasa seperti burung dalam sangkar,,kebahagiaan gue semu !! uda gua coba gk hubungin dia,,gue komitmen buat pergi dari dia taapii gue jadi gk semangat, gk selera makan, kly males, susah tidur, dan hati gue selalu gelisah,,,,haduuh jadii curhat

  22. Rifky youVald says:

    Gak Akan Pernah Gw Lupain Kenangan Pahit Itu,
    Tanggal 21 April Gw Jadian Sama Dy, Tanggal 4 Mei Gw DiPutusin Sama Dy Dengan Alasan Mau Fokus Sekolah Dulu & Dilarang Ortu Pacaran..
    Py Tanggal 6 Mei Dia Jadian Sama Temen Sekolahnya..

    Gk Perlu Di Jelasin,
    Itu Perasaan Gw Yg Paling Pedih Yg Pernah Gw Alamin Selama Pacaran..

  23. Harry says:

    **************
    Lagi pdkt sama cewek, doi masih aja teringat mantan . sampe waktu kita ktemuan ma si cewek yang ngantar si mantannya.
    **********************************
    yang penting dapet pacar mau dia inget mantan gak masalah.
    ***************
    wkwkkw semangat bos

  24. Leo says:

    Sdih bnget,. !!!
    :'(
    cwek yg Q cnta udh pnya tnang’an,.
    Krg, Q g’ tau hrus nglpa’in dy / mbka hti utk yg lain’nya,.

  25. risajayadi says:

    sbelumnya mkasi artikelnya sedikit bkin gue lega.trnyta byk juga yah manusia manusia lain yg kisah cintanya miris,kirain cuman gue doang..:D skedar share,gue pcran udah hampir 7tahun.slma itu gue udh ngasih smua hal yg dia minta,motor ninja yg dia pake,hp,uang sakunya dia perminggu,dan entah gue udh lupa.gue jg sempet mngalami diusir sama ortu gue sndiri dan hidup gak jelas nebeng tempat tmn2 gue.tp itu gak brlgsung lama,krna akhirnya ortu gue mengalah dan ngijinin gue pcarn sama dia asalkan gue pulang.waktu SmA gue jg smpet bela2in pindah sekolah,karna ikutin mau dia untuk satu sekolah.1,2,3tahun gue msh happy dgn smua perlakuan dia.mskipun gue tau prgaulan dia adlh salah,tp gue ikutin cara hidup dia dan tmn2nya..krna gue memaklumi usianya waktu itu msh remaja,brhrap akan brubah dgn sndrinya seiring dgn dewasanya kami.tp lama kelamaan,gue makin ragu dgn jalan hidupnya.krna trnyta dia gak pnh brubah dan justru tmbah parah cara bergaulnya.dari situlah smua mslh muncul,gue jd sering marah2 ke dia,setiap dia hangout sma tmn2nya.hidup gue jd gak pnh tenang.sampai akhirnya gue mergokin dia sama cwek lain,dan jelas2 didepan cwek itu dia banding2in gue.yg intinya cwek itu jauh lebih baik drpd gue.jelas gue sngat shock dan sakit hati.7tahun pngorbanan gue dan yg gue dpt bukan ending yg gue impikan slma ini.tapi byk hal yg gue petik dari smua ini,salah satunya yg msh gue coba mpe skrg yaitu bljar buat ikhlas memaafkan orglain dan melepaskannya .

  26. morgan says:

    wah ternyata banyak yg patah hati juga, aku pcran hampir 3thn udah aku berikan semua perhatian n uang n aku rela berkorban demi dia, karena aku ingin ngasi yg terbaik, aku gk pernah yg namanya bercumbu krna aku tau jika aku bkn jdohnya kasian dia,selama pacran dia pasif bgt setiap jalan atau suatu hal 90% aku yg fasilitasin, tapi seiring dgn wktu saat dia kuliah sifatnya brubah ke aku dia jga jarak, tpi dia gk pernah crita knp, dn smpe akhirnya tau ortunya dia bermasalah,aku cba trima wlpun brat tpi aku ushkan hub ini,saat mau jalan dia slalu saja gk bisa krna tak ada uang ,saat aku kasih dia mnolaknya dgn alsan dia gk pingin utang budi ke aku pdhal itu kan untuk kebahagian kita ber 2 ,tapi dia sudah cuek dengan hub ini, dia gk mau berusaha trz, aku pernah bilang klo kita jarang ketemu bgaimana kita sling berkasih sayang? (karena kuliah kami beda kota) tpi dia balas klo gk mau repot ya udah gak usah pacaran, sebuah kalimat yg buat aku skit hti bgt, kadang aku berfikir aku seperti pelayan yg melayani dia,akhirnya kita ptus dan baru 4 hari dia sidah pcran dgn co lain, ya bitulah jika kita sudah kenal cinta semua akan di lakukan, hemt nyesek bgt ni hti klo dia menemukan tulisan ini semoga dia sadar dan bisa lebih hargain seseorg yg sayang sama dia… cukup sekian terimakasih aku yakin Allah itu adil

  27. Adieth says:

    hmm, cinta itu bullshit.. pacaran bawa enjoy aja, jangan terlalu diperdalam, kalo teman2 sudah pada merit bukan cinta yang utama, tapi duit buat ngasih makan anak bini haha (curcol) so.. bagi yang patah hati, keep going, hidup dan masa depan masih harus diperhatikan ketimbang mikirin mantan.. bagi yang masih pacaran, jalanin ajah, but dont to deep, disaat ada kata putus jadi agan dan aganwati nggak terlalu terpuruk.

    kalo udah jelas merit, baru kalian pertahankan amat sangat, karena itu adalah tanggung jawab bro & bri…

    sekian :p

  28. Ai says:

    aq juga sngt2 g bisa lupakan mantan aq,, tpi stlah bc web ne,, sya trsadar klo tu smua krn aq blm komitmen tuk lupakan dia,…
    nyeseeeekkk skali rasanya, disaat aq memohon balikan smntara dia truss tolak..bnyk temn2 bhkan kluarga nyaranin sya agar lupakan dia,, tpi sush skali rasanyaa,…
    mudah2han aq bisa lupa total,,
    skrng aq tw gmn caranya pacaran tw mnjlin suatu hubungan,,
    aq g mw lgi jlanin hub. serius,, cukup skdr have fun aja,… capek klo seriuss,, soalnya ujung2nya sakit yg di dapat,, skit yg luar biasa…
    saranku : jngn terlalu SERIUS dlm pacara,, tak GUNA,…

  29. dddd says:

    mantan yang paling baik itu diletakkan dan ditaruh ditempat yang baik dan benar, baiknya dibuang ditempat sampah, benarnya dilupain selama-lamanya

  30. okthaNurulFadillah says:

    ku suka dan sayang banget ma suami org .. dia pun tahu itu , meskipun kita sama22 tau akan keadaan ini .. tetapi diia masih saja memberikan ku harapan .. apa yang haruus ku lakaukan .. ? melupakannya atau tetap menentikan harapan itu . ? hhm ,, melupakannya dgn cara apah …

  31. floren says:

    wahhh
    bener juga tu :)

    makasih saranny :)

  32. muchasm says:

    qpcr dh 3th qkrban kan smua smpai kbur,g dngerin kta2 ortu,tmen,sdra,, fsilitas qksih tpi knp qminta hbngan diperjlas tpi mlas g ada jwbannya,mlah dia prgi g ada kbr”qcba lpakan &cba jlanin hbngan dngan orng lain,akhirnya qptuskan cba mnerima orng ln tuk jdi psangan sehdup semti,wlpun brat rsanya tpi sya bersyukur da yg mau trima keadan q.tpi kcwa qbru nkah 1thn dia jga nkah knp dia kya gtu ma q….
    minta tips dong cra lpain mtan pcar soalnya sya dh nkah tpi msih trbyang ama mantan,!?

  33. uchy says:

    mkasihhh tipsx…

  34. kharis says:

    pertama ketemu waktu MID semester kelas 9 dan disitu gua sama dya lirik lirikan dan kelama lamaan gua ngedeketin dya dan waktu tgl 21-12-2012 gua jadiaan sama dya dan pertama kali gua jalan sama dya itu penuh pengorbanan dari monas ke tangerang dari jam 6 sampe rumah jam 9 naek sepedah dan mandi ngambil kunci motor langsung jemput ditempat temenannya .disitu juga gua bahagia dapet berkorban dengannya.dan dulu itu dya susah banget buat diajak jalan tapi kelama lamaan dya mau jalan trus .hati penuh diuji saat itu dan dulu emank emosiaan gua tapi dengan cara itu gua menjaga dya baik baik dan gua mencoba untuk setia walau cwek cwek menghampirin gua .tetapi waktu 21-10-2013 dya putusin gua dengan alesan enggak jelas.allah itu baik banget suatu saat dya pasti sadar klo gua sayang banget sama dya :”(

  35. Tri Agung says:

    nice post your blog…

  36. septiya takarina says:

    sayang ma mantan aku,tp dia nya bikin aq jengkel

  37. nn says:

    Mantan pacar bukan untuk di lupakan tapi untuk di kenang.
    Jujur ajah w ga pernah lupa sama semua mantan-mantan w. semua hadiah, foto dan kenangan bersama w simpan dengan rapih. :)
    walau terkadang suka galau tapi tetep keep smile… :)

    ambil sisi positif nya ajah dan yakin kan diri kalian bahwa ada seseorang yang sedang menunggu km jauh-jauh-jauh-jauh lebih baik dari yang terbaik yang sudah di berikan Tuhan untuk kamu. :)

  38. ida purnama says:

    aku udah jalanin hubungan sama dia , pas pacaran dia baik banget sampe temen2 aku ngira kita pasangan yang ga akan putus laa kelamaan dia sering nginap di rumah temen nya sifat dia berubah cepat lama kelamaan dia deket sama cewe lain dan aku pun di tinggalin begitu cepat padahal cewe nya lebih baik dari aku kalo kata temen2 nya

  39. Steven Kurniawan says:

    Pertama aku di sukaiin sama orang yg aku suka tapi aku lom bisa menerimanya diapun mendapatkan pacar saat dia putus dengan si pacar aku ganti menembak dirinya diapun menerimanya dengan senang hati….hari” di lewati bersama memang menyenangkan bercanda gurau dll….lama” kemudian setelah beberapa bulan berlalu aku menjumpai dia masih sering chat dan sms dengan mantan lamanya….Bahkan dia sering sedih bila mantannya tersebut mengatakan dia LONTE dll….akupun makin menyayangi dia kasian sama dia …Tiba” kami kepergok orang tua dia saat sedang berpelukan saat itu juga aku tak di perbolehkan oleh orang tuanya untuk memacarinya…Beberapa hari setelah itu dia minta putus karena orang tuanya tak mengijinkan….. Spontan aku agak sedih dan susah apakah dia menyayangiku atau tidak?Dulu saja pas dia ama mantannya paas ngak di di bolehin pacaran tetep di lanjutin pacaran terus sampe berbulan” ni cuman beberapa hari kenapa aku di putusin?Aku sangat susah dah kaya ngak ada semangat rasanya tidur makan semuanya susah……sampai saatnya ternyata dia memajang DP di BBM dia dengan mantannya ….spontan dong aku mara karna aku begitu cinta ama dia aku bilang PENGHIANAT karna dia dah janji sama aku bakal setia…dia mara” ngata” in kasar aku ….aku berusaha sabar aku minta maaf ke dia …dia tetep ngak maafin aku akhirnya besoknya dia maafin aku dengan cukup menjawab Y ….Aku tanya ke dia kenapa si pajang DP BBM gitu katanya suka” to emangnya harus ijin aku sama kamu?Sakit sekali rasanya di kataiin gitu ……dia menambahkan kamu tu apa isanya cuman kaya gitu ngak romantis njelei dll….TUHAN SEMOGA AKU MENDAPATKAN YG LEBIH BAIK DARI DIA :)

  40. nadya says:

    thankss tipsnya,,emang bnerr jgaa,lgiann msih bnyak yg lbh baik dri dia

Leave a Reply

Current ye@r *