18

Awalnya saya agak kurang mudeng juga dengan yang namanya Nginx. Ketika saya buka Google, ternyata bukan halaman Google yang tampil, justru Welcome to Nginx! Ketika itu saya fikir search engine Google memang lagi maintenance. Ternyata beberapa jam kemudian ketika saya buka lagi, hasilnya masih tetap sama. And finally, si ‘Nginx’ membuat saya penasaran.

Langkah pertama untuk solusinya, setelah saya update anti virus yang saya gunakan, saya segera melakukan scan virus. Selesai, dan restart komputer. Kemudian saya coba lagi buka google, hasilnya masih sama, Welcome to Nginx!

Langkah kedua, saya coba rubah DNS dan menggunakan Open DNS Google. Masih juga sama! Betah banget si Nginx nih, sampai-sampai saya kebingungan untuk menemukan siapa gerangan dirinya.

Langkah ketiga, saya coba clear cookies. Setelah itu saya coba lagi buka google search, masih Nginx juga!

Meskipun Nubitol sayapun belum pesimis, dan mencoba langkah ke empat, yaitu menghapus web browser yang saya gunakan lalu menginstalnya kembali. Hasilnya…., masih juga sama!!

Welcome to NginxGagalnya empat langkah menghadapi Welcome to Nginx di atas membuat rasa waras saya timbul, dan semakin lama semakin Dejavu dengan dirinya. Dengan terpaksa saya gunakan Yahoo Search untuk mencari apa itu Nginx? Dan ternyata sedikit banyaknya asumsi saya tentang Nginx benar. Nginx adalah web server / proxy server dan email proxy (IMAP / POP3) protocol dengan tingkat kunkurensi serta kinerja yang tinggi dengan penggunaan memori yang rendah.

Itulah yang saya temukan tentang Nginx. Kesimpulannya mengapa hal itu bisa terjadi pada komputer saya (khususnya pada halaman google search engine) adalah, ISP (internet provider) yang saya gunakan mengalami kerusakan DNS atau belum update DNS. So, untuk solusinya yang nggak bisa apa-apa selain menunggu ISP / internet provider yang saya gunakan update DNS.

Dengan menggunakan google translete saya coba buka google search, ternyata fine-fine aja. Hingga akhirnya saya yang merasa menjadi Nubitol gara-gara Nginx berubah menjadi Nugatot, alias Newbie Gak Tolol-tolol Amat. Hhmm.., sebuah kepanikan atas ketidak tahuan menjadi rasa penasaran dan menjadi pengetahuan. Thank you Nginx!, karena hari ini sedikit banyaknya aku telah tahu siapa dirimu.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Delicious
  • LinkedIn
  • StumbleUpon
  • Add to favorites
  • Email
  • RSS

18 Comments

  1. usaha sukses says:

    Welcome to nginx.. saya belum pernah dapet pesen kaya gitu mas, thanks udah berbagi pengalamnnya nih..

  2. husain says:

    kadang kadang betein juga tuh,klo dah brkali kali

  3. Exar Avichena says:

    yaaa…baru saja malam tadi saya mengalami hal serupa….sampai panik kirain kena virus varian baru,
    tp anehnya ketika masuk google (melalui mozilla) malah ‘welcome to nginx’ ketika saya coba buka google di internet explorer 64 bit lancar2 saja…

    langsung saja saya clear everything history dan cache si mozilla…
    alhasil kembali normal

    catatan: saya pakai ISP IM2

  4. kowandy says:

    saya juga mengalami hal yg sma..

  5. mogha says:

    saya jg nglami gtu tp stlah clear all history akhrnya kmbali normal

  6. cangkir says:

    heheheheh.,. saya baru saja ngalami, makanya nemuin blog samean sam.,. makasih.
    baca di blog sebelah sama kayak katanya sam mogha.,. clear all history langsung beres

  7. reyhan says:

    gan ane juga ngalamin kaya gitu
    di website facebook
    setelah saya clear cache dan history
    akhirnya saya bisa lagi deh makasih ya gan*maaf kebanyakan ngoceh*

  8. NN says:

    ha.ha. gua juga baru dua hari ini ngalamin kyk gini.

  9. winsyah says:

    Ala mak laptop saya lagi kena nih, saya coba hunting pakai kompi kantor siapa gerangan si nginx, ehh ternyata saya ketemu blog ini. walau belum juga selesai masalah saya, saya coba bersabar mudah2an ada solusi

  10. Whiteevil says:

    Itu mah gampang gan..tinggal di clear aja history nya..udah kelar deh…gak perlu pusing amat…

  11. Katie Aurora Cholmondeley says:

    MAksud’nya clear History itu apa, sih ?

    @ Katie : Maksudnya bersihkan ‘riwayat penelusuran’ yang tersimpan pada web browser yang kamu gunakan. Caranya gampang kok, tinggal cari menu history, trus clear all recent history. Selesai..
    Semoga membantu ya..

  12. ladyschuffy says:

    wakhs, saya prnah nih ngalamin kyk ginian. tp waktu buka google.co.id, bukan google.com, baru bisa dibuka search engineny–

  13. hamcreek says:

    oh iya itu berbahaya gak ya? biasanya kan ada yg menyusup lwt dns,takutnya dibobol lg akun2 yg penting?

  14. suzie says:

    barusan kena akibat buka situs yg berbahaya.
    tapi pake link https semua lancar.

  15. Ardiansyah says:

    Wah info yang sangat bermanfaat,
    barusan saya mau buka situs tabloidpulsa,
    eh nongol si NGINX
    saya pikir apaan ya,
    saya cari2 di google, eh ketemu artikel ini,

    thanks you brother

  16. umar says:

    saya masih ga mudeng….

  17. Ari says:

    setahu saya, pesan Welcome to Nginx itu biasanya muncul saat pertama kali menginstall nginx di server dan belum ada website apapun dipasang di server alias masih kosong. kalau tidak salah beberapa waktu lalu sedang heboh tentang malware dns dimana setiap membuka sebuah website tertentu akan tertuju ke website lain. mungkin saja itu yang terjadi di browsernya, saat buka google lalu otomatis diarahkan ke sebuah server nginx yang masih kosong. akhirnya yang muncul adalah pesan Welcome to Nginx itu. ini cuma sekedar pendapat aku saja ;) Salam Blogger !

Leave a Reply

Current day month ye@r *