1
  • Facebook
  • Twitter
  • Delicious
  • LinkedIn
  • StumbleUpon
  • Add to favorites
  • Email
  • RSS

Tips mudik pakai mobilLebaran adalah hari kemenangan yang paling ditunggu-tunggu, karena bagi anda yang ingin mudik alias pulang kampung, pastinya anda akan memikirkan alternatif transportasi yang akan anda gunakan. Mobil adalah salah satunya. Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan dalam perjalanan mudik anda, berikut saya rangkum tips mudik menggunakan mobil yang aman agar anda aman, nyaman serta terhindar dari hal yang tidak diinginkan :

– Pastikan untuk cek kembali kondisi oli, air radiator, busi, serta aki mesin. Hal ini untuk menjaga performa mobil anda serta menghindari mogok atau over heat dalam perjalanan. Atau jika ingin yang terbaik, service mobil anda untuk mendapatkan dan memastikan kondisi mobil anda prima, juga spooring dan balancing.

– Periksa kembali tekanan ban, dan pastikan bahwa kondisi ban mobil anda masih layak untuk digunakan. Ingat, jangan sepelekan kondisi ban, karena suhu, cuaca, serta medan jalan yang akan anda lewati tidak selalu mulus.

– Periksa kondisi lampu. Termasuk lampu sign dan hazard.

– Jangan lupa membawa ban serep serta tools, seperti dongkarak dan peralatan lainnya untuk berjaga-jaga seandainya ada permasalah pada mobil anda dalam perjalanan.

– Jangan membawa barang dengan bobot yang melebihi daya tampung kendaraan anda.

– Pastikan kondisi driver dalam keadaan fit, dan akan lebih baik jika adan driver serep untuk pengganti ketika rasa lelah atau kantuk menyerang anda. Kalaupun hanya ada satu driver, carilah rest area atau tempat yang rasanya aman untuk beristirahat sejenak seperti minum kopi atau tidur.

– Jangan lupa dan pastikan kembali surat-surat kelengkapan kendaraan anda sudah dibawa.

Itulah tips mudik pakai mobil yang saya rangkum dari berbagai sumber. Kemudian dari tips ini ada satu tambahan lagi, sekaligus juga untuk sekedar mengingatkan dan berbagi pengalaman, “Jika jalan yang akan anda lalui masih terasa asing, lebih baik anda beriringan (konvoi) dengan pengendara lain. Terutama jika sepanjang jalan yang akan anda lalui rute-nya terlihat sepi atau rawan (apalagi kalau malam-malam)”. Karena saya pernah mengalami hal tersebut ketika lebaran beberapa tahun lalu, tapi alhamdulillah akhirnya selamat dari meskipun saya akhirnya harus kebut-kebutan karena dikejar-kejar sama beberapa orang yang ingin berniat jahat.

Sebelum berangkat, jangan lupa “Baca do’a, dan hati-hati..”. Saya doakan perjalanan mudik anda aman, nyaman, dan selamat sampai tujuan. Amin..

Source picture : Detik

Share and Enjoy

1 Comment

  1. rita says:

    Bang andry, sy rencana road trip jkt to smrg utk lebaran kali ini, bsa tlg kasi tau ga kr2 di daerah mana aj yg kr kr bahaya? Soalnya ni prtma kalinya roadtrip
    Thanks before

    @Rita : Waduh, maaf mbak Rita. Kalau daerah sana (pulau Jawa) saya nggak tau dimana titik-titik yang rawannya. Tapi kalau pulau Sumatera saya tau dikit2. Yang penting intinya selalu waspada, hati-hati, dan pastikan kondisi kendaraannya fit ya Mbak.
    Have a nice trip ya Mbak. Salam buat keluarga di kampung halaman :-)

Leave a Reply