496

Untuk bisa melupakan mantan pacar memang bukan hal mudah, karena saya yakin masalah yang satu ini kadang-kadang memang gampang gampang susah. Selain itu untuk bisa melupakan mantan pacar, karakteristik serta perasaan masing-masing individu akan berbeda-beda sehingga keputusan serta komitmen kita akan sangat memberikan kontribusi untuk benar-benar bisa untuk melupakan si dia. Cara apapun yang kamu lakukan kalau kamu tidak berkomitmen untuk melupakan dia, itu tidak akan berhasil. So, jika kamu emang pengen ngelupain dia, tips melupakan mantan pacar versi saya yang pertama adalah komitmen. Komitmen untuk membuktikan diri bahwa kamu bisa hidup dengan menjalani tanpa dia. Tetaplah jalani hari-hari kamu apa adanya, jangan bersikap seolah kehidupan sudah berhenti dalam diri kamu. Tetep tegar dan tetap untuk menjadi diri kamu apa adanya.

Jika itu sudah kamu lakukan, kemudian simpanlah atau buang saja semua barang-barang dari si dia. Bukannya kita tidak menghargai pemberian dari si dia, kalo kamu sayang untuk ngebuangnya ya di simpan aja. Ini setidaknya untuk menghindari agar kamu tidak teringat lagi sama dia ketika kamu melihat barang tersebut. Apalagi jika ada sebuah barang yang menurut kamu bener-bener memiliki makna banget, mungkin hadiah ulang tahun, boneka, kalung/cincing, foto, dsb.

Jangan keseringan bengong, cobalah untuk menyibukkan diri. Kerjain tugas kek, bersihin rumah/kamar kek, main ke rumah teman, atau merencanakan sebuah aktivitas yang menurut kamu positif. Dengan bersikap lebih aktif, itu akan mencegah kamu untuk mengingat dia kembali. Selain itu, malam harinya pun kamu bisa lebih mudah untuk tertidur karena kondisi tubuh kamu yang sudah lelah beraktivitas seharian.

Next, mencoba untuk membuka hati kembali. Naahh…, daripada cakep kamu hilang gara-gara bengong mulu kaya’ ayam sakit [SMILE!], mendingan coba untuk membuka hati kembali untuk orang lain. Meskipun poin ini tidak gampang, tapi dengan membuka hati dan belajar untuk menerima orang lain mencuri hati kamu, kamu bisa sadar bahwa ada orang lain yang sayang, mau memperhatikan kamu, dan yang pasti kamu akan mendapatkan keyakinan bahwa kamu bisa mendapatkan seseorang yang lebih baik dari diaasuki u. Siapa tahu aja orang yang kamu kenal itu lebih baik dari mantan kamu. Kalo belum dapet juga, cari donk. Atau kalau mau nge-jomblo dulu itu juga pilihan bagus bagi kamu untuk sekedar menenangkan diri, jomblo juga asyik kok :)

Yang kelima, nggak ada lagi. Maksud nggak ada lagi disini adalah, nggak ada lagi (mencoba menghapus) dalam fikiran kamu untuk mengingat tentang dia. Ini bukannya memutuskan silaturahmi lho… ini sekedar untuk mengantisipasi suatu keadaan. Misalnya seperti ketika kamu lagi sendiri, atau mungkin ketika kamu jalan ke suatu tempat dimana tempat itu mungkin dulunya sering kamu kunjungi sama dia. Jangan diingat-ingat lagi, itu masa lalu teman! Sekedar mengingat boleh, tapi jangan sampai terlarut sama keadaan ;-)

Share and Enjoy

Tags: ,

496 Comments

  1. YANTI says:

    AKU DAGH BERSAMA DIA SELAMA 4 THN
    ANDAI AKU TWU DIA JDI GINI MUNGKN AKU GA BAKALAN BRSAMA DIA SMPAI 4 THN
    GIMN NGELUPAIN DIA

    EMANK SUSAH BANGET NGELUPAIN DIA APA GI DAGH 4 THN

  2. sakit says:

    akku baru putus sama pacarku .. sudah 1 thn lebih aku sama dia ,.. dia mutusin aku karena ada cewek lain . sakit banget rasa.nyha .. semoga tips diatas bisa bantu aku yang sekarang benar2 remuk dan tak punya semangat hidup …………

  3. Unyil says:

    aqqo udda ptz sktar 8 bln yg lalu,,tapi masih kebayang” wajahnya diia,,, msih ajja keinget masa” dulu. tiap lyadt tweetnya dia ke cewe laen, aqqo slalu ngrasa cmburu. aqqo dh prnah cb tips” kaya yg di atas, tp rasanya kok susah banget y :’(

  4. Anonim says:

    Komentar yg pertama seperti mantan qu aja, aq juga sama 2 tahun pacaran trus akhrnya pisah.

  5. hasby says:

    susah bnget lupain dya
    berbgai cra sudah d perbuat tpi emang susuah bnget
    walaupun aq dah tau keburukan nya
    toh msih aj ttap ingat…

  6. sigit says:

    jgn kan 1 thn atau 4 thn . w yg 7tahun ajj susah bgt lupain dy . smw udda w lakuin berbagai cara utk mlupakan dy . tpi gag bisa jg . kta sring gmn nie?????????

  7. Qory alvian says:

    itu yang saya alami saat ini.
    tapi intinya perubahan itu semua harus dari diri kita sendiri,
    percuma kita minta nasehat dari temen, orang tua, atau kakak kita, tapi kita sendiri tidak bisa move on.
    meskipun itu sulit.
    ayo kawan, wake up! masa depan masi panjang dan sangat berarti. jalani hidup ini dengan SMILE :)

  8. Tyara fiesta says:

    melupakan mantan pacar itu emang gak mudah. seperti yang saya alami, meskipun baru 2 tahun pacaran trz putus rasanya berat banget. sampai sekarang membuka hati buat cwok lain pun kyak nx gak bisa.. :’(

  9. rika says:

    aku punya pacar tpi akhir”ini dy berubah bgt… lbh mentingin keluar rmh kmpul” sm temen” ny d.bndingin ngobrol/vonnan sm ak .. pengen bgtt ngelupain dy …smua tips d.atas udh ak lakuin tpi gagal :”(

  10. Ririen says:

    susah beud melupakannya,harus dengan cara apalagi..
    di setiap detik selalu terigat dengannya,apalagi kita d putus dengan tuduhan yang tidak benar,harus gimana lagi aq????

  11. Luy says:

    Emang susah banget sich lupain mantan pacar………
    Tapi aku sudah berhasil melupakan si mantan pacar……
    Buktinya aku jalani dengan cara apa yang ada di “TIPS MELUPAKAN MANTAN PACAR”……
    Thank you Andy Febrian………

  12. chi bawel says:

    aku ga bau putu m cow aku tanp sbab jha gt…pdahal kmi bek2 aja sbelum n….dasa na da g punya komitmenn…….trus ku pngen ngelupain d tapi da skela ma aku n knangan kmi banyk bgt…..gi mna dunk solusi na?????????

  13. anah fauziyah says:

    mw tnya,,q pny mntan SMP mntan aku itu bru prtma x pcrn sm aku,, nah aku sm dy cm 1 bulan 2 minggu berpcran, tpii stlah pts km msh sling syg,,ktika LULUS SMP kmi dpshkn oleh jrk dan wktu cz prbdaan skolah,, aku dan dy sm” jomblo 1 thun,, ktika kls 2 SMA,, dy udh pnya pcr,, yg otomtis pacar ke 2 stlah aku,, kira” aku kan pcr prtmnya dy,, dy msh ada rasa ga yah sm aku,, ?? ktika dah brp thun ga ktm dy khoz q cm sbntr tpii dy salting ,, hmm trs sm pcrnya yg skrg itu awet,, yh bysa pts blik gtu,, mnrt kalaian,, dy itu msh ada rasa ga sdkit bwt aku,,?? ga bsangelupain dy,, ;((((

  14. Cimut says:

    Aku pacaran dgn dia sekitar 1 tahun lebih, namun setelah berpisah aku merasa menyesal karena dulu berpikir sperti anak-anak, bertindak mengutamakan emosi, dan kini setelah 7 tahun lebih aku belum bisa melupakan dia, bayangannya sering hadir di dalam hidupku, dalam mimpiku, bahkan aku sering memohon kepada Tuhan agar membantu ku melenyapkan bayangannya dari dalam hidupku, namun hingga saat ini aku belum bisa melupakannya, entah sampai kapan bayangannya hadir dalam hidupku, ku mohon kepada-Mu Tuhan, wujudkan pintaku agar tidak ada lagi bayangannya hadir dalam hidupku, cukup kan lah sakit yang aku alami ini.

  15. i-rose says:

    Makasih gan tips nya…moga ane bisa lupain si dia yang uda ngehianatin ane…

  16. korban penghianatan says:

    aq sdh menjalin hub slama 4 tahun sgalanya tlah q lalui suka dan duka.awal y hub kt memang tdk direstui kelg q.aq bersikers dgn harapan setiap orng pasti ingin mempunyai perubahan yg lbh baik.slalu q doakan agar kekasih q dlm bimbingan q dpt lbh baik dlm perbuatan dan kata.tp slama ini aq mencintai orng yg salah yg slalu menuruti ego y yg tdk mau berubah .cinta yg q berikan dgn tulus ikhlas dibalas dgn penghianatan.kini dia pergi meninggalkan q tnp penjelasan .aq di campakan ibarat sampah.sedikit pun tiada belas kasihan pada q menghargai q ats pengorbanan yg slama ini q beri kan dgn tulus ikhlas.dia menikah dgn wanita lain dgn jabatan dan materi yg berlimpah.kini q berusaha tegar menghadapi smua ini.doa q padamu ya Alah berikanlah pengganti dia untuk q yg lbh baik yg menerima q apa ada y yg mencintai q dgn tulus iklhas .aq ingin melipakan dia untuk slama y….amin….

  17. vera says:

    @korban pengkhianatan : kisahnya sama kyk aku..udh 4th pcaran tp tiba2 ptus gtu aja tnpa pnjlsan..sakit bgt rsanya, apalagi kmi udh planning merid. tp smua berakhir gtu aja…apalagi aku bru ptus 2mnggu.. rsanya pngen akhiri hdup, pngen amnesia, pngen mati aja. Aku udh cba lupain dg brbagai tips2 tp gagal. aku masih keinget dy smpe detik ini…Apalagi yg hrus aku perbuat???

  18. dasnawati says:

    sulit bgd yah lupa ma mantan tuh, sulit bgd, ampe 2 th ga bisa pacaran ma yang lain gara2 masi sayang sama mantan sendiri, haduhhh, gmna yah

  19. anonym says:

    aku udah berusaha,..
    tapi ak selalu kangen dia,…
    ga ada yg bisa kulakukan selain menangis dalam kamar,…
    hingga akhirnya ak capek,…kelelahan menangis dan akhirnya tertidur,…
    berharap tidak bangun lagi dan tidak mengingatnya,…ehhh pas terbangun ga ada yang berubah,…dan hal itu berulang terus dan terus,…ak gak kuasa,.aku lemah,..kepalaku rasanya sakit banget kl inget dia,…ak ga ngerti menggambarkannya seperti apa,…diluar ak memang terlihat biasa ajah,..tetapi kalo dikamar,..ak bisa menangis

  20. ira harepah says:

    aku minta pendapat, mdh2an aku bs di bantu,,,
    mslah aku sngat berat untuk di hadapi,karna aku begitu bodoh,
    aku mnjalani hubungan dengan pacar aku sudah 5 tahun, slama ini hub km emng sring bertengkar tetapi msh bsa di selesaikan tp skrng krn pertengkaran yg pernh terjd membuat aku terluka dia jg begitu,katanya dia tidak tahan n gk mampu lg jlni hub km, akhirnya dia mutusin aku,dan sekarng dia sudh cwe lg,tp aku tdk ikhlas mnrima kpusan dia krn aku msh syg n cnt sm dia,, aku tdk mau kehilangn dia,,,
    jd ksh lah aku solusi supaya dia balik lg sama aku,,aku tdk tau lg hrs berbuat apa..sungguh sakit yg aku rasakan skrng ini.aku tdk mau khlngn dia.tlng ksh pndpt.

  21. dhika.racharja says:

    si dia bapaknya dukun,,ampe gw susah banget lupain dia,,tapi gw ikhlas di apain juga sama si dia..karna gw punya satu yaitu tuhan,,! pasrah aja deh gw.tuhan tidak tidur..gw yakin tuhan mendengar keluhan gw.

  22. fena says:

    haha…ak sangat setuju, semoga juga dapat bermanfaat untuk melupakan si dia yang sudah menyaakiti q,, hehehehehww…..

  23. someone says:

    aku sebenrenya sayang ma pacarku. tapi sifatnya yg buat aku stresss… pelitnya minta ampun, bukan pelit lagi tapi kikir…. bukanya aku matre, aku pun ga pernah makan duit dia.. setelah tau dia kikir aku juga jd males biarpun dia bilang mau traktir tp aku tolak… karna aku tau dia berat ngasihnya maka aku juga berat nerimanya…

    yah wajar kalo dia miskin.. pacarku milyaran duitnya… sumpah!!!gila kan??
    masak 1 tahun pacaran nonton pun ga pernah, jalan2 ke mall ya cuma liat2 aja.

    masa beli mie ayam gak abis trus minta dibungkus?? buat makan nanti sore katanya…
    masak indomi cuma 1/2 yg 1/2nya lagi buat besok…
    beli nasi goreng masa bawa nasi sama telor ke tukang nasi goreng, cuma numpang masakin doang??

    peergi ke mal bawa nasi sendiri, makan kfc paket hemat. minumnya kurang, masak gw disuruh beli es teh di warung luar mall!! kalo di dalem mahal katanya!!! ampppuuunnn!!!
    catatan aku orangnya gak matre. tp risih gak sih kalo kita yg tiap hari disampingnya ngeliat kelakuan orang kek gitu??

    pake mobil mewah sama tukang bensin diarahin beli pertamax tp gak mau… trus beli premium… beli nya berapa coba tebak???
    10 ribu dulu ya pak…!!! tiap ngisi bensin ngomongnya gitu…

    kalo ke mall parkir tuh ngumpet!!!, gak mau bayar parkir, mending jalan agak jauh atau gak jadi daripada bayar parkir…

    bukan pelit aja, tp tiap hari ngeluh, ngomel,merintah, maksa.
    ga ada baik2nya sama sekali, ga ada nilai tambah sama sekali, dia tiap hari minta tolong inilah itulah… tp gw sama sekali blum pernah ngerasain pertolongan dia,,.. sekalinya gw minta tolongpun gak ditolongin!!!
    gw jg bingung apa ya yg baik dari dia..?? berguna masalah duit engga , ngebantu pikiran engga, tenaga engga , kasih support engga??
    tiap hari buat emosi… harus diapain ya??

    @Someone : Ehm, terus terang, gw ngakak baca tulisan lu tentang sifat dia. Gw minta maaf kalo lu kesinggung, gak bermaksud ngatain/ngetawain sih, tapi gw coba jujur aja ke lu. Denger ya sis, “Gw aja kadang2 suka kekurangan duit, apalagi kalo udah tanggal tua. Tapi alhamdulillah nggak gitu2 amat”.
    So, logikanya, “Kalo dia emang bener2 sayang sama lu, apalagi lu bilang dia orang kaya, dia gak bakalan super kikir kaya’ gitu”. Sekalipun dia coba menerapkan prinsip sederhana, gak bakalan kaya begitu banget sist.
    Kalo gue ada di posisi lu, cuma satu kata yang bakal gw lakuin, PUTUSIN. Lagian alasan itu juga gw ambil dari tulisan lu yang “gw jg bingung apa ya yg baik dari dia..?? berguna masalah duit engga , ngebantu pikiran engga, tenaga engga , kasih support engga?? tiap hari buat emosi…“.
    So, buat apa menjalani sebuah hubungan jika tidak ada rasa nyaman dan tidak bisa saling melengkapi.
    Semoga membantu ya sist :-)

  24. someone says:

    MAKIN AKU TAU… DIA GAK PANTAS BUAT AKU DAN KELUARGAKU DAN ANAK2 KU NANTI…………………..

    DAN….

    SEKARANG AKU PUTUSKAN UNTUK PERGI DENGAN TENANG MENATAP MASA DEPAN………..

  25. pita says:

    melupakannya memang sulit, hanya waktu yang akan menyembuhkannya ..
    dan allah selalu bersama kita .
    :)

  26. hufff says:

    w udh cba sgala cara buat lupain dia tpi smua itu gagal w ttp sayank bgt ma dia nika…

    w berharap suatu saat dia qan kembali qe w
    x:rudik

  27. iEndAHh says:

    sGt sUSah mElupakan maNtan.
    tiDAk segamang ntO.
    aq pOen bru aja putus.
    krn dy dijodohi.
    terasa sulit utk ngelupai nya.
    setiap sudah lUpa sma dy.
    dy muncul di hadapan aq.
    ingin sekali ngelupain nya.

  28. lukman says:

    mang sush bgt ngelupain mantn pda hl ud nyoba bka hti untk yang laen tp hti q g bsa bhng sayang ku mash untk dy..

  29. meyme says:

    aku sudah hampir 2 tahun gak bisa melupakan mantan ku, sumpah rasanya sakit banget sesak setiap aku ingat semua tentang dia..
    sampai kapan kah akan terus begini, semua cara sudah aku coba untuk melupakan dia tapi semua masih sama.
    aku sangat tersiksa.

  30. dewi says:

    g’mNa siCh cra nHa t2k nge-lupa’n dya. smph w daCh skt hti krna dya. tRnyta dya diem2 suka sma shbt w yg s’lma nHe shbt w t2 daCh w anggap sOdra w tpi tRnyta shbt mlah suka uQha sma adin. Smph yHa hti bner2 hncr gra2 shbt dan adin. pdhl w daCh nge-lku’n bRbgai cra t2k nge-lupa’n dya tpi w msh ajh syanx sma dya

  31. queen says:

    awalnya susah banget stelah dicoba perlahan uda mulai melpkan, semua tergantung cara berfikir kita aj, so jangan habiskan waktu hnya untuk meratap, masih banyak diluar sana yang bkal kita temuin yang lebih dari mantan kita..keep smile

  32. alfian says:

    aq 3 th pcrn,n ini dh putus slma 10th,gk bs lupain dia,mgkn hrs da penggantinya biar bs lupain dia x y…?

  33. ganesha says:

    AKU BARU PUTUS MA CWEK KU YANG SANGAT AKU SAYANGI,INGIN BUNUH DIRI LO! TAPI AKU YAKIN ALLAH MERENCANAKAN INI UNTUK HIDUP KU LEBIH BAIK! KLO TEMEN2 ADA YANG JOMBLO NI NUM HP AKU 085762332241 AKU COWOK 21 THUN,KERJHAAN OFFICE BOY,KLO MEMANG TEMEN TEMEN MAU CWOK YANG BAIK AKU LAH ORANG NYA! add fb ku ya ” ghanesha rock ” tu namanya,bagi yang baru putus ayo kita lupakan dia sama sama,aku trima kamu apa adanya,., aku tunggu hp ku berdering dari kamu,salam cowok yang selalu di sakiti,
    ganesha,#

  34. rahma says:

    aku baru aja putus sama pcarQ,,kita udah 2 tahun pcran..aku gak tahan dgn permintaanx yg aneh2,,kadangQ nangis sendiri klo dia udah minta sesuatu yg gak’ boleh ku berikan…aQ sllu bertax,apa dia bener2 sayang sama aQ???jdi slama 2 tahun nie apa yg kita jalani???sandiwara??

  35. Dika says:

    . Gak tau mesti gimana tuk gk bisa nikmatin rasa sakit dari penyesalan ini,, Dia terlalu sempurna buat Gw,, bahkan bisa bikin Gw yang anak HARD CORE nangis ketika sendiri ( kalo di kantor mana berani Gw nangis He..3x )

  36. tata says:

    aq udd pcrn 1 th ma dia…
    tp aq ndak pnh ngrsaen cntaaa,, eee d s’t aq udd mncntai dia,
    dia malh ngglin aq.ufft

  37. duma says:

    akuh baru putus sama pacar aku
    itu dikarenakan udah mersa jenuh dgn hubungan yg monoton
    cape ribut trus :(
    sebenarnya berat banged buat pisah ma dia tapi apa boleh buat kita uda komitmen tuk akhiri hubungan ini.
    disini aku banyak blajar keikhlasan trmasuk merelakan dia brsama dgn org yg lebih dia cintai(sakit banged dlm prsoalan ini)
    apa boleh buat.
    dimana ada pertemuan pasti ada perpisahan

    the Last but not the Least

    -jan kuh-

  38. joe says:

    w bru d tnggl bokin w, w d tnggl krn dy d jodoh’n. Sbnrnya w gk ikhlas, tp W pngn nglupain dy tp knyataannya gk bsa. Smpai2 tiap mlm w gk bsa tdr mikir’n dy.
    Tlng dong gmna cra terbaik wat w..,?.

  39. wahyu says:

    guw pnya tips buat kalian.. kalian itu hanya kaget dng kejadian yg menimpa kalian, dan itu emang hal biasa tp coba deh tiba2 atau disaat kalian punya yg lebih baik(pcr baru) guw jamin lu bakalan lupa. intinya ini hanya masalah waktu..

  40. deden says:

    aku bru ptus sma pcar aq .
    aq ud satu thun lebh ngejalaninnya cma gara2 aku pngen tau temennya dya tega putusin aq . nd secepat it dya ud pnya yg bru lg .
    mksh atas tips di atas . aq berusaha pelan2 untk melupakan dgn adanya niat aq ingin kuliah untk mengejar masa depan .

  41. rosita says:

    aku putus sejak akhir bulan lalu… memang aku sudah dapat gantinya,,, tapiaku masih selalu saja membandingkan antara dia dengan mantanku… aq sebenarnya masih sangat sayang.. tetapi langkahku yang gegabah, membuatku putus ma mantanq itu…sejujurnya aku ingin kembali bersamanya.. tetapi dia sudah membenciku… semoga tips i bisa membantuku q untuk melupakan dia pelan2, walaupun sejujurnya aku sangat mencintainyaaaa….

  42. lia says:

    aku salah teralu curiga, aku salah karna terlalu memaksa..
    tapi aku rasa itu wajar karna dia tak punya banyak waktu lagi untuk ku, aku tak perna terbiasa untuk tidak di pedulikan, aku tak pernah berfikir kalau dia akan meninggalkanku hanya karna sms ku yang menanyakan kepastiannya, apa dia masih yang dulu ?
    secepat itukah rasa sayangnya hilang ?
    aku harus bagaimana ?
    aku tak pernah menduga ini, mungkin sekarang aku sudah berbeda anya karna stu orang yang amat aku cintai tapi sekarang aku tak pernah mengetahuinya..
    aku terlalu takutt untuk bertemu dengannya aku takut sekali…
    entah apa yang aku takutkan aku juga tak bernah mengerti…
    aku menjadi seorang yang lemah sekarang

  43. nina says:

    ya cari lagi. .
    n jng pernah blg tuk melupakan. .
    tapi katakanlah aku memaafkan dia. .
    udah gitu aja. .
    dan jangan lupa tuk cari lagi yang baru. .
    psti da yang lebih baik daripada dia. .
    :)

  44. Avhe says:

    Artikel.nya bagus banget sob ..
    Makasih buat solusinya :)

  45. badgirl says:

    cowok brengsek semuaaa…. ada aja alasannya buat ninggalin. brengsek brengsek brengsek… tau hidup gw ancur gini gra2 kenal makhluk brengsek… mending sendiri selamanya daripada rasain sakit seperti ini …brengsek semuaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaa

  46. dio says:

    buat coment yang 1 pertama aq dlu pernah ngerasain seperti thu 3 thun menjalin hubungan sampek skrang putus 4 thun blom bisa ngelupain thu smw, emang sulit untuk menerima ke adaan thu. tp setelah aq baca tips d atas aq sadar bahwa cinta emang gak harus meliki, kita sayang k pada dya g selalu kita juga harus meliki,berusaha ikhlas dan percaya kpd tuhan akan kasih yg terbaek selama kita selalu dekat kepadanya,

  47. aldijaina says:

    aq blm lamu pts sma pacar saya , saya dan dia uda jalani hub slama 1 thn 6 blm . ttapi dia selingkuhin saya dan lbih mmilih cwo i2 . aduch rasax sakittttttt skali .
    muda2han tips di atas bisa smangatkan aq lagi , dan smoga bisa cpt2 mlupakan dia . krna sda 3 bln lbh saya dan dia pts . ttp saja aq tak bsa untuk mlupakan dia .
    mda2han dngan bca tips diatas sya bisa mlupakan dia .

  48. hairil says:

    saya blum sempat pcran cwk2x udah nlak saya, d blang sya jlek tpi saya sdar itu tdak benar manusya dd dunia ni gak da yg sempurna mlaah sya mohon pd allah supaya d cabut rasa cinta/suka pd lwan jniis saya.. bukan brarti sya homo..

  49. she_ti u says:

    c’aq mah udh merit tp…napa yach inget wae?apa karena dy masi tm?dy jg rmhnya dket.trussss,gmn dong cara ngelupainnya???????????

  50. Tg Ayoe says:

    Hemmm Qmasih belum bsa ngelupain dy,,, terlalu banyak kenangan yg bwt sya jdi gk bsa lupain dy,,,,
    tpi tips ato masukannya bsa sya trima, en sya brusaha mencoba, trimakasih ya,,,

Leave a Reply

Current ye@r *