1

Mudik menjadi sebuah rutinitas ketika lebaran, mendatangi orang tua atau keluarga, jarak tempuh yang jauh biasanya bukanlah menjadi penghalang untuk tetap mudik. Kalau menggunakan transportasi udara, tentunya jarak bukan menjadi suatu permasalahan yang begitu berarti, tapi bagaimana jika mudik menggunakan transportasi darat seperti mobil atau motor, kemudian selain itu harus menempuh jarak yang cukup melelahkan. Selain faktor kendaraan yang harus prima, kesehatan juga menjadi faktor utama yang menunjang kelancaran perjalanan mudik anda.

Sebagai advice, ada beberapa tips mudik sehat dari praktisi dan konsultan kebugaran. Semoga tips agar tetap bugar dalam perjalanan mudik di bawah ini bermanfaat untuk anda, khususnya bagi anda yang mudik menggunakan kendaraan pribadi dan menempuh jarak yang tempuh yang jauh.

- Timing. Pengguna kendaraan pribadi dengan jarak tempuh jauh, ada baiknya untuk berhenti sejenak setiap beberapa jam. Untuk pemudik yang membawa sepeda motor biasakan berhenti setiap 3 jam, sedangkan untuk mobil setiap 4 jam.

- Masker : Khusus untuk pengendara sepeda motor, harus memiliki proteksi diri supaya tidak terpapar asap knalpot. Kebanyakan, pengguna kendaraan bermotor selama ini kurang memperhatikan hal-hal kecil seperti penggunaan tutup hidung atau masker saat berkendara. Asap knalpot banyak mengandung radikal bebas. Bila perlu, proteksi diri dengan mengonsumsi antioksidan sebelum dan selama perjalanan agar badan tetap sehat. Untuk pencegahan yang paling mudah dan murah dengan minum teh hijau, atau kopi tapi tidak pakai gula. Karena gula itu sendiri akan membuat orang ngantuk, dan gula membuat cepat lemas.

- Cek kesehatan : Berkonsultasi atau cek kesehatan sebelum pergi mudik ada baiknya dilakukan, khususnya bagi mereka yang berisiko. Misalnya, orang dengan riwayat sakit jantung atau diabetes. Sedangkan bagi mereka yang membawa anak, disarankan untuk terlebih dahulu memeriksakan kondisi anak ke dokter anak.

- Bawa bekal  makanan: Pemudik yang membawa serta anak-anak harus memperhatikan kebersihan makanan yang dikonsumsi terutama saat mampir di tempat makan di pinggir-pinggir jalan. Namun masalah yang seringkali terjadi ketika perjalanan mudik pada anak terkait kebersihan makanan adalah munculnya diare. Oleh karena itu, dianjurkan untuk mempersiapkan makanan sendiri dari rumah jika memang memungkinkan.

- Makanan tanpa gula dan gorengan : Asupan makanan yang tepat sangat penting diperhatikan bagi mereka yang akan mudik terutama untuk si pengendara. Makanan atau minuman yang banyak mengandung gula sebaiknya dihindarkan oleh pengemudi karena bisa menimbulkan efek kantuk dan hilang konsentrasi, tak terkecuali gula buatan (sintesis). Untuk beberapa orang, gula sintesis bahkan bisa membuat sakit kepala yang pada akhirnya dapat menganggu Anda saat berkendara.

- Obat-obatan pribadi : Obat-obatan pribadi harus disesuaikan dengan kebutuhan. Khususnya orang dengan alergi, sebaiknya minta obat alergi kepada dokter Anda yang tidak menimbulkan efek ngantuk.

- Penuhi kebutuhan cairan : Penting artinya untuk selalu mencukupi kebutuhan cairan tubuh selama perjalanan mudik untuk mencegah dehidrasi. Anda bisa memenuhi kebutuhan cairan dengan memilih minuman beroksigen atau pun cukup dengan air putih saja.

- Perengangan : Lakukanlah sedikit perengangan jika posisi badan terasa kaku paling tidak 10 menit. Dengan peregangan, sirkulasi darah akan lebih lancar, sehingga darah akan terpompa dan oksigen bisa sampai ke otak.

- Tidur : Jika mata mulai berkedip-kedip jangan sekali-kali memaksakan untuk terus berkendara, khususnya bagi pengemudi. Hati-hati dengan konsep kejar tayang, karena kita tidak pernah tahu bagaimana kondisi jalan dan situasi jalan di depan. Karena orang yang sudah mengantuk, biasanya tingkat kewaspadaannya akan berkurang. Lebih baik menepi, dan tidur sejenak sampai benar-benar rasa kantuk Anda hilang.

Itulah Tips mudik yang dikutip dari Kompas, semoga perjalanan anda aman, nyaman, menyenangkan, dan selamat sampai tujuan. Amin.

Lihat juga : Tips mudik dengan mobil

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Delicious
  • LinkedIn
  • StumbleUpon
  • Add to favorites
  • Email
  • RSS

1 Comment

  1. menarik sekali artikelnya untuk dibaca, terima kasih sudah share ilmu. saya nantikan artikel selanjutnya pastinya yang lebih menarik lagi…

Leave a Reply

Current day month ye@r *