119
  • Facebook
  • Twitter
  • Delicious
  • LinkedIn
  • StumbleUpon
  • Add to favorites
  • Email
  • RSS

Kamu pasti nggak suka kan kalau punya teman, atau sahabat yang memiliki sifat yang selalu ingin menang sendiri? Atau istilah sayanya ETT, alias egois tingkat tinggi. Kamu selalu diminta untuk bisa memenuhi keinginannya, sehingga secara perlahan akan timbul sebuah perasaan terintimidasi (halah, bahasanya bener nggak sih?!). Kemudian setelah kamu akan merasakan hal tersebut, akhirnya persahabatan kamu berujung dengan kehancuran. Kenapa? Karena kamu sudah tidak lagi merasa nyaman ketika dekat/bersamanya, sehingga (biasanya) kita akan cenderung menjaga jarak dengannya karena dia selalu ingin menang sendiri.

Tapi sebelumnya perlu disadari juga bahwa setiap orang memiliki sifat egois, saya sendiri pun mengakui bahwa saya adalah orang yang egois. Namun sifat egois itu kadarnya dari masing-masing individu berbeda-beda. Dan kalau sudah kelewatan, itu justru menjadi hal yang tidak diinginkan bagi teman, sahabat, atau siapapun yang menjalin hubungan dengan kita.

Bagi kamu yang punya teman tapi memiliki sifat egois yang menurut kamu sudah tidak wajar lagi, saya yakin jika kamu tidak berjiwa besar dan menerima apa adanya dari sifat egois yang dimilikinya, pasti kamu akan merasa tidak nyaman ketika bersamanya. Atau, bisa jadi kamu langsung menjaga jarak dengannya. Berbeda halnya jika kamu merasa bahwa dia adalah sahabat kamu, pastinya kamu akan berusaha untuk memberikan perubahan kepada teman kamu itu agar bisa mengurangi keegoisannya dan menjadi lebih baik lagi dari sebelumnya. So, kalau kamu memang ingin melakukan hal tersebut, kamu bisa mencoba cara saya tentang bagaimana menghadapi teman yang memiliki sifat egois. So, check this :

Sabar

>> Pastinya disini kamu memang harus lebih sabar menghadapinya. Rasanya saya tidak perlu menjelaskan tentang ini, karena saya yakin kamu bisa membayangkan apa yang akan terjadi jika kamu tidak sabar.

Menjadi cermin baginya

>> Maksudnya disini adalah, kamu berusaha untuk menjadi contoh bagi dirinya. Ketika kamu sering memenuhi permintaannya, sesekali cobalah kamu meminta kepadanya agar dia mau memenuhi permintaan kamu juga. Misalnya, “Andi, sudah dua hari kemarin kan saya selalu jemput kamu. Besok gantian, tolong kamu yang jemput saya ya..”. Intinya dalam permintaan kamu itu memberikan sebuah penegasan bahwa kamu berharap dia harus memenuhi permintaan kamu (gantian, kita yang egois. Hihi..)

Berikan kritik dan saran

>> Seperti orang bijak mengatakan, “Teman sejati adalah seseorang yang tidak selalu sejalan dengan kamu”. Ketika kamu merasa tindakannya adalah salah, maka kamu sebagai sahabat harus segera mengingatkannya. Maka dari itu, ketika kamu mendapatkan waktu yang tepat, berikan dia kritik dan saran bahwa ada sesuatu hal yang tidak kamu sukai dan juga tidak baik untuknya. Memang terkadang hal ini terasa susah, tapi bukankah kamu adalah sahabat sejati baginya? So, katakan walaupun itu pahit!

Berikan skak mat!

>> Kamu pasti tahu Skak mat? Itu adalah istilah yang digunakan dalam permainan catur, ketika menandakan bahwa sang raja sedang berada di ambang kematian. Jadi maksudnya disini adalah, ketika kamu telah berusaha melakukan segala hal untuk merubahnya tapi dia tidak juga berubah, berikan dia skak mat! (ini menurut saya lho..). Misalnya, “Andi, kamu adalah sahabat saya. Jadi tolong dengarkan saran saya! Kalau kamu nggak juga mau mendengarkan, saya bukan lagi sabahat bagimu!”. Memang disini kesannya kita yang terlihat egois, tapi itu bertujuan demi kebaikan dia, dan juga kebaikan kamu. Dengan ucapan seperti itu diharapkan dia dapat mengintrospeksi diri dan mengetahui bahwa selama ini dia telah membuat kamu menjadi korban keegoisannya.

Share and Enjoy

119 Comments

  1. fitri says:

    aku mau cerita, aku punya temen yg sangat sangat egois banget!! aku kenal dia dr kelas 2 sma, mulai deket jg dr kelas 2 sma arna ada suatu project. dulu kita ga pernah berantem, sampe waktu itu pas dia ultah aku kerjain dia. aku umpetin kado yg dr aku, jd kesannya biar ilang gt. kan lg ultah aku pgn liat dia gmn reaksinya. besok2nya dia minta maaf ke aku, tp aku cuekin kan emg lg di kerjain. eh gataunya dia malah balik marah ke aku. alesannya dia capek dibikin nangis mulu, ada sahabatnya yg udh bkn dia nangis. aku heran knp jd aku alasannya? semenjak itu dia jd sering sensian sm aku. pernah kita erantem hebat trs aku blg ke dia “lo tuh egois!” eh bukannya sadar ya dibilang kyk gt dia malah balik marah. yg katanya “yaudah sih, kita kan gabakal ketemu lg, lo gabakal ketemu sm keegoisan gua!!” yaaah aku mah emg slalu sabar buat ngadepin dia. aku mau lupain dia cuma gabisa soalnya aku udh sayang bgt sm temen aku itu. aku rada capek ngadepin dia, tp mau diapain lg kan? dia paling susah bilang maaf ke aku kalo emg salah dia.. hhh aku mesti gmn ya? jujur sih aku gamau keilangan dia sbg temen, tp dianya selalu egois banget. plis bantu aku, aku mulai stress mikirin ini :””””

  2. loly says:

    Menurut saya, saran anda sangat tidak membantu..karena orang yang saya hadapai sangat keras..dan tidak mau dibantah..dia tidak perduli orang punya urusan atau kegiatan lain. Ia selalu mau menang sendiri..apakah saya harus ambil jarak dari dia? karena saya selalu disalahkan, dimarahi, dan dipandang sebelah mata serta selalu direndahkan.padahal saya sudah berusaha sesabar mungkin menghadapi nya.tapi kata hati saya selalu mengaakan untuk menjauhinya..

  3. dinda says:

    dari cara ke-4, memberikan skak mat. dari contoh diatas “Andi, kamu adalah sahabat saya. Jadi tolong dengarkan saran saya! Kalau kamu nggak juga mau mendengarkan, saya bukan lagi sabahat bagimu!”. gimana kalau sahabat saya bilang “silahkan aja, lagian teman bukan hanya kamu, masih banyak teman diluar sana” padahal saya sendiri tidak mau putus persahabatan dg teman saya. trus gimana dong, kan saya yang sakit hati?

    @ Dinda : Kalau dia bilang kaya’ gitu nggak usah lanjutkan mbak, krn justru akan menimbulkan predebatan yang tak kunjung selesai. Terus terang, saya sih nggak pernah mengalami hal kaya’ gitu, jadi saran saya ya kasih dia doa aja deh biar terbuka hatinya bahwa kita sebenarnya sedang berusaha memberikan saran/masukan yg positif buat dia.
    Semoga membantu.

  4. Musyafir says:

    nahh yang susah tuh tmnan orng egois + keras kepala + culas + tukang ngomporin + emosian + sok tau . .
    Klo di bilang “Sampah” ya mungkin masih berharga sampah lah ya, klo plastik botol ya bisa dijual . .

    nah klo menghadapi orng (terlalu sopan) jenis ini, ya hanya sebatas kenal aja ..
    Jaga jarak lebih baik, tapi lebih baik lagi menjauh dan tidak kenal sama sekali . .
    lebih baik memutus silaturahmi drpd ngebatin . .

    hanya opini dari hasil yang sudah saya uji keberhasilannnya :D

  5. nelly says:

    aq punya teman ni orang nya egois sangat” disaat dia ad org lai bersama dia pasti dia jauhin sy tp klw dia butuh sesuatu dia malah berpihak ke aq, aq jg bingung apa si maunya,,klw aq ngerasa aq di permainkan ama dia,aq pengen jahuin dia tp gmn carax spya aq bisa tega juga lakuin hal itu.. Solusinya gimn ya,,,,,,??

  6. indah says:

    mau cerita
    udh satuhan ini aku menghadapi teman yang egois
    cara ngatasin nya gmna ?
    aku cukup mengalah dan alhasil dia malah engga sadar dri

  7. orang egois memang susah, aku juga punya teman yang egois berat, rasanya sakit sekali bila mengingatnya

  8. dwi coklat says:

    saya mempunyai teman sekantor yang saya sangat akui baik,tetapi dibalik kebaikannya tsbt,ada sifat yg paling “tidak” saya sukai selama ini….yaitu “memanfaatkan se2org yg sudah ia beri kebaikan2 tsbt” dari pinjam uang ng’bakal dikembalikan,klo ng ditagih sampe ya AMPUNNNNNN….rata2 persoalan “uang” yg sll terjadi…..bahasa istilahnya mungkin “mbodoki” org……sampe’ sya temannya sendiri ..pernah ia bohongi masalah uang didepan Bos sya….sampe2 saya yg intogerasi sma bos sy….dn sy ju2r klo sy kasih uang segini dn dia segini…dn sya sampe bersumpah-sumpah……dn mulai saat itu …sya jadi super waspada trhadap dia….walaupun kondisi di kantor seperti biasa…..dia betul2 ng’ tau malu….belakangan sy dengar dri bos sy sendiri bahwa dia jg pinjam uang bos sya …tpi sampe skarang uangx ng’ dikembalik jga…..dan dri teman2 lainnya jga bercerita hal2 yg jelek ttg dia…..tpi krna sy sekantor mka sya pun harus super sabar menghadapinya setiap hari….

  9. lia says:

    aku pingin bnget cerita…aku punya temen dia egois bngt aku udah cpek kyak gni emng aq slh apha sm dy,dy 2 gk bs ngrti,n tmenya sndri pdahal aku udah cobk untuk bersabar hadapi skpnya dy yang egois itu tp dia mala mrah-mrah ma aku.aku kan jg punya prasa,n bkn amu aj yang punya n mnta dmngrti.

  10. Orang biasa says:

    Saya berkali2 menghadapi anak pertama yg sgt egois dan saya telah pakai 3 cara diatas jauh sebelum konflik memuncak/bertengkar.Menjadi cermin baginya? {tdk manjur}.Berikan kritik dan saran? {tdk manjur}.Berikan skak mat! {nah ini agak manjur! setelah dia berdusta dihadapan beberapa orang saat kami bertengkar dan saya jadi bulan-bulanan orang lain yg percaya omongannya krn jaim dan halusnya perkataan dia meskipun penuh dusta,saya bilang kalo begitu mulai sekarang…dia agak keok dan membujuk}…tapi kesimpulan saya? percuma,toh besoknya dia akan berbuat serupa,saran saya cuekin aja jauhin malah,masih banyak orang yg lbh baik meskipun org asing.

  11. ciki says:

    aq barusan bner jajak pndapatan dengan tempat 1 kantorku..
    kesel bner,mmg dr pndidikn in class si g seakuran ma dia..
    dia itu orang yang nyebelin bgt,sok pintar..masak tmnku yang lain nnya ke aq,yg sblumNa nnya k si egois ini,aq bnernin apa yg si egois ini slh nerangin,eh…wktu aq mintak pndpt k egois, dy bilang gini “kamu kn pintar aq si bodoh,ngapain nnya ke aq”
    ???????????…beuh ksel bgt dgr kek gitu,pdhl sdh baik2 aq tnya,
    dmn sft egois ni org yaitu,kita cm hrus nnya k dy saja,anggep dy yg pling pinter,pdhl kn g smw bidang yg dia kuasai….

  12. Ditha says:

    teman serbangkuku orangnya egois. Teman satu kelas pada nggak suka sama dia. tapi aku nggak bisa jauhin dia. soalnya dia sebangkuku.dia selalu nyuruh-nyuruh. kalo nggak diturutin pasti marah dan nggak negur. gimana cara membasmi dia?

  13. n3h@ says:

    kegoisan seseorang sulit to merubahnya,,,kadang aku merasa bingung dengan orang yg egois trmasuk pd sahabat ku ini.sll dy yg minta dmengrti, dhargai dan sgla kingnan ny hrus dturuti…pernah aku blikan dy ssuatu, niat hati agar dy senang. tp ternyata dengan tnpa mmpertimbangkn prasan ku blak2n bilang kl dy g suka dg pa yg ku blikan. dan byk lagi kjadian yg mmbuat diri ni trz tidak nyaman dg prsahabtan yg dah trjalin. bagi tman2, hati2 lah mncari teman, krena tu bisa mmpengaruhi hidup kita jg..

  14. yS says:

    boleh izin copas ?? :)) hehehe

  15. oca says:

    izin di COPAS di blog ku ya min :)

  16. MAWANTI says:

    AQ PUNYA TEMEN YANG SUPER GILA,SELALU AJA DIA YANG MENANG SNDIRI AQ SANGAT MEMBENCINYA,SOK CANTIK SOK FAMILIONER PADHL DIRINYA AJ GA TAU DIRI AQ BNCI DIAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAA SELAMANYA,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,

  17. tria says:

    aku punya temenn parah egoisnya sampe keluarganya pun ngatain egois apa lagi aku temennya. sumpah gak tahan bgt punya temen egois.kayanya egoisnya gak bisa dirubah deh. dia gak pernah mau tau ttg apa yg orang lain proteskan ke dia. q sering mengalah dan sll menuruti kemauan dia. tp sekarang justru aku nyesel kenal ma dia. ternyata temen egois banyak merugikan. terutama merugikan perasaan.

  18. natalina says:

    aq punya teman di kantor ni orang nya egois sangat juga ” disaat dia ada org lain bersama dia pasti dia jauhin saya tp klw dia butuh sesuatu untuk bantuin kerja tugas kuliah tugas kantor yang rasanya agak berat, dia malah berpihak ke aku, aku juga bingung apa si maunya,,klw aq ngerasa aq di permainkan ama dia,aq pengen jahuin dia tp gmn carax spya aq bisa tega juga lakuin hal itu.. Solusinya gimn ya,,,,,,??sebulumnya thanks ya……..

  19. Dini.p says:

    aku punya teman ,dy twu org_a egoiiiiiiiiiiiiiiiiiiisss x…
    dy twu mau menag sendiri ,contoh_a ya ,:dia twu mau ngajak aku main2 ke rmh temen yang satu lagi ,terus aku bilang gak bisa karena aku lagi ada kerjaan ,eh malah dy marah2 sama aku N gak bicarain aku…

  20. johnnys says:

    THANKS BUAT TIPSNYA…KERENNN

  21. Iosephine aritonang says:

    Aku mw cerita tentang sahabatku yg kebanyakan aktivitas. Waktu perpisahan kelas 6, aku sama sahabatku itu buat tarian. Padahal dia yg usulin. Dia udah ikut tari Pasambahan, tari chibi, trus tari yg kami buat. Jadi asal mula kejadian ini adalah saat kami pergi ke toko baju untuk beli baju tari nya. Padahal, dia selalu nawar sampai harganya paling murah. Setelah dapat, dia mutusin untuk gk jadi ikutan beli bajunya. Untung bajunya belum di beli. Katanya dia mau pake baju chibinya yg mahal. Padahal semua udh setuju. Akhirnya, karena aku terlalu kesal, aku tinggalin dia di sana. Trus aku pulang. Pas di sekolah, aku gk tw apa yg dia mw lakukan.

  22. im-min yoona says:

    udahlah biarkan dia berkembang,,
    kalian masi mending lah aku -_- sahabat saya direbut T.T
    mana ong.a suka ngoceh ini itu ” … “

  23. siti munajah says:

    aq mau crita aq pnya temen,dia sangat keras kpla bngt pngen menang sendiri aq trasa ga dianggap samasekali,pdhal hdup breng 1 rmah,klau dia salah ga prnah mau disalahn.bisanya nyalahin orng lain,tiap aq liat tngkah lakunya bkin aq menangis sakit.aplg 1rmh br4.aq hrus gmn?mohon sarannya

    @ Siti : Susah memang kalau kondisinya sudah seperti itu. Lama-lama saya yakin kamu bisa stress sendiri karena makan hati. Kalau rasanya dia udah gak mau di bilangin secara baik-baik, solusinya menurut saya kamu harus pindah/menjarak dari dia. Itu masukan aja lho, keputusannya ada di tangan kamu.
    Semoga membantu ya :-)

  24. syahra says:

    sebenarnya…….. bagaimana sih pandangan orang terhadap orang yang egois? trus klu ad orang yg jarang bicara sama temannya….. yg memang sifat orangx begitu (pendiam atau pemalu) yg kadang tdk bicara klu bkn teman temannya duluan yg bicara….. jdx, dia dibilangin egois.
    kan ktx egois itu mementingkn diri sendiri… padahal dia juga memikirkn perasaan org lain sebelum dia bicara atau hal lainnyalah. mohon pendapatnya.

  25. resti says:

    w mau cerita w punya teman w carikan kerjaa dan sekarang dia bekerjja dgn saya serta 1 jabatan, setelah bbrapa bln dia bkrja dia menunjukan sifat asli’y yaitu dgn cara ingin mendepak w dr kerjaan kt pun 1kostn dan dia pun mngusir saya secara halus padahal kostn pertama qw yang nempatin, w buntu banget cara ngadepin tuch orang ada saran gak w mesti gmna ??

    @Resti : Musuh dalam selimut berarti yah. Kalo gw jd lu, cara halus sudah di coba tapi nggak di dengerin, mau nggak mau ya cara kasar. Tp maksudnya bkn secara fisik gitu lho ya. Tapi bicarakan baik2, apa maksud dia kaya gitu. Dengan cara sportif kita bisa menyelesaikannya baik2. Tapi kalau masih nggak mau juga, itu terserah lu. Gunakan feeling lu aja, mau dia yang pindah, atau lu yang nyuruh dia pindah? Tp, kalo gw, mending gw yang pindah. Coz lebih baik gw berkorban, coz dengan begitu semoga suatu saat dia bakalan tau bahwa apa yang dilakukannya itu bukanlah ke orang yang tepat.
    Semoga membantu, keep spirit yah, jangan sampe jadi tertekan ;-)

  26. Mirna99 says:

    aku punya sahabat sebener nya banyak shabat ku tapi yang paling ngeselin yang paling bikin semua orang sakit hati itu DIA ..
    sungguh egois , cari masalah :'(
    setiap ada masalah dia selalu di umbar kan di media sosial ( facebook / twitter ) dan itu terkesan banget menyinggung .. !!! aku tau sifat dia kaya gitu tapi kenapa mesti aku aja yang mengalah .. aku pernah sering curhat sama shabat yang satu lagi dia udh sering biking sakit hati temen ( sahabat ) .. gimana cara menghadapi orang kaya gitu ..?? terlintas pengen putus hubungan ( sahabat ) sama dia karna udh cukup sakit hati , tapi itu gak mungkin :( help me !! #please

    @Mirna99 : Sudah kamu bicarakan baik2 sama dia belum kalau tentang hal2 yang kamu nggak suka dari sikap/cara dia ke kamu? Meskipun itu terkadang rasanya susah untuk dibicarakan, tapi itu menurut saya demi kebaikan kamu & dia juga.
    Dan kalau sudah di bicarakan baik2 tapi belum ada perubahan, saran dari saya (terserah mau ngerjain atau tidak), cobalah untuk sedikit merenggang. Bukan berarti saya memprovokasi kamu untuk nggak temenan sama dia lagi lho ya. Tapi maksud saya, dengan cara tersebut semoga dia bisa mengintrospeksi diri tentang perubahan yang kamu lakukan ke dia.
    Semoga membantu yah Mirna :-)

  27. syla says:

    cara tersebut tidak berhasil saya lakukan karena setiap saya mmberi saran teman saya selalu bilang “inilah saya” sehingga dia mau mendengar kat-kata saya. malah dia bila g usah dekat dengan saya tapi kata-kata itu malah mengkambinghitamkan saya seolah-olah saya yang salah. saya orang yang benci dengan kemarahan sedangkan dia slah sdikt j yang saya buat selalu marah,saya berjuang menjaga persahabatan dengan sabar karna ortu kami da saling kenal. sebenarnya dia butuh saya tapi dia gengsi saya sudah ckup baik dengannya.sakit rasanya hati ini jadi seperti budak…

  28. ludeea says:

    orang egois emang selamanya ngk akn nyadar klo dirinya salah,,,
    nmanya juga egois,,,,
    mana pernah mau ngertiien orang lain,,,,
    dan dengan bangganya dia brkta:COBA DECH,,,KALIAN BAYANGAKAN GMNA KLO NGAK ADA ORANG EGOIS DI DUNIA INI,,,,,PASTI ORANG” SEISI DUNIA PUNYA SIFAT BAIIIIIIKKKK SEMUA,,,,NGAK ADA YANG JAHAT,,KLO GITU CARANYA,,,,MANA BISA INDAH DUNIA INI,,,,???”

  29. Mirna99 says:

    hhuuaaa… thanks you atas solusi nya !!! dan itu benar selama 1 minggu ini jarang ketemu , jarang komunikasi tapi rasa kangen ada sama dia dan sahabat aku yang benci bgt sama dia bilang gini sama aku ” Lo itu jadi anak berperasaan bgt sihh … temen gitu udh dehh gak usah di pikirin dia udh cukup bikin kita jengkel karna sifat nya ”

    tapi aku bela shabat aku yang lagi di jauhin ini ,, udh terlanjurr sayang sebagai shabat :D dan rasa sakit hati itu lama lama mulai runtuhh :)

  30. indra sudarthio says:

    yah sudah sudahlah tak ada waktu,tak ada waktu mikirin kamu, pergi pergi lah jauhi diri ku mendingan cabut ke laut aja loh ! hwahahahaha

  31. didi says:

    gua sekarang lagi ngadepin temen yang egoisnya tingkat langit dan bumi mungkin bisa di bilang tingkat neraka..ngabatin kalo lagi bareng,jangankan gua ortunya ajah pernah di bilangin ” dasar ortu bisanya bikin stres ajha,gak mau bantu anaknya” astagfirulloh…temen gua kena sukma apa yah, padahl kondisinya udah memprihatinkan tapi keukeuh ajha ego nya gak mau ilang,,naudzubilah,,,
    so,,gua skak mati ajha dia, biar dia nyadar kalo dia bukan raja.gua gak bisa di rendahin terus2an kyak gini!gua sekarang bisa puas meluapkan penderitaan gua plong deh hati gua,,buat yang ngerasa silahkan berkomentar dengan kepala dingin piss ah,,

  32. rani says:

    hmz kak aku mau tanya
    di sklh kan aku jrg ngomong
    ngomongnya klo dtanya ja sma org cz mreka skanya ngomongin org ya aku ga mau ikut*an gto
    ya jdinya aku hanya memberikan respon senyum aja
    tpi tanggapan mreka kok mlh memusuhiku dan blg aku itu PA, SOMBONG, SOK, pdahal aku ga pernah ngatain mrka dan aku slalu tersenyum
    gmana cra ngadepinya!

    @Rani : Jangan terlalu di ambil pusing kalau kamu nggak merasa seperti itu. Terkadang banyak orang yang men-judge kita hanya sebatas luarnya saja, mereka belum tahu & mengenal bagaimana kita sebenarnya. Selagi mereka tidak mengganggu, biarkan saja. Anggap angin lalu aja :)

  33. cantik says:

    jadi gini temen selama 2 tahun…. smp dari kelas 1 dan 2, entah kenapa sewaktu kita kelas 3 lalu dia pergi ngejauh dari aku. dulu… aku selalu membantunya, dan aku ngerasa aman bersamanya, tapi semua berubah tanpa aku sadari apa kesalahan aku sendiri… dia beda banget dengan yang dulu. dia janji sama aku tapi dia ingkari. juga ada lagi kalo bukan karna dia duluan gak mungkin aku mau sama dia, eh dia malah jahat dan egois gitu sama saya sekrang

  34. Tia says:

    Jakau aku lebib benci lagi dengan temanku yang egois. Awalnya aku punya temen, dia sahabatku, sudah setahun bersahabat, lalu datang satu orang lagi. Awalnya biasa saja, namun lama-alama keegoisannya mulai muncul. Ia selalu ingin bersama sahabatku, hingga akhirnya aku terus dikucilkan, tapi kalau lagi butuh pasti yang egois ini selalu minta bantuanku, aku ya sabar saja. Tapi kan aku juga punya batas kesabaran, mana setiap hari selalu ngejek, mengucilkan, seakan aku ini rendah dimatanya. Tapi ketika membutuhkan ia membutuhkanku dia akan seperti orang amnesia, pura2 baiklah, ngomongnya lembut lah, udah deh dia itu udah kaya ular aja, Udah sahabatku direbut, teman-teman sekelas direbut, aku jadi sendirian gara-gara si egois datang kekehidupan aku.

  35. Fira says:

    bener banget kak ,,susah banget kalo ngadepin orang yang EGOnya tinggi banget..
    aku punya temen,,dia sebangku sama aku,,dia sering ngambek sm aku kalo aku deket dengan temenku yang laen..sementara aku gak masalah or aku gak ngambek kalo aku sering di kacangin sm dia..
    selain itu dia seenaknya sendiri sama aku..dia selalu sombong dengan kekayaannya tapi giliran di suruh bayar apa?uangnya minta ke aku..
    kalo gak di kasih dia ngambek..
    setiap hari bawaannya sebel mulu gara2 temenku yang satu ini…
    terus aku harus gimana kak??:”(

    @Fira : Bilang aja terus terang kamu nggak suka dengan sikapnya yang kaya gitu, atau bisa juga memberikan dia saran dengan cara sindiran. Kalau dia memang menganggap kamu sebagai best friendnya, dia bakalan mau ngertiin kamu juga kok. Jika masih tidak berhasil, selanjutnya terserah kamu.
    Semoga membantu ya Fira :)

  36. sita says:

    emang bener tapi kalo udah di saranin yang ada dia sakit hati bukannya keadaannya lebih baik malah jadi ancur
    sebenernya, pengen banget ngungkapin soalnya dia juga jadi alay, centil,nd mentingin pacarnya dari pada sahabat
    sumpah deh ngeganjel banget

  37. Faraisa says:

    Sy punya saudara yg egois nya sdh bertahun2x. Sebenarnya, dimulai dari dia yg adu domba. Kt sebenarnya mau mengubah sifatnya, tp cara yg disini sdh sy lakukan semua tp jg nggak bisa diatasi. Gimana ya, cara ngatasin nya? Soalnya, selain dia EGOIS BANGET, dia jg pelit. Suka ngambil barang orang, sebenarnya sdh pake izin, tapi kalo sy nggak izinin, dia maksa dan dia anaknya cengeng. Suka ngelawan orang tua, sampe pernah ortu nya nangis. KALO INGIN SESUATU, HARUS DIPENUHI. kan susah pasti hidup kalo ada orang yg sifatnya begitu. Gimana ya?? Ada yang punya ide, barangkali?? thanks!! (:

  38. lol says:

    aku punya teman . bilang saja namanya J . perempuan . dia sekelas ama aku . pertama x dia baik . lama” dia sring suruh ini itu . xlo gak d laksanain ngambek trus hasut” kawan gua gamau kawan aku dan fitnah” . xlo misalnya gak ad mau apa” gue biasa d tinggal . xlo ada apa” pasti deket ma gue. setelah bbrp insiden dan bbrp bulan. dia mau jauh dan tidak berteman kepadaku karena dia blg banyak membuatnya kesal karena tidak memenuhi keinginannya. aku sedih . hampir setiap kelai aku pasti menangis utknya. kami sekarang tidak lagi berbicara ataupun memandang. tapi dia masih membicarakan ku di belakang dan fitnah aku menyukai / dekat” sama lelaki lain . aku bersabar. ternyata. bukan hanya aku yg di buat begitu . kawan” ku . (hampir smuanya) tidak menyukai dan bising kpd sifatnya. dia mengancam akan melaporkan ke guru atas perlakuan ku . padahal aku tidak ada berbuat apa” . malahan aku d bilang ngancam ke dia . padahal tidak ada. teman sebangku ku bilang aku sudah sangat baik tidak menamparnya. aku hanya diam . dia blg aku cengeng karena sakit hati selama ini dia memfitnah ku . utg saja teman ku tidak percaya dan mendengar apa yg dia katakan . apa yg harus ku lakukan ? selama ini aku sudah menerima dan bersabar akannya. :(

  39. Preman Gondrong says:

    kalau menghadapi orang egois,sikap bikin bete mendingan cari temen yg lain masih banyak temen yg lebih baik care sm kita.
    kalau udh pusing pukul ajah hidungnya sama mata nya biar mampus sekalian emang orang kalau udh di berikan pelajaran ini pasti mikir.
    dengan omongan dan bicara baik-baik susah sih mendingngan pake phisic sekalian untung-untung memberikan warahan supaya gak belagu amat.
    fuck yg egois mampus lo..gw pernah hantam pakai alat sampai di operasi wajah nya baru ngerti tuh orang nangis-nangis anjing

  40. mey says:

    kl gue punya tmn super duper baik awal nya
    tp gk tw knp dr kebaikan dy dy jd so semena” ke gue
    jelas dnk gue gk trima
    nyokap n bokap gue ajjh yg sll ksh kemauan gue gk gtu” banget

    ap mungkin dy minta imbalan?
    dihhhhh amit kl gue
    cz tmn sma yg dr dlu brteman am gue kita gk mandang materi ko
    jd curcol gnie ya gue
    tp sumpah gue hadepin tmn ky gtoe
    rsa nya mw gue bunuh ajjh
    menurut kalian ap yg gue harus lakuin tk nyadarin otak busuk ky tmn gue ni ya………………………!!!!!!!!!!!

  41. gevia says:

    aku punya temen..ih nyebelin sumpah suka tiba tiba pundung k gue..nyuekin gue,ga nanya gue..emang gua salah apa..pas ditanyain knpa,dia tuh byk nuntut ini itu k gue..keinginannya pngen slalu dpenuhi..sumpah lah bete, gue kn orangnnya emang cuek..gue ga bisa jadi orang lain yg so so perhatian..egois juga sih gue..cuma gue udah cape..terulang-ulang terus yang ky gni..gue udh klwat sbar kynya ngadepin dia..gua udh banyak minta maaf..kayanya byk bgt ksalahan gue ke dia..pdhl dpikir2 skrg, ya ga salah2 amat sih gue..dianya aja yg byk nuntut..seumur-umur gue ga prnah punya temen yang pengennya dikasih perhatian mulu..gue udh cape..pengen jauhin dia tapi ga bisa..gue psti jd pihak yang ngalah mulu..karena ga enak lah sekelas tp padiem diem..amit2 lah ga nyaman bgt..gmna ya cara ngadapin yg ky gtu?

  42. Vaddra says:

    aku juga punya temen yang egois banget..dia namanya mas noris..q gak tau,,harus kaya gimana lagi menghadapi keegoisannya..q sebenernya udah capek temenan ma dia..q pernah bilang sama dia..”q gak ada masalah,kalo kita gak berteman..LOE,GUE,END..!!”

  43. anonymous says:

    gimana cara ngatasin temen yang suka fitnah org dan ngomongin org dr belakang. aku juga digituin

  44. jihan aja says:

    cerita ya .jadi di sekolahku ada teman yang sangat manyebalkan jadi dia itu udh punya pacar walaupu udah punya pacar dia itu todak mau ngalah dan kekanak kanakan dia itu ngomongnya lebay cempreng aku selalu bersabar .terus udah gitu dia norak mentang mentang udah pacar namanya anak jaman sekarang kalau ada ulangan blajarnya kurang selalu sms aku selalu perhatian sm dia tapi mungkin di mata dia aku itu sama saja

  45. ayu lestari says:

    hal ini yang sedang gue alami mempunyai temen super duper egois banget , menurutnya dia udah bener banget kali yaaaa? haha engga sadar dia .. dibelakang dia semua tementemen engga pada suka !!
    makanya jangan so’ manis deeh !! udah berulang kali gue bilang jangan egois tapi tetep aja dia begitu berarti dia bukan hanya egois tapi KEPALA BATU/ KERAS KEPALA

  46. shin says:

    aku boleh cerita kan…… aku punya teman dekat tapi dia bukan sahabat, aku selalu nurutin apa yang dia mau.dan aku gag gampang marah meskipun dia suka usil tapi kenapa dia gampang banget marah, dan marahnya itu lama. aku langsung minta maaf kog low sadar udah buat salah sama dia, tapi dia gag mau maafin. aku boring banget low dah gitu. kasih solusi yah……. kamsahamnida,

  47. nessie says:

    aku mau cerita…. aku punya temen. dia itu sukanya selalu wadul ke ayahnya setiap ada masalah sama teman, terus ayahnya langsung lapor kepala sekolah! Akhirnya temen yang kelibat dipanggil ke kantor KP,, kejadiannya gak cuma sekali tapi berkali-kali… temen2ku pada gak suka sama dia… Tapi anehnya dia selalu bersikap baik sama orang lain tapi selalu ngelirik aku… dia suka nyindir aku dan bilang yg jelek2 tentangku sama ayahnya atau orang lain… dia juga egois dan suka agak tinggi omongannya…
    dia yang bikin aku nggak kerasan di pondok dan bikin aku pingin keluar dari pondok!! terus gimana ngehadapin temen macam begini?

  48. rina says:

    aq pnya tman yg egois nya minta ampun,selalu ingin dimengerti tapi ndak pernah ngerti kita.ndak tahu malu orang.jujur baru kali ini aq dapatkan teman yang kayak gini.prtmuan nya wktu q mzuk bangku kuliah. dari bulan 9 ampe bulan 3 selalu sabar. tapi sekarang kesabaran q cukup aq dah ndak tahan lagi, aq hanya manusia biasa yg punya kesabaran terbatas.
    minta solusi e donk?

  49. ratih says:

    Mas saya mau minta sarannya dong. Semenjak saya masuk smk saya selalu ingin pindah saya tidak pernah semangat masuk sekolah sebabnya karena saya punya teman yang selalu menyindir saya di dunia maya tmen saya cemburu sosialnya tinggi sekali mas. Dia sering merasa dirinya yang paling tersakiti yang paling menderita sebenarnya saya juga menderita berteman denganny cuma saya ngga mau nunjukin aja saya ngga ngumbar2 kesakitan saya. Kadang bercandaannya sgt menyakitkan tp saya tahan dan pura2 tersenyum padahal hati saya sakit. Saya kurang apa coba mas setiap dia curhat selalu saya dengarkan tp tidak sebaliknya mas. Saya ingin pindah mas apa itu cara yg paling tepat menurut mas. Tolong jawabannya ya mas terimakasih

  50. nadin says:

    orang yg saya kenal 1 ini adalah ‘gamers’ dulu dia tidak seperti ini , tetapi dia berubah 180 derajat sekarang . dulu masih mending , dia mau memaafkan kesalahan saya , tetapi sekarang rasanya pintu maafnya pun seakan2 tertutup untuk saya . yg padahal dia yg buat saya marah , tetapi pada akhirnya saya juga yg meminta maaf padanya. saya sudah 2 tahun bersabar dengannya , tetapi saya pun ingin mencoba menjadi egois sepertinya , tetapi kenapa saya selalu tidak bia?
    apa semua gamers begitu? dan apakah niat saya untuk menjadi egois seperti dirinya benar?
    tolong berikan saran kak , makasih sebelumnya :)

Leave a Reply

Current ye@r *