494

Untuk bisa melupakan mantan pacar memang bukan hal mudah, karena saya yakin masalah yang satu ini kadang-kadang memang gampang gampang susah. Selain itu untuk bisa melupakan mantan pacar, karakteristik serta perasaan masing-masing individu akan berbeda-beda sehingga keputusan serta komitmen kita akan sangat memberikan kontribusi untuk benar-benar bisa untuk melupakan si dia. Cara apapun yang kamu lakukan kalau kamu tidak berkomitmen untuk melupakan dia, itu tidak akan berhasil. So, jika kamu emang pengen ngelupain dia, tips melupakan mantan pacar versi saya yang pertama adalah komitmen. Komitmen untuk membuktikan diri bahwa kamu bisa hidup dengan menjalani tanpa dia. Tetaplah jalani hari-hari kamu apa adanya, jangan bersikap seolah kehidupan sudah berhenti dalam diri kamu. Tetep tegar dan tetap untuk menjadi diri kamu apa adanya.

Jika itu sudah kamu lakukan, kemudian simpanlah atau buang saja semua barang-barang dari si dia. Bukannya kita tidak menghargai pemberian dari si dia, kalo kamu sayang untuk ngebuangnya ya di simpan aja. Ini setidaknya untuk menghindari agar kamu tidak teringat lagi sama dia ketika kamu melihat barang tersebut. Apalagi jika ada sebuah barang yang menurut kamu bener-bener memiliki makna banget, mungkin hadiah ulang tahun, boneka, kalung/cincing, foto, dsb.

Jangan keseringan bengong, cobalah untuk menyibukkan diri. Kerjain tugas kek, bersihin rumah/kamar kek, main ke rumah teman, atau merencanakan sebuah aktivitas yang menurut kamu positif. Dengan bersikap lebih aktif, itu akan mencegah kamu untuk mengingat dia kembali. Selain itu, malam harinya pun kamu bisa lebih mudah untuk tertidur karena kondisi tubuh kamu yang sudah lelah beraktivitas seharian.

Next, mencoba untuk membuka hati kembali. Naahh…, daripada cakep kamu hilang gara-gara bengong mulu kaya’ ayam sakit [SMILE!], mendingan coba untuk membuka hati kembali untuk orang lain. Meskipun poin ini tidak gampang, tapi dengan membuka hati dan belajar untuk menerima orang lain mencuri hati kamu, kamu bisa sadar bahwa ada orang lain yang sayang, mau memperhatikan kamu, dan yang pasti kamu akan mendapatkan keyakinan bahwa kamu bisa mendapatkan seseorang yang lebih baik dari diaasuki u. Siapa tahu aja orang yang kamu kenal itu lebih baik dari mantan kamu. Kalo belum dapet juga, cari donk. Atau kalau mau nge-jomblo dulu itu juga pilihan bagus bagi kamu untuk sekedar menenangkan diri, jomblo juga asyik kok :)

Yang kelima, nggak ada lagi. Maksud nggak ada lagi disini adalah, nggak ada lagi (mencoba menghapus) dalam fikiran kamu untuk mengingat tentang dia. Ini bukannya memutuskan silaturahmi lho… ini sekedar untuk mengantisipasi suatu keadaan. Misalnya seperti ketika kamu lagi sendiri, atau mungkin ketika kamu jalan ke suatu tempat dimana tempat itu mungkin dulunya sering kamu kunjungi sama dia. Jangan diingat-ingat lagi, itu masa lalu teman! Sekedar mengingat boleh, tapi jangan sampai terlarut sama keadaan ;-)

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Delicious
  • LinkedIn
  • StumbleUpon
  • Add to favorites
  • Email
  • RSS
Tags: ,

494 Comments

  1. sitedye says:

    aku punya maslah aku punya mantan pacar satu kantor setiap hari aku bertemu dengan dia mungkin selama aku masih kerja disitu aku akan setiap hari ketemu dia dan sakit hati karenanya. apa ada solusi buat masalahku, aku putus gara-gara dia memiliki pacar lain.

    @Sitedye : Mmm.., menurut saya kaya’nya agak susah kalo frekuensi ketemuannya masih sering, tapi solusinya ya emang harus berjiwa besar & menerima kenyataan. Dan yang terpenting, mencoba untuk bersikap biasa saja meskipun kamu sakit hati. Tapi kalau kamu ikhlas, semua akan berlalu seiring dengan waktu kok.
    Semoga membantu :-)

  2. sinta says:

    tega banget sie kamu???cungkringcuma punya wajah paspasan udah brani ngeduain aku
    rosid i hatte u

    @Sinta : Aku gak ikutan ya.. :-D

  3. Eneng says:

    Entah dia adalah sebuah kesalahan atau sebuah keindahan,tp nyatanya dia lebih memilih pacarnya dibanding ak yg slalu mengisi hari2nya.ak hanya bs pasrah melihat kenyataan,dan memendam semua rasa cinta utk dia,sampai kapanpun ak nggak akan pernah berhenti mencintainya.

  4. majruh says:

    apa yang q lakukan katika rasa caynnk ters mebayangi q……

  5. mawar says:

    mantanQ MANX KACAN9AN+AS90KKK

  6. vhii says:

    paling susah buat gue nelupain mantan pacar , yg ad gue minta blikan mulu ,ujung2ny paling dugem lagi , itu emng tempt paling enjoying bual lupain smua masalah .. Hidup STD

  7. Elga manggala putra says:

    pengen nglupain pacar susah banget knapa ya??? setiap hari aku inget trus sama dya???
    dya tuch pacar pertama aku….

  8. aras says:

    yea…..yea…..yea…..
    ngluPain mAntaN tUCH saNgaT sULit bgi Q….
    muanagkin krn q yumz bs melupakan knangan dgan nya…
    tp q kan truz berusha….
    q yakin bs hdp tanpa dia…
    karn q yakin msh banyk cint yang laen, yang lebh baek ri dy…..
    amien…. SEMANGAT

  9. vera says:

    mank lpain mntn pcr susah bgt..
    pa agy kl qta gy syg bgt ma dya,
    tyuz dya ninggln qta g2 z wat ceue lain..
    humpt skit hti bgt.. :’(

  10. utie & thia says:

    aq dah poenya pcar iank aq cintain n aq cyank’in ,,
    py d dlam sfat dy tow ada sifat2 sih mntan aq tow?, atchem coba’ mw bsa d lpain ????????? gmana donk cara nya???????
    please teman tlong ksih tw aq???

  11. dedy says:

    mantan, sesuatu yg indah sekaligus menyakitkan..
    Dulu tak ada lg yg indah selain senyumannya, tak ada lg yg kunantikan selain suaranya..
    Dia Menyejukan hati yg gersang dan menjernihkan pikiran yg kotor..
    Tp itu dulu, semuanya sudah selesai..

  12. dsy says:

    aqu bru pertama kli pacaran tapi aqu langsung di kecewain ma dia, aqu ingin skali melupakan dia tapi susah bgt buat ngelupain dia,,,,,,,,,,, kami putus gara2 aqu gak mau ngasih bibir qu ma dia,aqu mikir klu cwok sudah dpet yg dia inginkan pasti dia bkl membuang kita………..

  13. yuki says:

    dy bgtu b’arti dlm hdup ku,,,
    tapi perbedaan membuat kami harus menjauh,,
    sulit bnget ngelupain dy,,

  14. ddew says:

    pusing klo ktm mantan tiap hari….:(

  15. maya says:

    kembali kepada Tuhan kita., ingat Cinta kita terbesar adlah kepada Tuhan kita..Love Allah Forever..pasti bisa sembuhin hati kita yg sakit. krna jatuh cinta dan patah hati smuanya dari Allah mka yg dapat menyembuhkan hati kita hanyalah Allah SWT..semangat temannn

  16. dunn says:

    mantan pacar emang bkin sakit,krn sakit jd keingat trs?mdhan yg comment disini (termasuk ane) dikasih kekuatan utk bisa ngelupain sang mantan?

  17. irsyad araz says:

    huh gue di2ain ma mntan pcrq,,,,, skit bnget htiq xmpek sekrang

  18. indah says:

    quw pengen ngelupaiin u utk clamny???????

  19. Dewi Malau says:

    Klw Bank Perpisahan yg terbaik, buat apa di sesali???
    Psti akn ada org yg berikutnya, yg menjadikan kita lebih ber’arti…

  20. Ryanz says:

    ThNk u all

  21. ella says:

    ..,,,,(www.musik.com)
    reff: kembalilah kw k’ksh q
    jgn putusKn kw tinggalkn aq,,,
    sekali’ pun sering q mnyakitimu…
    tp hny lah kw pengisi hatiku..,,,

    hohohoho…mav kn aq…
    hoho.mav’kn ego q,,,
    hohoho mav’kn diriku

    ~ LOVE YOU FOREVER ~

  22. fitri says:

    gMna cie cra nglupain orng yg bener2 kt syng?
    gmna jg cra nya buang rs malu klo lgi dkt atau papasan sm dia?

    @Fitri : Cara ngelupain orang yg kita sayang?!? Ya itu sih tergantung komitmen kita, kalo kita emang bener2 commit, Insya Allah bisa kok. Trus kalau lagi papasan sama dia, cobalah utk bersikap biasa aja. Nggak perlu pake nunduk, buang muka, atau sok pasang tampang marah, biasa aja… Siapa tahu dengan sikap kamu yang berjiwa besar seperti itu, si dia justru merasa salut sama kamu.
    Semoga membantu ya Fitiri :-)

  23. richa sahara says:

    hyyyy muaa…
    q mnt saran donkz…q cyg x ma doi…ru x ne q diptsin ma co..pdhl bnyc x co yg cka ma q..pye q tolak mua krn q cyng x ma dya,….sbut z ea dya kurnia gusti..usia q ru 16…q cyg x ma dya..ampe2 q mo lkkn ap z bwt dya to..wlupun nywa..to lah pngrbnanku..pye np dya yac gto ma q…
    dya tnggln q disaat q dha cnt bgt ma dya…q cie cmpat brpikir..????ap ne krma bwt q krn q cllu nyktn co..hemz,,,,wlupun dya dha nykti q..q ndc bca bhngi prsaan ne..q mch cyg bgt ma dya…kmrhn ne hny sesaat ma dya krn kmrahanku tlah terpndam oleh rsa cnta..tiap mlm q nangis krn dya..q cllu ingt suara dya,,,kta2 dya..ktwa dya…huu..ngangenin..wlupun dya ciee ndc kyen..heheh..pye q cnta ma dya..
    ehmz..cmpe2 saat ne q bnc yg nmnya cnta ughc cowox..bgiku co mua to cma..jd mlz pcrn ne…tlong q tuc lpkn doi ea..pliez gmn cranya…

  24. ronny says:

    mantan pacar it hal yang menyakitkan

  25. sifa says:

    huy guys,

    mw curhat nhe, gmana ea cara ngelupain doi .. pdhal q dah dpet pnggnti dia yang lebih baik, tpi qnpa selalu dia yang da di pkiran q. pdhal dia dah jhat bgt ma q bahkan dia smpe msih inget sama mantan,a tyuz,,,,, q tw che dia orang kaya n dia naq kuliahan tapi kan gg seharuz,a dia maenin perasaan,q………….

    tlong ea teman ksih tau saran nyua !

  26. SITI says:

    aducH AQ teringatt m’mantanQ
    DYA 1 SEKOLAHH SICHHHHHHHHHHH

  27. Rifed's says:

    mngapa knangan brsma dia slalu ajja mengantui ku, atau mgkin karna udh 5 tahun kmi brhubungan jdi trlampau berat aq tuk melupakan, sdah bnyk suka duka yg kmi lalui berdua,,,tlong ksi solusi dong…? Apa yg hrus aq lakukan.

  28. lovedricky says:

    aq sakrng g bisa melupakan km meskpn u udah punya tunangnkenp u disaat aq bisa melupakan km kenp km sms aq lag……………????

    AQ SAKIT HATI BANGT AM KM

  29. Lia says:

    sebenernya gak pengen banget punya mantan pacar….. tapi terjadi juga. jadinya, susah banget nglupain… Ya Allah… gmn caranya ar bisa ikhlas? padahal udah bersha… mohon sarannnya teman….

  30. lovers says:

    aq dah nikah tga thun,tp sblan trhir ini aq mimpi ktmu sm mantanq n aq bnar” snang bget…akhrx aq mtusin u/ plg ke rmh yg dlu,dmna dstu ada mantanq…aq telfn”an lg ma dia akhrx janjian u/ ktmu lg.entah knpa rsa syg itu mncul lg di saat aq dah nkah dgn org laen,bhkan dah pux anak atu,,,aq bnar” g tau mesti gmna aq msh syg sm mntanq,sdgkan suamiq dah aq cuekin,,,ya allaahhh bntu aq u/ mlpakan mantanq ini,terlalu bnyak hlgan n kendla u/ kmbli lg sm mantanq,disatu sisi aq dah jd istri org laen n dsisi laen aq jg g seiman dgn mntanq n mntanq jg skrg dah cuekin aq stlah ktmu….gmna crax tuhan aq lupain dia,,,hdupq bnar” dah hncur tringat sm dia.tmn” apa yg mesti aq lakuin…please bntu aq ya

  31. risna says:

    ya slt bgt ya nglupain si dia,,,, tiap q dger lgu k sk an x q slu ingt ma dia, n rs x q pgin ngs………….. tp, mgkn dg lht dia bhgia q uga ikut sneng kok. yaa, mski hti q skit bgt.. tp, q kn cb untk lpkn dia kok. BYE MY FIRST LOVE.

  32. han's says:

    aku dah coba berbagai macam tips2 untuk melupakan mantan pacar ku,tapi ga berhasil.. tolong donk….

  33. titin lestyani says:

    aq tu, bru ptus m pcr ku,tp msalah nya 5 hri lgi aq musti dateng ke acara pernikahan kakaknya?? and itu hrus soal nya aq ngk mukin ngk dateng,soalmya pas bpk ku meninggal ortu mantan ku itu takziah,tapi lok aq ktemu m dy lgi , hatiku skit bget. . . gmn ya cranya ???biar lok ktemu m mantanku htiku bsa biasa2 za gtu???

    @Titin : Ya memang mau gak mau kamu harus datang. Mungkin kamu harus lebih berjiwa besar sambil mengingat kebaikannya yang sudah pernah dia (serta keluarganya) yang sudah pernah dilakukan sama kamu.
    Semoga membantu ya :-)

  34. Beauty says:

    Gimana caranya biar aku bisa lupain dya ,, aku gatau lagi musti ngapain aku udah brusaha tapi aku selalu inget dya ,, aku selalu inget kenapa dya tega ngelakuin ini sama aku ,, tolong kasih solusi ya buat aku

    @Beauty : Udah ikhlas belum?? Or, apakah kamu udah bener2 commit utk ngelupain si dia??

  35. tiaraa says:

    “gimna si cara yang lebih cepat tuk lupaennya…..”
    “semua cara dah akk coba tpii tetap gak bisa ….”

  36. nurull says:

    w pngn ngelupain dy , tp tuh susah bngt ,, dullu dy blng dya syng bngt ma w ,tp cumma msllh kciil ya walaupun terkait ortu .. tp klo mang dya bisa memperjuangkan cinta nya , dya bsa ngtasin msllh ni dngn baikbaik,,

    tp knppa dya lngsung mengambil keputusan kya gnii….
    w sakiiittt …
    nd skrng dya dah sneng ma cwe bru nya ..
    tp knpa dya secepat it dptin cw ??????
    sdngkan w ????
    jngn kn lupain dyya …
    melihat qe arah lain ja gk bssa .

    kasiiiihh w solussi doong ?

  37. ElLI says:

    Melupakan mantan i2 susah banget…!!!aku berusaha melupakan dia tp kenapa dia selalu muncul dipikiranku.Bahkan q mencoba nerima cowok lain tp mengapa di dalam pikiranku hax mantan terus yg ada.Kadang dia hilang dari perasaanku..tp lama-kelamaan muncul lg di dlm pkrnku..seperti ad bayanganx di dkt q.sampai-sampai q tidak konsentrasi belajar.tugas kuliah ngk beres..Klw q shalat q sering berdoa..ya ALLAH..jauhkanlah dia dari ingatanku ………tetapi kdng dia sdh tdk ad dlm pkiranku.Tp besok2x muncul lg di dlm pkiranku……aneh..

  38. menangis akuh says:

    kecewa dipuusin pcr,…..menangis,….tersedu2,…otot2ku mengejang,….dan ssejenakku tidak bisa merasakan tubuhku,…..ak menangis terlalu dalam,…hingga akhirnya badanku terkulai di lantai,…lemas,…dan akhirnya tertidur,….dan ku ingin tetap tidur,….selalu,…setidaknya aku ga sedih walau hanya mimpi…..namun,…ternyata aku bangun,…dan kudapati diriku dengan kenyataan yang sama,…aku telah putus dengannya,…

    dan kuingin kembali ke tidurku,….setidaknya dalam mimpi,….ku bisa bersama dengan nya,…tapi dia tidak pernah kembali,….hari,..minggu,..bulan,..bahkan tahun,…dia tidak pernah kembali,..cintaku yg terlalu besar,…telah menguburku dalam2,…dan ak susah keluar dari kuburan cinta itu,…ak terbenam didalamnya,…
    AKU SAYANG DIA,…

  39. aniezt says:

    masa lalu bukanlah hal yang harus di ingat ingat tetapi hal yang membuat kita tambah dewasa ketika kita sedang menghadapi masalah yang dihadapi di kemudian hari, dan menerima semua dengan ikhlas .

  40. Irwan_Akhmad says:

    Lupain mantan y,,hmmm..obat’a sih cm waktu,,klo ga,coba utk membuka hati ma org lain..klo dpt yg lebih pasti lupa ko,,trust me..: )

    @Irwan : Good tips buat lupain mantan tuh, udah tak coba juga kok. Thanks for sharing ya Bro.. ;-)

  41. meisya says:

    ak syang sekali sm someone…kami menjalin hub krg lebih 4th,kedua belah pihak ud klik (s7),tp krna perbedaan agama kami berdua u/ memutuskan jd saudara.Jk kami brtemu,hnya rasa sakit hati yg q rasa,coz q brpikir ga bs menikah sm dia,dlm wkt lama q mencoba brpacaran sm cwo lain,& disaat q ud bs sdikit mlupan mantanku & memutuskan u/ menikah dlm wkt dekat dgn cwo baru,disitulah trjd prtngkaran yg sngat sering..jd ak msih brfikir kl mantanku adl org yg trbaik & sangat ak sayangi,dia yg paling mngerti ak:)
    Bgaiman cranya mlupakan mantanQ…& bgaimna jg menyayangi pacar keduaQ ?thx.

    @Meisya : Wew, yang jelas, masa lalu adalah masa lalu, & nggak mungkin kan kmu hidup dengan saling membagi hati ;-)

  42. ichsan says:

    tlong saran’y bg? Aq bingung, hrus apa in hub an ini?? Hub an ni uda gk indah lg sprti dlu. skapnya skrg sllu sja bwt hti qu miris, S’akan2 dy mmaksa aq utk m’bnci y. pdhal dlu dy yg q knal gk sprti ini,dlu mlah dy yg beri tw aq arti cnta yg sbnr’y,shngga aq jd syg bhkan cnta sprti ni k dy. smpe skrg pn d bibir y masi ucapkn yg sama,tp tdk dgn skapnya..
    Slma ni aq uda brusaha mlakukan yg tbaik.tp knp hal yg tdk qu hrp trjdi jg. Jujur Aq takut khilangan cnta yg uda q idamkan slma ini, Mnrt ab aq hrus gmn? Tlong sngat msukan y..
    T Q. Dari sncan di Aceh

    @Ichsan : Coba kamu tanya & bicarakan ini sama dia dari hati ke hati, apakah hub kamu memang benar2 serius bagi dia?
    Semoga membantu :-)

  43. tata says:

    aku,, prempuan 24 thn pcar ku 22 thn pcaran dah 3 thn,,aku sllu menglah setiap ada maslah dan skg pcr ku selingkuh,, aku tag menerima dan memutuskan dia,dia minta balikan ku terima jika dia memang serius untuk menikah dgn ku,, dan jwbanya masih berat,, krna ortunya mengingkan menantu yg melebihi derjatnya(pgen yg kaya mgkin),, bgaimana melupkanya ..??

    @Tata : Cinta sejati, tidak akan mengenal apapun, termasuk harta. Menurut saya, yang harus kamu lakuin adalah, “Melihat keseriusan hubungan dia dgn kmu. Meskipun dia masih menjawab berat, mungkin bisa jadi karena faktor ortunya. Coba tanyain lagi secara baik2 dan serius sebagai pedoman untuk kamu mengambil keputusan selanjutnya”. Kalau dia mau serius, silahkan di next. Tp, kalau masih berat karena ortunya nggak setuju, up 2 u.
    Melupakan seseorang yang sdh menetap di hati memang nggak gampang. Tapi kalo ngeliat curhat kmu di atas, menurut saya cara ngelupainnya ya cari lagi yang baru :-D
    Karena tahukah kmu, “Jika seseorang mencari pasangan hanya karena harta, maka harta tersebut yang akan merusak hubungan tersebut”. So, cari aja yang baru… ;-)

    Nb : Maaf kalau saya kesannya memprovokasi, tapi itulah saran dari saya.
    Terima kasih sudah mau berkunjung kesini, & Semoga membantu ya Ta :-)

  44. titania says:

    hmmm . susah jga sich lw blom add eank ganti’n makh . hehehehe

  45. elya says:

    gmana yyyyyyyyyyy ………. da ska gg bsa lw blom add eank ng’ ganti’n makh . heheheheh .:::), v lw dya bkin kta skit hati makh , lupa’n z langsung . hehehehehhhhheeee

  46. Jordan says:

    Goods

  47. fifit says:

    aq ingi lupain pcar ku yg bru ja putusin aq……
    tpi gimna cra nya …….
    tolong……………..donk!

    @Fifit : Cari yang baru lagi aja, ntar juga bisa lupainnya :-D

  48. lelly says:

    w sama dy udh lama pcran tapi dy itu sering bgtt ngomelin w demi abang nya pdhl abang nya jahat ma dy,giliran w yg syg ma dy mlah w di omelin w gg sanggup kllo bgini truz w skng msh pacaran tp w pgn putus tp w blm siap wat lupain dy … gmna caranya w ngelupain dy sdngkan dy slma ini yg ada di stiap hari w ???

  49. uki nagh chitem says:

    Q blm biza melupakan dia karn dia clalu memandang aku klu ketemu……………………..

  50. chika says:

    aku udah ngejalanin 2 tahun sm dy , tp krn suatu masalah yang MAYBE dy jenuh ato apalah , dy mencoba suatu hal baru yang gak lazim banget buat aku ( gak usah disebut ya guys )akhirnya aku yang tegas untuk minta kita berteman aja , karena aku yakin jodoh gak akan kemana , tul gak ??
    nahhh , tp sekarang masalahnya baru 1 hari gak ada kabar dari dy , aku tuhh langsung bingung alias kelabakan bukan main . hati aku masih terbiasa ada dy dan apa apa selalu minta tolong dy . ini hari kedua aku gak ada kabar darinya tp apa yg aku dapaet ?? aku gak bisa tidur , gak bisa makan , perasaan gelisah dll .
    oya dan 1 lg aku pengennnnn bgt ngelupain dy tapiii dy 1 kmpus ma aku n 1 kelass pula !!! OMG help me please . sekarang aku bener2 bingung , pengennya nangis truss tiap saat . . udah 2 hari ini juga aku bolos kuliah karena menghindari dy ?? krn aku ga tau apa yang harus aku lakkukan . somebody help me please !!!!

    @Chika : Jika rasanya kmu mutusin dia adalah keputusan yg tepat, knp harus menyesal. Suatu hubungan yg dijalin dengan (adanya) perasaan yang gak nyaman/merugikan kaya’nya gak bakalan langgeng deh. So, menurut aku kmu hanya butuh waktu adaptasi aja karena kmu udah terbiasa sama dia. Btw, jgn sampe kuliah jd hancur gara2 masalah ini ya Sis..
    Semoga membantu :-)

Leave a Reply

Current day month ye@r *