6
  • Facebook
  • Twitter
  • Delicious
  • LinkedIn
  • StumbleUpon
  • Add to favorites
  • Email
  • RSS

Setiap orang pasti memiliki masalah, dan fenomenanya setiap orang yang sedang memiliki masalah menganggap masalahnya adalah yang paling berat. Tidak sedikit yang putus asa, menyerah, atau bahkan mungkin kehilangan arah. Semua hal tersebut bersifat wajar, karena yang sedang di lewati tak lebih ada ujian untuk naik ke level selanjutnya. Yang terpenting adalah, jangan sampai kondisi down tersebut akan membawamu hanyut kedalam lingkaran permasalahan itu sendiri. Yang justru akhirnya semakin membuat kamu terkurung di dalamnya.

“Saat kehidupan serasa berhenti berputar, jangan biarkan itu terjadi. Tetapi biarkanlah mimpi atau imajinasi terbang kesana kemari mencari sesuatu yang ingin didapatkan. Setiap masalah pasti ada jalan keluarnya, itulah kehidupan. Permasalahan yang muncul akan berbeda-beda, sesuai dengan tingkatannya”.

Kutipan di atas mungkin saya anggap sebagai shock therapy sekaligus dorongan untuk tetap berfikir positif terhadap hal-hal yang terjadi dalam warna warni kehidupan. So, buat kamu yang merasa lagi down, drop, galau, gundah, stress, whatever lah namanya, semoga cara membangkitkan semangat hidup di bawah ini bermanfaat.

Bersyukur

Perbanyak bersyukur sambil melihat orang-orang disekitar yang (mungkin) sebenarnya beban kehidupannya lebih berat daripada kamu. Tidur di emperan beralas kardus, baju compang camping, makan entah apa yang di makan, dan terakhir coba lihat diri kamu sendiri. Ternyata sebenarnya kamu jauh lebih baik daripada mereka. Cobalah bersyukur dengan memandang ke bawah, jangan ke atas. Dengan begitu setidaknya kamu akan merasakan kasih sayang Tuhan yang sangat luar biasa.

Wudhu, sholat, dan memintalah padaNya

Bagi yang muslim, cara di atas dapat benar-benar ampuh untuk merubah hati menjadi sangat damai. Bahkan, terkadang dalam kondisi berserah padaNya secara tidak langsung akan memberikan efek relaks terhadap otak dan kondisi tubuh. Selain itu, percaya atau tidak, terkadang setelah kita beribadah intuisi akan memberikan gambaran tentang ide-ide kecil namun cukup kreatif.

Bayangkan wajah seseorang yang paling kamu sayangi

Bayangkan orang tua, istri, anak, atau siapalah yang paling kamu sayangi, dan rasakan efeknya. Saya yakin setidaknya ketika itu dalam hati kamu akan melantunkan seuntai doa, untuk orang yang kamu sayangi, juga doa untuk diri sendiri. Sangat manusiawi jika kita sebagai manusia ingin memberikan yang terbaik untuk orang-orang yang kita sayang. Dan kalau rasanya belum bisa kamu berikan, dengan mambayangkannya kamu akan termotivasi untuk segera bangun dan melakukan perubahan untuk menjadi lebih baik.

Koreksi dan evaluasi

Pernahkah kamu mendengar istilah hukum karma? Meskipun itu adalah sebuah ungkapan atau istilah kuno, tapi hingga saat ini menurut saya masih bersifat mutlak. Ya, kamu akan memetik buah dari apa yang kamu tanam. Cobalah untuk bercermin dan mengoreksi diri. Apa yang menyebabkan kamu berada dalam kondisi saat ini. Setelah itu lakukan sebuah evaluasi untuk mendapatkan solusinya, dan buanglah jauh-jauh hal negatif yang akan membuat kamu terjatuh kembali ke dalamnya.

Action

Impian tanpa tindakan rasanya sangat mustahil. So, segera bertindak. Berhenti untuk melihat ke belakang dan lakukanlah apa yang bisa dilakukan dengan ikhlas selagi itu positif. Tuhan akan memberikan sesuatu yang tidak pernah kita duga jika diawali dengan sebuah niat baik, apalagi jika itu adalah sebuah usaha untuk merubah nasib hambaNya sendiri.

Share and Enjoy

6 Comments

  1. sip gan artikelnya,,, terima kasih…

  2. saya lebih banyak menggunakan cara bersyukur. karena dengan bersyukur, kita mencukupi diri kita. tidak lebih, tidak juga kurang. tidak gampang ‘panas’ ketika teman kita mempunyai barang baru dan mahal.

  3. Arikel yang sangat bermanfaat, terimah kasih dah sharing =)

    #salam

  4. t3guh says:

    nice!! pasti anda adalah seseorang yang selalu bersemangat!!

  5. Ardan says:

    great motivation…

  6. andi tri says:

    saya sangat termotivasi dengan artikelnya, sipp and pas.
    tank’s.

Leave a Reply