291

Mungkin bagi sebagian orang balikan sama mantan pacar rasanya tidak etis (wajar). Kalau rasanya tidak mampu untuk melupakan si dia karena masih ada feeling yang tersimpan, so nggak ada salahnya balikan lagi sama mantan. Mantan pacar bukan berarti mantan teman, ketika sudah putus, trus putus berhubungan silaturahmi juga. Tapi, setelah melakukan beberapa survey (halah.., kaya’ penelitian aja nih), memang fenomenanya menunjukkan bahwa banyak juga sebagian dari kita yang justru memutuskan hubungan silaturahmi dengan mantan pacar. Alasannya variatif, ada yang karena kesal, kecewa, sakit hati, sengaja ingin melupakan, dan ada juga yang berkomitmen untuk tidak mau bertemu dengannya lagi (berat nih kasusnya.. :-D )

Bagi kamu yang ingin balikan sama mantan pacar tapi masih ragu-ragu (atau bisa jadi karena ‘gengsi’), ya coba tanya lagi sama hati kecil kamu. Karena seperti kata orang-orang, “kata hati kecil adalah jujur dan hal yang sebenarnya diinginkan oleh diri kita sendiri”.

Tanpa panjang lebar, kalau ingin mendapatkan mantan pacar kamu lagi, ada beberapa strategi atau tips mendapatkan mantan pacar versi saya.

> Perbaiki hubungan kamu kembali.

Sesekali, telfon dia, main ke rumahnya, atau ajaklah dia jalan. Dengan hal tersebut, kamu memperbaiki hubungan dengan si dia, kamu bisa beradaptasi kembali untuk menerima keadaan atau kondisi yang sedang kamu jalani sekarang ini. Karena sebelumnya kamu telah putus, maka pada kondisi tersebut akan ada suatu hal seperti ucap kata atau perbuatan yang membekas diantara kamu dan dia. Ini bertujuan untuk memperbaiki hubungan kamu yang mungkin sebelumnya kurang baik, atau istilah orang bilang bilang PDKT.

> Mencari informasi.

Jangan lupa untuk mencari informasi yang berhubungan atau tentang dia, dari teman-temannya, atau bisa juga dari dia langsung. Contohnya seperti “Apakah dia masih marah sama kamu”, “Apakah dia masih mau menganggap kamu sebagai temannya”, atau “Apakah dia sudah punya pacar?”, dsb. Dengan mengumpulkan informasi, maka kamu dapat menjadikan informasi tersebut menjadi pertimbangan buat kamu untuk menentukan langkah selanjutnya.

> Berikan perhatian.

Tunjukkan kalau kamu perhatian sama dia. Tapi, jangan terlalu over/berlebihan. Karena perlu di ingat, bahwa posisi kamu masih dalam status mantan yang mencoba PDKT lagi. Selain itu, kamu bisa bayangkan bagaimana rasanya terlalu diperhatikan? So, berikanlah perhatian dengan sewajarnya sambil mencoba dengan perlahan untuk memasuki kehidupannya (hari-harinya) kembali.

> Buatlah sebuah janji.

Setelah semua hal diatas telah kamu lakukan dan melakukan pertimbangan, cobalah untuk membuat suatu rencana untuk mengetahui jawaban yang ada di hati kamu dengan mengajaknya ketemuan ke tempat yang menurut kamu menarik. Bagaimanapun dan apapun itu, jadikanlah event itu sebagai event yang istimewa bagi kamu. Karena dengan bersikap seperti itu si dia bisa menilai maksud dan keseriusan kamu ketika itu.

> Cari detik-detik yang tepat.

Ketika kamu sedang berdua dengannya, cari kondisi yang tepat agar kamu bisa menyatakan perasaan kamu. Dalam hal ini kamu sendiri yang bisa melihat kondisi yang tepat waktu itu. Ketika kamu mencapatkan detik-detik yang tepat, Shoot him..!! Nyatakanlah isi hati kamu, dan buktikan keseriusan bahwa kamu memang benar-benar masih mencintainya.

Cuma itu tips mendapatkan pacar versi saya. Intinya, kalau ingin balikan sama mantan, jangan lupa untuk menunjukkan kalau kamu ingin serius dan mencoba menjalin semuanya untuk lebih baik dari sebelumnya.. ;-)

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Delicious
  • LinkedIn
  • StumbleUpon
  • Add to favorites
  • Email
  • RSS

291 Comments

  1. andy says:

    @Mayla : Untuk menerima keadaan yang kita nggak suka memang cukup sulit, apalagi u masih ada feeling sama dia. Tapi kalau cewek yang ditaksir sama mantan u adalah sahabat u, dia pasti gak akan mau jadian sama mantan u. So, kalau kamu udah pernah coba lupain dia tapi nggak bisa, mmm.. saran aku apa ya.. Mungkin kamu harus terus mencobanya, tapi.. bener2 dengan komitmen dunk ;-)

  2. beby says:

    mas aku baru di putus cowoku karna salah paham tapi dia sama sekali gak mau denger penjelasanku aku pengen banget balikan ma dia

  3. lyna says:

    mas q baru ja putus ma cwokku padahal q masih sayang bagt ma dy. alsan dy mutusin q karna dy bilang ga bisa nglupain mantan pacarnya yg akhir2 ne hubungin dy via call kalu sampe saat ne dy masih jomblo n masih nunggu mantan pacarq krn ketika putus cewek tuh punya komitmen untuk tidak pacaran kecuali menunggu cinta dari mantanq.mantanq bilang kalo mantan pacarnya itu adlah cinta pertamanya. wah hancur bgt hatiku saat itu krn dy lebih memilih mantannya dari pada aq,malahan sekarang dy minta aq untuk jadi adeknya. gak mudah bagiq tuk bisa nrima semua kenyataan nic. padahal dulu waktu PDKT q bela2in mutusin pacarq yg kerja di luar kota hnya karena dy.apa ni yang dinamakan karma????? bantu aku

  4. OpuL BoNe says:

    TeMeN2 bAnTuaNnYa DoNk
    GMN cara ngeluluhin tipe mantan munafik?
    jawabanya secepatx ywach

  5. mel says:

    Mas,q mau ikut nmbrung ah..q ma mntan cowo q uda 6thn jln tp kt pts smbung trs,uda mpir 3bln q pts n ngrasa gkan pna bs blik lg.qt pts gr2 q srg mrh2,ga sbran n kdg suka smau q sndr.tmn2nya bnyk yg ga sk sm q.q trlalu posesif,curigaan gt tiap x dia pg sm tmn2nya,krn q liat tmn2nya itu bw pngaruh bruk.blm smpe smngu pts,mntanku uda pny cw baru lg.tu cw tmnnya dr kcl n ortunya sm2 uda slg knl drdl.
    Cw brunya srg neror q,mlh pna q dsngka neror tu cw lwt fb.crtnya ni ada org ga jls sp msg tu cw d fb,jlk2in n hina dia gt.smua tmn2 mntanku include mntanku nuduh klo tu org q,pdhal q gtau menau.
    Swktu msh jdian,kt srg rbt cm gr2 tmn2nya,mntanku blg ak ga ks dia bbs.aq tu orgnya emosian jd gmpng buat ngmng pts,tp mntannku ga pna mau n akhrnya kt pst slalu blk lg.kbnykan tiap pts ak slalu ngancem2 gt,krn sbnrnya aq tu cm ksel aja sm skp n tngkah laku dia,dia jg srg tebar pesona n ganjen gt k tmn2 cwnya.
    Sjk pts,aq uda ga pna kntek dia lg,aq gamau ngrusak hub bru dia.tp jjur aq msh pgn blik sm dia lg,mgkn ga mas?
    Ortuku si sjk awal ga gt suka sm mntannku ini,tp aq kgn dia krn mpir tiap sbtu n mgu kt pst kuar,tiap hari sms n tlponan,pas pts aq ngrasa keilangan dia bgt.
    Tp aq pna dgr dr tmnnya klo mntannku tu uda ilfil sm aq gr2 smua skp aq itu,n kl pts sm cw brunya jg gkan pna mnta blik lg sm aq..
    Pna wkt tu aq sms dia,dbls sih sm dia tp dia jg pamerin sms aq itu k tmn2nya,dsangka aq ngemis2 mau blik lg sm dia.
    Aq msh pgn blik sm dia,tp aq ga mgk kntek dia dluan.gmn cara buat dia mau blik lg sm aq,tnpa aq mst ngemis2?
    Aq tkt bgt ditolak n dprmaluin lg,apalg dia uda pny cw baru yg emank satu geng jg sm tmn2 yg biasa dia maen.
    Tolongin aq dnk mas,gmn caranya?aq mst gmn?bls aja k email aq ya,mkasih n maap klo kpnjangan..
    Oya aq lupa blg gr2 tu org aneh msg lwt fb skrg smua org plus mntanku itu mgk uda tmbh mls n bnci sm aku..

  6. andy says:

    @Mel: Gimana ya, cukup pelik juga masalahnya nih. Coz menurut saya mantan u tuh angkuh & emang udah bener2 ill feel sama u. So, mungkin sebenarnya kamu sendiri juga udah tau apa yang sebenarnya harus kamu lakukan. Seperti yang sudah kita bahas di atas, “Yang penting harus berani & berkomitmen”. Atau mungkin temen2 ada yang mau nambahin..??
    Semoga membantu :-)

  7. mel says:

    Tenkiu yah mas atas sarannya..trs aq mau nmbahin lg nih,slma kt jdian mank srg bgt pts smbung n tiap x aq mnta pts dia jg ga prnah mau,makanya at end kt pst balikan lg..
    Bhkan shari sblm pts pun dia msh blg gamau pts,trs aq dgr dr tmn2nya dia lg dketin nih cw yg jd cw dia skrg.
    Kira2 mgk ga aq bs blik lg sm dy?tp aq ga mgk buat kontek dy lg tkt disebar2 lg n dy jd tmbah bangga lg.
    Aq bngung jln trbae mst gmn tp aq pgn dia bs blik lg sm aq.6thn kt jln scepat itu ya dy ilfil?jd slma itu dy cm mksain hub kt yg blg syg n gakan pna mau pts?
    Help me pls,tmn2 yg laen mhon sarannya jg ya makasih bnyak

  8. raniie says:

    slama ini aku udah nykitin prasaan aku !
    aku tuh synk bnget m diya . .tp slama ini diya udah nykitin aku . . !
    gmn cra.y ya spya aku blikan lg m diya !
    sbnar.y aku m diya sma” kras kepala . .
    slama ini tmn” aku gk stuju m hbungan aku m diya . .tp gmn prasa.n gg bisa d tolak !hiks .hiks :love: :broken:
    ksih aku tips supaya blikan lg m diya !y y y

  9. raniie says:

    sbnar.y tuh aku ptus m diya gra” ada cwe matre. . :bengep:
    diya mnta trus anter jmput . .gmn aku gg cmburu .slama aku pcran uga aku gg prnah d anter jmput to mnfaatin diya . .dan dri itu aku m diya ptus !
    n skrng cwe matre itu pcran m mntan pcr aku ? :angry:
    bnci bnget . .tp aku synk bnget m diya ! hari” trindah ku jdi hilng gra” cwe mtre !

    AKU BENCI CWE MATRE
    ksih tw aku tops bwt blikan lg m diya ! y y y :pray:

  10. Elin says:

    heemmm..gw juga ikut sharing dunk?2 bulan lalu gw mutusin dy, tapi kurang dari 24 jam gw minta balikan lagi tapi dy ga mau..,heemm alasannya dy janji ma diri sendiri sejak gw mutusin dy.dy ga mau jadian lagi,kecuali dy dah yakin ma seseorang kalo aku ato siapa lah “adalah jodoh dy”.
    sekarang udah dua bulan qt tetep jalan bareng..mungkin bedanya status kita aja (katanya dy tetep sayang)….rasa gw tetep n malah lebih dari kemarin2…
    gw pengen nguji kebenaran dy bener2 masih sayang gw or cuma kasihan gw..,
    bukannya gw ga percaya dia, tapi gw pengen yakinin aja kalo selama ini emang beber adanya.. :shy:
    ga selamanya jg gw bisa kaya gini, :grin:
    yang penting dy jagan ngecewain gw lagi..gila..baru kali ini pnya pacar n jatuh cintrong…huufffhhh..rasanya mantap yeee..

  11. tami says:

    gw mau cerita… gw pernah sms mantan gw hanya sekedar menyapa bilang”hei” lalu dia membalas smsku dgn mengatakan hei jg monyet” duh kasar banget… padahal gw ingin menyapa dia aja… sekalian memperbaiki hubungan komunikasi….tau2nya balasan nya kasar banget…. :pray: :pray: ~x(

  12. andy says:

    @Tami : Hah :doh: Kok bisa gitu ya?!? Mungkin dia udah benci bgt sama u kali. Masa mau tanya kabar aja jawabnya kaya’ gitu :angry:

  13. iE_mAe says:

    …………..
    .thank’s yea atas tips na……..
    .moga aug bisa balik dngn mantan aug dgn memakai tips lo….

  14. iE_mAe says:

    ……..
    .Wat REzZa I LUpP U………..
    .AuG CYANK BGT ma LoOo….. : :love:

  15. dicka says:

    tolongin donk ak msh syg bgt ma mantan ak tapi dy over cuek ke ak.gmn ce carany dapetin perhatian dari dy lgi??????????????ples bantuin donk gw strezzzzzzzz……… berat neh,,,,,,,,,,,,, :silent: :cry:

  16. stacy says:

    thx 4 the tips.
    gw jg br putus 4 hr lalu, pacaran emang baru 3 bln tp qw syg bgt ma dy,dy jg, malah qta dah berencana merid. qta beda agama,gw dah mau ikt agamanya meski mama ga stuju n minta qta agama sendiri2.dy tetep pengen biar dlm RT cm ada 1 keyakinan.awalnya aku takut melawan mama,tp dy akhirnya mutusin gw krn takut suatu saat nanti aku balik keyakinanku lg krn pengaruh mama. pdhl gw dah yakin bgt ma dia bahkan gw bertekad utk tetap nikah ma dy meski tanpa restu mama. pls tlgin dong mas andy gmn caranya biar bs balikan lg ma dy, gw sayaaang bgt ma dy. ada sih cowok lain yg seiman yg udah nunggu gw 3 th lbh tp gw tetep ga ada feel ma dy. pls tell me wat 2 do…skrg dy dah ga mau bls sms,tp msh mau angkat tlp gw meski nomornya yg lain yg dulu khusus utk gw udah ngga aktif..help me pls

  17. wol-wol says:

    ai,,,

    aku sich pengen balikan ma mantan. cz kt msh sama2 msh match gt. but, krn pekerjaan and jarak kt blm bsa ky’ dulu lg….. :smile:

  18. ardi says:

    ka” q bth saran bgt nich……q udh pts ma pcr 1bln lbih, n yg bkin q tmbh sdih dy dpt pengganti q krang dr 2hr……..tp saat q tnx dy mch cynk gk ma q?dy jwbx mch tp gk sebesar dlu…. q pngen bgt jd pcr dy lg……krn q cynk+cinta bgttttttttttt ma dy…….q udh brusha bwt lpain dy,tp ampek ckrng gk bs………………………rncana q cih nggu dy ampek pts ma pcrx……q bingung bgt nich

    @Ardi : Kalo menurut u dia emang masih sayang & mau balikan lagi sama u, kenapa gak di coba balikan lagi aja sama dia. Siapa tau aja seiring perubahan sikap kamu yang (mungkin) gak dia sukai nggak kamu ulang, dia bisa menyayangi kamu seperti dulu, bahkan lebih.
    Semoga membantu :-)

  19. ardi says:

    tp yg bikin q sedih,dy udh syang+cinta org lain….ckrng aja dy q mz gk di bales2 :broken:

  20. Mie says:

    ichh f9uzz jg th tp gmn low mntan qta dh pnya cwe lagi gug mungkin donx ngjak balikan lgi………………

  21. Budi says:

    Gmn c cara nya agr c doi dpt membuka hati nya kembali buat gw?
    Coal nya gw ud berkali-kali ajk doi ketmuan sama gw,tp doi ttp aja tolak gw

  22. Mie m0ett says:

    Duh qW jg Pngan b9t balikan m mantan qW tp Qw 9 bs,y9 1 dy dh pnya cwe tp qW sring bgt kok curhat.Kmrn j9 dy blang lg ad PROBLEM m cwe’y.Hati qW dkit sneng Cma qW g bs don9 bhgia d atz pndrtaan dy.tp iy jg BIAR WAKTU Y9 MNJWB SMW NI N CNTA TU G HRZ MMILIKI…THANK Y,,,

  23. desi maria suryani says:

    dear…

    aku punya mantan cwok nih…
    aku tuch sayang bgd ama dia…
    aku pengen banged balikan ama dia..
    aku putus cuma masalah sepele doang…
    dia yang minta putus…
    tapi aku ama dia masih ada rasa sayang gitu…
    kemaren2 aku ama dia udah mau arah baikan gitu.tapi tiba2 aku kmaren berantem gitu gara2 masalah sepele juga…
    tapi aku uda minta maaf ama dia…
    dia egois banged..
    aku pengen deh coba nyapa dan aku mau ngobrol ama dia..
    tapi kan dia yang salah..
    aku binggung dech jadinya..
    please….

  24. itha says:

    aku mau curhat nh.
    aku punya mantan, kita pcaran udah lama bgd. tp skrg dia udah pnya pcar lagi hampir 2 taun kita pcaran aku udah nyaman dgn kluarganya dan diapun sbaliknya. tdnya wlwpun kita uda pts, aku ga maw amp tali silaturahmi pts. dia jg sesekali ska tlpon aku dan kita maw ngerencanain maen brg. jujur ya, wlwpun kita uda pts, tp aku ngerasa msh dkt ama dia krna mungkin dulu selalu brg2 trus. di artikel ini kn td dijelasain, wlau pts tp slaturahmi ga blh ptus. gmna cranya spaya slaturamni aku ama dia ga pts ? msalahnya pcar dia skrg kalo aku ngontek mantan aku nganggepnya aku mau ngerusak hub mreka, pdahal mantan akunya yg slalu ngontek aku dluan. lgian aku ga maw di anggep perusak.

    @ Itha : Susah juga sih kalo kondisinya begini. Karena wajar kalau pacar mantan kamu beranggapan seperti itu, karena (mungkin) dia takut terjadi hal2 yang tidak diinginkannya. Coba deh kamu sedikit ber-empati, kalau kamu berada di posisi dia, gimana perasaan kamu? Tapi kalau kamu pribadi merasa biasa aja, ya menurut saya kalo gitu sih frekuensi kontak-nya aja yang dikurangi. Pada intinya, semua itu mungkin untuk sama2 menjaga hubungan yang ada dihadapan saat ini.
    Semoga membantu :-)

  25. itha says:

    mkasih sarannya. aku mau minta saran lagi. msh tentang mantan pacar aku. kmarin2 dia ngungkapin isi hatinya ke aku. intinya dia pengen balik lagi sama aku. tp dia skrg msh ama cwenya. dia blg cwe yg skarang cma pelampiasan. dan yg bkin aku bingung, cwe dia blg ke aku lwt sms intinya dia kya yg nyuruh aku buat balikan lagi. tp aku bingung ! aku tkut apa yg mantan aku omongin itu bohong. soalnya aku udah sakit hati bgt ama dia. tp jujur aku jg msh sayang ama dia. dan msalahnya kalo kita balikan skrg pasti teman2, keluarga ga setuju msalahnya mereka tau kalo kita pts ga baik2. dan skrg aku gi dkt ama cowo tp jujur aku msh ada feel ama mantan aku. dan yg bkin aku binging jg gmn ntr prasaan cwo yg gi dkt ama aku kalo aku balikan lg ama mantan aku ? ksh saran dong hrus gmn bingung ?

  26. momo says:

    waduh mlh d :bengep: ….
    gawat..

  27. al geezha says:

    dear andy,,
    aku mo curhat jg nich..
    aku ma mantan sekarang dah sama2 pny pacar jarak jau !!
    aku sama mantan si masih deket. tapi deketnya klo lg ngumpul bareng temen aj itu juga jarang ngobrol b2. tapi kalo dah berduaan sikap mantan aku tuch beda banged!! kaya orang pacaran aj!! kami sama2 udah tau kalo masing2 dah ada yang punya. aku juga gx tau pasti dia masih nyimpen feel k aku ato gx!!
    masalahnya, kami gx pernah ketemuan diluar ngumpul bareng temen, gx pernah smsan!! habisnya mantan aku t orangnya cuex!! jadi kadang keki ndri klo smsku g di bales..
    aku rasa dia tau kalo aku msih sk ma dia..
    aku ragu, takut untuk ngajak dia balikan!!
    resikonya gede’ untuk aku, coz dia juga temen aku !!
    tapi aku syg dia, !!
    sikapnya yang diam membuat aku ragu, takut !!
    tolong y andy saran2nya sangat aku tunggu !! pliiiiiiiz…..

    @ Geezha : Cobalah untuk terbuka. Masih suka/nggak suka, itu tergantung kamu sendiri. Tapi ya untuk menepis keraguan serta kejelasan dari semuanya itu, akan lebih baik jika kamu bicarakan dari hati ke hati langsung sama dia. Tapi, yang terpenting (kalo menurut aku), kamu juga harus bisa menentukan pilihan dari satu diantara dua (Jika emang mantan kamu sebenarnya masih suka & ngajak balikan) itu.
    Semoga membantu :-)

  28. inv says:

    gw uda pacaran 5 bulan ma mantan gw. 3 bulan baik2 aja.
    2 bulan kemudian tiba2 dia jaga jarak.
    dan selama 2 bulan kita gada ketemu, karena kesibukan dll.
    akhirnya setelah 2 bulanan lebih kita ketemu.

    trus tiba2 dia minta kita temenan aja.
    alesannya hub kami selama ini hambar.
    taht’s it!
    gw saat itu ngeiyain.
    gatau kenapa.

    malemnya abis ketemu,
    dia sms,
    bilang kalo agak terguncang dgn kado yg aku kasih waktu ketemu
    trus katanya mo cari waktu buat ketemu
    dan gw juga cukup tergoncang stlah baca sms dia.

    tapi, sampe setelah 3 hari setelah kita putus mpe sekarang,
    kita lost contact.
    aku mau nghubngn dia gengsi juga.

    padahal aku pengen blg kalo aku syang banget dan gamau kehilangan dia.

    aku mo ngajak dia ketemuan duluan
    tapi, apa aku harus nunggu dia yang ngajak duluan yah
    kan waktu itu dia pernah blg mau nyari waktu buat ketemu
    walo kayanya dia uda lupa..

    yang peasti aku pengen balikan..
    karena aku sayang banget ma dia..
    tolongin duunk gmana..
    aku nyesel karena ga memperjuangin hub kami.

  29. Alvi says:

    Dear Andy ..
    Gini aq mau curhat juga nich .. !!
    Aq udah pacaran sama dia hampir 6 tahun. Dan beberapa minggu yang lalu tiba” hubungan kami putus. Yang mutusi aq adalah diany. Sebenarny ni semua salah’q juga karena membuat dia kecewa dan membuat putus hubungan am aq. Tapi, jujur sampai saat ni aq masih sayang banget am dia, karena aq udah ngeanggap dia menjadi bagian yang penting dalam hidup’q.

    Sekarang dia ge dekat am seorang cowok yang baru aj dia kenal & dari informasi aq dapat katany dia senang dengan tu cowok. Sampai saat ni aq juga masih berusaha untuk menjalin komunikasi am dia agar dapat balikan lagi seperti dulu tapi, selama aq ngehubungi beberapa hari ni diany agak cuek dengan aq bahkan bisa dibilang dia udah ngak memperdulikan aq lagi.

    Mohon bantuanny yach friend’s .. !!
    Dan makasih banyak yach udah mau nerima curhatan aq .. !!
    Do’akan ya friend’s semoga aq dapat balikan lagi am dia .. !!

  30. novi says:

    gwe pnx mntn tp gwe synk bngt ma dia tp dia klo ku zmz dia ngga prnh blz tp klo ku tlpn sllu di angkt tu yg buat ku bngung ku ngerasa dia msh synk ma ku tp kdng dia mrh2 kdng baek ku cba mncng tuk mnta criin pcr ma dia tp kta dia ngga ada gimna dong blz ;-)

  31. rava says:

    aduhh gimanna allo pengenn balikan ma mantandd tpiie diyya kyakk udda bennci beuddt m akk . . . :broken:

  32. noya says:

    waduhh napa eaa kq sulitt beuddt balikandd .. . sedanggkan diyya udda punyaa eankk laendd laggi . . . .
    .

    .
    gimanna nuii carranya suppaya akk bissa kemballi ????
    rassanya tiapp ktemmu diyya dag . .dig dug . . .
    tappi diyya kq ceppet beuddt lupaiind akk . . . . . .
    kasihh tauu caranya buatt balikk dunkzz ?!!!!!! :sad:

  33. norma says:

    aku mau curhat nih………..???????dulu q punya pcr q pcran ma dia dah 2 tahun tpi sekarang dah putus,q pengen banget balik lagi ma dia,tpi sekarang dia dah punya pcr……..padahal q masih sayaaaaaaaaaaaaaaag banget ma dia

  34. satria says:

    boleh curhat g………….????? dulu q pernah pacaran waktu itu q ketemu dia di tempat kursus, q minta nonya dia dia nelfon q dia bilang mau putus

    gimana caranya balikan lagi sama dia :broken: :broken: :broken: :cry: :cry: :cry: :cry:

  35. anna says:

    cUrhat niE…aQ pnY mntan pCr..dLunya paz jdian m aq dy bru aj ptus m mntanya…gra2 smGgu aQ tGglain dY krn wktu thu k bndG..sKp dy bRbh…en bru kmren nie dy mTusin aQ…dy blng dy msi syg m mntanya…en aQ bru dpt kbr dy ud jdian ge m mntany thu… pDhl aQ msi syg m dY..mnrut kmu aQ pny ksmptan Gk bWt blikan ge mDy?????? tW mgKin aD gk peLuang Aq tuK msUk k khdpanya???? tLooong jWb yaaaaa………..

  36. gadis says:

    Ide tuch baik tapi…jangan lupa dengan Do’anya juga kawan..semua itu kan wajib dilakukan.. :pray:

  37. gadis says:

    Aku cekarang juga pernah kok ngalami itu malah aku hampir nikah..gara2 ada pihak ke3..berantakan..tapi dengan hati kecil yang tulus akan membimbing kita dan Do’a pasti semuanya akan kembali semua pada kita…Jadi Semangat…semangat…

  38. damay imoet says:

    tapi apa mungkin dya balikan lagi ma kita ?
    susah banget untuk dihubungin soal nya dya udah punya pacar … :cry:

  39. Nabila says:

    hmmb,okeoke :smile: TAPI KLO CWEK YG MINTA BLIKAN AMA COWOK trus kya tips d atas ngajak jlan atau gmna apa ga malu tu sist?hmmbb :think: ?

  40. octa says:

    andy,gw mau curhat nih..gw baru aja putus ma cw gw..gara2 dia punya target 6 bulan pengen di ketemuin ortu gw, tapi ortu gw tuh punya pendirian yg kolot,yaitu masih belum siap ketemu pacar gw..padahal gw sayangggg bgt ma mantan gw,dan berharap bisa balikan lagi ma dia…begitupun dgn dia…asal,gw bisa ngenalin ortu gw ke dia…
    ada gk usul, gimana cara nya ngebujuk ortu gw yg kolot ini?bokap gw tegas,keras kepala,gk mau di atur,kuno…nyokap,non sense,gk gaul,kuno,suka ngambil clue sndiri gk jelas…kadang gw gw bingung gimana cara bikin mereka terbuka pikiran nya??help me please…

    @Octa : Gw ngerti gimana keadaan lo, coz bokap gw jg gitu :grin: , tapi kalo cara gw sih dulu kalo ngenalin pacar ke bokap ya to the point aja. Kalo lo emang ngerasa sayang bgt sama mantan lo itu, mau gak mau lo emang kudu berani mempertemukan bokap & mantan lo. Emang sih mungkin awalnya bokap lo bakalan marah, tapi lo juga jangan takut duluan dunk, lagian kan kalo lo pinter ‘speak-nya’ pasti bokap lo bisa sedikit ngerti. “Dia kan juga pernah muda bos..” :mrgreen:
    Siapa tau aja dengan kedekatan dan keterbukaan itu, bokap lo justru bisa berubah sifatnya. So.., gud luk ya.. ;-)

  41. elsa says:

    kak, gua mw curhat nih.. aqu punya mantan sama satu kuliah,dan sama satu lokal. aq pacaran ma dy udah 1 tahun 1 bulan 16 hari.aqu putus ma dy dah ampir satu tahun ini.ceritanya gini:aq dah 4 X mutusin dia dgn alsan yg sama dan sepele dan dalam kurun waktu yg gk seberapa jauh..tp akhirnya aq balikan lg karena kami sama2 msih syg. dia nangis waktu aq putusin,aq pula nangis ngeliat dia.tp akhir bulan des ni 08 aq mutusin dia lg,tp akhirnya aq juga yg minta balikan lg. sebulan ku jalan ma dia pasca putus.dia minta putus ma aq. dan ini yg terakhir aq putus ma dia.setelah sebulannya aq minta balikan lg ma dia. tp dia gk mw. pernah juga ku ngrim sms ma dy,klu aq mash sayang ma dy,dia blg dia juga msh syg ma aq, tp dia gk bisa lg balikan.hari2 kami di Lokal diam diam gitu seperti gk pernah kenalku,dia gk pernah senyum padaku,apalagi untuk menyapa aq.aq sedih bget.tp aq syg banget ma dia.aq pengen balikan lg ma dia.kasih sarannya dong kak??? gmn caranya bisa mengambil hati dia lg??

  42. elsa says:

    kak mana komen na????? kok gk ada sih??? :hihi: :shh: gmn caranya ngelihat halaman terdahulu..

    @Elsa : Coba kasih dia waktu dulu untuk menenangkan fikirannya, mungkin dengan begitu dia bisa lebih memahami bagaimana perasaan/hubungan sebenarnya antara kamu dan dia. Setelah rasanya kamu cukup memberikan waktu, coba lagi jalin komunikasi sama dia sambil cari tahu apakah dia masih ada feeling ke kamu.
    Semoga membantu ya Sa :-)

  43. sinta says:

    mkch y tips y….N sya mau coba …. ;-)
    mkch buangettt….doa’n y smoga aq bsa dptn hti n kpercayaan dya lg,,,, :shy:

  44. Musuh terbesar’y adalah “gengsi”..

  45. juny says:

    Kak ak pnya mantan,tp ju”r ak dah pnya cwo skarang tp knpa y sulit bgt buat lupain mantan ak ini mskipun ak dah pnya cwo dan dia jg dah pnya cw,dia sih mang slalu bilang klu ga ad cw kyk ak yg bisa trima dia ap adnya,tp yg suka bikin sebel klu dia itu plin plan n ga pnya pndirian,ak dah bilang bklu u mang mau seriuz ma ak,ak mau lpasin cwo ak skrang buat kmu,tp dia mlah jwab ntar aj dueh kita jlanin aj dlu,,,cwo kyk gini susah di tebak,,,klu kta sahabat ak sih mnding lupain aj cz doi ga pnya pndirian :silent: huft jujur bing”ung ak ka..please ksih solusinya y

  46. elsa says:

    waktu apa lg kakk.. ni wdah mau masuk satu taon aq putus ma dia,,.kak ada solusi yg lain lg gk??? agar aq bisa menarik perhatian dia lg dan bisa balikan lg ma dia.. aq sayang bget ma dia.. aq gk bisa nerima kenyataan klu hub aq ma dia udah berakhir.. kak aq mw nanya neh,, menurut tanggpan kkak,dan menurut cerita yg aq sampaikan,, mgkin gk dia masih punya rasa syg ma aq. apakh cwo dlm waktu yg lama bisa memndam perasaan nya..????? mnurut sepengetahuan aq melihat di facebook nya baru2 nih dia mengubah statusnya dari lajang menjadi rumit.. aq gk tau apkh status itu benar ap gk..? gmn cara nya supaya kita taw bahwa org mash punya feeling ma kita../ tanda2 ny..?? aq bingung lihat tanda2 nya,, habis dia hanya diam kalau berselisih jln ma aq, biasa aj tanpa senyum bahkan teguur enggak ada..dan menjadi maslaah nya aq satu lokal ma dia.. klu kyk gini terus dalam LOkal bagaikan penjara buat ku,,,, uuhgft,,, plesase help me,, dgn cara2 yg jitu>> thaxz before kak,,..

  47. wuLAN says:

    BGus,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,
    tPI KlaU Ci dIA CUWek mA Kita,,,,,,,,,,,,,
    gMna cRANXa uNTUk dEKETin dIA..??
    PusING Deh kOE,,,,,,,,,,,,, :cry: :dontsee: :whistling: :waiting: :tired: :silent: :pray: :dontknow:

  48. Indah Sari says:

    Aq juga mw ikut nimbrung nich’gini..udah seminggu aq putus sm cwok’q.Tp smp saat ni aq masih sayang banget ma dia.alasan dia mtutusin aq, karena dia binggung untuk milih antara aq & pacarx yg pertama, krn tdk ingin mmbuat aq sakit.Emank sich..wktu msh pacaran dia udah ada yg punya sblm aq.tapi.. semua itu ada alasanx koq.Dia duain pacarx karena, s’lain pacarx posesif,beda agama juga.bhkan dr pihak k’luarga g’ada yg s’tuju.Tp ketika pacarx yg prtma suruh milih,. dia malah pilih cwek itu.saat itu aq sakiiit banget,… tp aq ikhlas.smp saat ni kami ttp temanan.tp smp saat ini dia msh mmberikan perhatian yg lebih ke-aq.Jadi Gimna?? apa di mash sayang ma aq?? Terkadang hatiku sakit disaat dy mmberikan prhatian yg sama s’waktu msh pcran dulu…’ Makasih..

  49. wika says:

    sedih banget nich aq diputus cuma gara” mo ujian………. padahal aku sayang bannget ma dia………….

  50. Tha says:

    yuuuh dah kulakuin muaa ~x(

Leave a Reply

Current day month ye@r *